Yes, You!, Narasi Kehidupan Asmara Kaum Skinhead dari The GLAD

Usai melepas nomor “Anti Nganggur” dan trek anthem sepakbola “Pesta Pora” di 2021 lalu, unit skinhead gaek asal Yogyakarta, The GLAD, kembali melepas nomor tunggalnya yang terbaru bertajuk “Yes, You!”. Dibalut dengan musiknya yang khas, lewat nomor “Yes, You!.” The GLAD sedang berbicara tentang eksistensi kaum skinhead perempuan, lengkap dengan realitas sosial yang biasa mereka hadapi, termasuk kisah asmara yang mereka arungi.

“Iya atau tidak, bagi saya single bertajuk “Yes, You!” layak didedikasikan untuk kaum skinhead girl yang pernah atau/dan masih tegar berdiri menggandeng pasangannya menuju masa depan di kehidupan nyata yang lebih baik, sehat dan sejahtera.” Ungkap Kawandolly dalam liner notes resmi “Mungkin bahkan ada yang berlari bersama waktu menuju entah…” lanjutnya.

Dirilis dengan lisensi terbuka oleh Dugtrax Records, menurut The GLAD nomor “Yes, You!” didedikasikan untuk kaum Skinhead. barangkali bentuk dedikasi itu bisa kita simak dalam beberapa penggalan liriknya yang secara eksplisit menghadirkan identitas kaum skinhead; Fred Perry, Sepatu Boot, dan lain sebagainya tersaji di dalam lirik.

“Secara eksplisit, single terbaru “Yes, You!” ini ditulis secara tidak langsung mungkin mewakili kaum subkultur di Indonesia, khususnya kaum Skinhead.” Tulisnya lagi

Teriakan semangat menghidupi hidup dalam lirik-lirik lagu dari The GLAD selalu menyuarakan tentang pergulatan realitas sosial khas jalanan secara empiris. Tidak hanya nama-nama grup musik dunia, seperti; The Oppressed, Warzone, Evil Conduct yang berhasil menuliskan lagu tentang kecintaan mereka terhadap eksistensi skinhead girl dibelahan blok barat sana, The GLAD pun berupaya melakukan hal yang sama, menarasikan kecintaannya melalui karya-karyanya.

Dengan besutan sound yang terdengar jauh lebih catchy dari single sebelumnya seperti, “Anti Nganggur” dan “Pesta pora. “Yes, You!” juga cukup enak untuk singalong, terlebih di bagian reff; “Yes you was…She was my skinhead girl”. Penggalan lirik itu juga merupakan sebuah perwujudan tentang entitas kaum puan (baca: skinhead girl) dalam skena subkultur skinhead di Indonesia.

Di wilayah produksi, nomor “Yes, You!” yang sudah digarap sejak Mei 2021 ini direkam di Akustika Studio, Yogyakarta. Untuk proses mixing dan mastering dikerjakan oleh Reva Setyawan,  sedangkan untuk foto sampul dipercayakan kepada Faisal R Yathesta dan desain oleh Bung Kalz.

Selain dirilis dalam format audio, nomor “Yes, You!” juga dikemas ke dalam film musik yang cukup menarik. Lirik dan film pun saling berkelindan membalut narasi yang kuat perihal hubungan asmara dua pegiat skinhead, lengkap dengan lanskap lokal dan figur pria pekerja keras.  Film tersebut disutradarai oleh Iqbal Ariefurrahman dari kolektif Madepmanteb.Lab.

Terbentuk sejak tahun 2000-an awal, The GLAD sendiri kini solid dihuni oleh Hazthelad (vokal), Skinheadbob (gitar), Eska (gitar), Gonskin (bas), dan Eric Cofitalan (drum).

Nomor “Yes, You!” kini sudah bisa kalian simak diberbagai kanal pemutar musik digital, serta sudah bisa diunduh secara bebas via Bandcamp Dugtrax. Selamat menyimak.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari The GLAD

 

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading