Yang Baru: sadchurro Merilis Single Perdana ‘Blurry’

Gelombang musik Emo semakin terang akhir-akhir ini. Meskipun sempat redup, namun pecinta musik emo tidak pernah hilang, di beberapa kota acara seperti Emo Night sering diselenggarakan, di café, Beer House, dan atau tempat-tempat serupa lainnya.

Proyek solo hazy-emo Ganes Mardhika musisi asal Jakarta yang Ganes beri nama sadchurro selama beberapa tahun terakhir, yang akhirnya baru bisa terealisasikan di awal tahun 2021 ini. Namanya mungkin terdengar lucu dan jenaka, nama ‘sadchurro’ justru ingin merepresentasikan keseimbangan antara kesedihan dan kegembiraan yang sejatinya terus berputar-putar dalam diri seseorang. Meskipun beberapa orang dan kebanyakan hanya berfokus pada salah satunya saja.

‘Blurry’ single pertama sadchurro, berkolaborasi dengan Casey Leiwakabessy dari Heave, sadchurro mencoba menggabungkan suara-suara reverb-drenched emo, dreamy riffs dan sad lyrics ditambah lagi kombinasi sentuhan irama post-punk yang sederhana. Seakan mengajak pendengarnya untuk bersedih dan bersemangat pada waktu yang bersamaan.

Nuansa Emo cukup sangat terasa di lagu ini, terinspirasi dari namana-nama besar musik emo, dan punk, seperti Turnover, Movements, Modern Baseball, sampai My Chemical Romance dan The Pains of Being Pure At Heart. Dari situ, mengapa sadchurro membawa ‘Blurry’ ke arah yang mengedepankan sisi emo-nya meskipun dikemas dengan lebih santai dan ringan dengan memasukan juga unsur dream-pop, menghasilkan suara yang sadchurro sebut sebagai hazy-emo.

Jika dilihat dari perspektif lirikal, single ‘Blurry’ menceritakan tentang kekalutan seseorang yang kerap merasa bahwa dunia ini, atau bahkan dirinya sendiri, adalah sesuatu yang tidak nyata, seakan dia hanya menonton sebuah film dimana ia menjadi karakter utama. Konsep ini membawa sebuah kontradiksi dalam diri seseorang karena meskipun tidak nyata, dia tetap menginginkan orang yang penting baginya untuk tetap berada disekitarnya.

 

“Blurry embraces the weird, scary, yet calming awareness that everything in this world,

including ourselves, are not real.” menurut Ganes.

 

Single ‘Blurry’ yang bedurasi sekitar 4:28 menit ini dirilis oleh sadchurro secara mandiri dan sudah tersedia di berbagai layanan musik digital.

 

Teks: Reza Raditya

Visual: Arsip dari sadchurro