Voice of Baceprot Lengkapi Barisan Musisi di WOW UK Festival 2021

Hari ini, isu kesetaraan gender menjadi suatu hal yang penting untuk dibicarakan. Salah satu forum yang secara serius menyoroti isu tersebut adalah WOW – Women of the World, sebuah  forum internasional yang berbasis di Inggris. Tahun ini, WOW UK Festival 2021 kembali digelar dengan deretan program dan isu menarik, salah satunya adalah program WOW Sound yang akan hadir secara virtual di tanggal 1 sampai 21 Maret mendatang dengan menampilkan pertunjukan musik yang difilmkan secara khusus. Sederet pengisi yang telah dikurasi pun sudah diumumkan, salah satunya adalah Voice of Baceprot, trio nu-metal perempuan asal Indonesia.

Nantinya, Voice of Baceprot bakal mengisi panggung bersama para musisi dan seniman wanita lainnya yang menggunakan musiknya sebagai bentuk aktivisme mereka. Termasuk, musisi, komposer cum produser asal Inggris Anoushka Shankar yang pernah mendapat tujuh kali nominasi dalam ajang Grammy Award,  penyanyi-penulis lagu Ayanna Witter-Johnson,  Akala, Anaiis, Nubya Garcia, Kimmortal, Ditty,  Aliah Sheffield, Fatoumata Diawara, Gnawa Asmaa Hamzoui, dan Fatoumata Diawara, seorang penyanyi, gitaris dan aktivis sosial asal Mali yang berkampanye menentang perdagangan dan penjualan migran kulit hitam di pasar budak Libya. Kebanyakan dari penampil tersebut datang dari pelbagai aktivisme yang berbeda-beda, termasuk Voice of Baceprot dengan musiknya yang menyoroti isu persamaan hak pendidikan dan stereotip perempuan muslim di Indonesia.

Penampilan Miss Baby Sol, Anaiis, Anoushka Sankar, Nubya Garcia dan Ayanna Witter-Johnson akan direkam di Royal Albert Hall London dan akan menampilkan wawancara singkat tentang aktivitas mereka dengan presenter radio cum jurnalis Gemma Cairney . Sedangkan pertunjukan lainnya direkam dari Akshara Theatre, aula konser di New Delhi dan di studio para musisi masing-masing.

Gelaran WOW Sound yang bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional kali ini merupakan yang pertama  bagi WOW Foundation di Inggris dalam menyajikan helatannya secara online. Program tahun ini akan melihat hambatan baru yang biasa dihadapi oleh para wanita, anak perempuan, dan orang non-biner. Akan ada banyak diskusi menarik dan fantastis yang berlangsung selama festival 21 hari ini berlangsung.

Semua program yang ada di festival akan dikenakan tiket mulai dari £ 1. Nantinya penonton juga dapat membeli tiket masuk untuk menonton seluruh program dengan harga tiket £ 25. Untuk informasi lebih lanjut dan program WOW Festival 2021 selengkapnya, kalian bisa mengaksesnya di sini atau dapat memesan tiket di sini.

Women of the World (WOW) sendiri didirikan oleh Jude Kelly pada tahun 2010, saat Festival WOW pertama berlangsung di Southbank Center. Sejak itu, Festival WOW yang merayakan para wanita dan anak perempuan, yang  secara jujur telah ??melihat rintangan yang harus mereka hadapi. Bersamaan dengan aktivitasnya, festival internasional WOW pun telah berlangsung dan tersebar di seluruh dunia, menjangkau lebih dari dua juta orang. Melalui festival, acara, program sekolah, dan lainnya, WOW berkeyakinan bahwa kesetaraan gender telah tercapai  –dan berharap agar tergabung dengan titik-titik antara orang, gerakan, dan ide untuk mengubah dunia.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari WOW – Women of The World Foundation

Endgrave Merilis Ode Bagi Jiwa Yang Tidak Pernah Tenang

Endgrave adalah band yang terbentuk pada pertengahan 2022. Semua bermula saat Singgi dan Petra meramu musik dengan mengemas riff-riff gitar yang terbilang tidak biasa. Beragam karakter mulai dari Hardcore, Deathcore,...

Keep Reading

Single Dan Formasi Terbaru Pillhs Castle

Mengubah formasi dari duo menjadi kuintet, dan sebelumnya telah merilis single ‘Moment’, Pillhs Castle yang diisi oleh Nando Septian (vokal), Torkis Waladan Lubis (gitar), Tama Ilyas (gitar), Willy Akbar (bass),...

Keep Reading

Debut Album Resign Leader

Dari Makassar, unit punk rock Resign Leader belum lama ini merilis debut album ‘Sniffing Tears For The Other Bills’. Album yang digarap cukup panjang dan serius ini berisi 12 nomor...

Keep Reading

Single Teranyar eleventwelfth Yang Menuju Album Terbaru

eleventwelfth hanya membutuhkan satu bulan untuk merilis single terbaru yang diberi tajuk “every question i withhold, every answer you never told” setelah sebelumnya melepas “(stay here) for a while” dari...

Keep Reading