Yang Baru dari Samarinda Bernama Paw's Letter

Paw’s Letter merupakan band unit pop asal Samarinda yang terbentuk pada tanggal 28 Oktober 2020. Seakan ingin menunjukan keseriusannya di industri musik, Paw’s Letter merilis single perdananya yang berjudul “Can I Get A Hi” pada awal bulan april 2021 melalui kanal Youtubenya. Berisikan 4 orang anggota yaitu Fernanda (guitar), Fadhlie (drum), Gikaraja (bass), dan Smolly (vocal). Mengusung nuansa “dreamy” yang menonjolkan progresi chord alunan gitar.

Nama Paw’s Letter sendiri memiliki arti harfiah “Pesan yang ditulis oleh Paw” yang mana paw adalah telapak kaki kucing, dimana para personilnya menyukai kucing. Sehingga menjadikan Paw?s Letter sebagai wadah untuk menuangkan segala perasaan melalui musik yang diciptakan.

Dalam terbentuknya Paw’s Letter, berawal dari Fernanda yang berinisiatif mengajak Fadhlie dengan genre Surf pop bernama “Man From Nowhere”. “Niat kami awalnya hanya untuk bersenang-senang dan menyalurkan bakat kami di musik sampai dengan akhirnya terbesit di pikiran kami untuk membuat band ini menjadi lebih serius,” kata Fernanda.

Kemudian, dalam perjalanannya mereka berdua sempat melakukan pergantian personil. Sampai akhirnya bertemu dengan Gikaraja dan Smolly. “Kami bertemu Gikaraja sebagai basis dan Smolly menutup perjalanan kami mencari personil sehingga terbentuklah Paw’s Letter, tambah Fadhlie.

Dalam proses membuat lagu ia melibatkan semua personil hingga menentukan chord dasar dan lain sebagainya. “Biasanya proses yang kami lakukan adalah dimulai dari nanda menentukan chord dasar, lalu didukung sama Fadli yang membuat beat drum, dan aku menambahkan ambience bass supaya menciptakan suasana pada saat jamming di studio. Di langkah terakhir baru ada Smolly yg pasti diandalkan dalam penulisan lirik,” ujarnya.

Untuk konsep videonya Paw’s Letter mengemas dengan sesederhana mungkin, merangkum berbagai footage kegiatan sebelum pandemi. “Kami kemarin mengajak teman-teman Paws untuk mengirimkan video terbaik dan berkesan selama sebelum pandemi terjadi; mungkin ada rindu, ingin mengulang sesuatu, tapi nggak bisa.. Atau simply video dengan orang-orang tersayang. Kita satuin biar dikenang.” kata Smolly. 

Dengan vibes yang menyenangkan, lagu ‘can i get a hi?’ menceritakan tentang romansa seseorang di suatu venue konser. Rasa debar ingin menyapa, tapi ragu karena dia ada yang punya. Ditulis oleh smolly dan tsadajiwa, diaransemen oleh Paw?s Letter, serta mixed and mastered oleh Arie Wardhana di Backstage Studio.

 

Teks: Rizky M Akbar

Visual: Arsip dari Paw’s Letter

Bersama Ello dan Virzha, Dewa19 Rilis Ulang Materi Lama "Still I’m Sure We’ll Love Again"

Dewa19 melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka dalam format baru. Kali ini, mereka merilis “Still I’m Sure We’ll Love Again”, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal...

Keep Reading

Langkah Berikutnya dari Bilal Indrajaya

Usai melepas beberapa materi singel dan album mini Purnama (2019) solis dari Jakarta, Bilal Indrajaya, akhirnya melanjutkan perjalanannya dengan meluncurkan karya terbarunya bertajuk “Saujana” lewat label rekaman legendaris yang kini...

Keep Reading

Themilo Rangkum Perjalanannya di Nomor "Flow"

Dua dekade berlalu dan Themilo tetap berjalan dengan syahdu. Pada akhir Juli 2022, unit shoegaze dari Bandung yang berdiri sejak 1996 ini baru saja merilis single terbaru mereka berjudul “Flow”....

Keep Reading

Adaptasi Kehidupan Digital di Koleksi Terbaru Monstore

Jenama pakaian dan gaya hidup Monstore mengumumkan koleksi terbaru mereka dengan nama “New Fictional Temptation”. Koleksi ini diluncurkan sebagai rilisan ‘solo’; non-kolaborasi dari Monstore setelah berbulan-bulan lebih fokus bekerja sama...

Keep Reading