Video Penampilan Musisi Kesayangan di Plainsong

Seperti yang kita ketahui, banyak sektor saat ini sedang mengalami kemunduran dikarenakan wabah yang tengah menyebar. Salah satunya adalah sektor musik, khususnya konser. Mulai dari skala kecil hingga besar, semua dilibas oleh wabah CoVid-19. Banyak jadwal penyelenggaraan konser musik yang sudah direncanakan secara matang dari jauh hari, akhirnya mengalami pembatalan maupun penjadwalan ulang. Band yang sudah mengantongi banyak jadwal pun dengan sangat terpaksa ikut membatalkan jadwal mereka.

Begitu banyaknya jadwal festival musik di tahun ini yang batal, akhirnya membuat para promotor memutar otak untuk bisa terus menjalankan roda bisnis milik mereka. Tak ada konser offline, konser online pun jadi. Walaupun esensi dari menonton sebuah konser pastinya akan hilang beberapa persen. Tapi sudah sepatutnya kita bersyukur masih dapat menikmati suguhan dari para musisi idola. Keadaan memang sedang tidak baik-baik saja, namun kondisi kreativitas jangan sampai terhenti. Masih banyak cara untuk menikmati dan memberikan kesenangan untuk diri sendiri. Salah satu yang terus menghadirkan kemeriahan adalah Plainsong Live.

Setelah Festival Joyland di tahun 2019, Plainsong Live kembali dengan Plainsong Live Sessions! Merespon situasi saat ini seputar pandemi global, Plainsong Live mempersembahkan serangkaian sesi empat episode pertunjukan musisi favorit – yang bisa dinikmati darimanapun dan kapanpun. Mengingat pertunjukan langsung dari musisi lokal cukup jarang – dan yang telah berlangsung biasanya diatur dalam suasana formal – Plainsong Live ingin menghadirkan sesi live dengan lebih relevan, intim, dan hangat. “Kami berharap masing-masing musisi dapat mengungkapkan lebih banyak karakter spesial mereka dengan nyaman dan bebas” ucap Ferry Dermawan, Direktur Program.

Akan ada 12 musisi dari berbagai genre yang bermarkas di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Denpasar, dan Melbourne seperti Frau, Gabber Modus Operandi, Scaller, Hindia, Jamie Aditya, dan lain-lain.

Serial ini disutradarai dan direkam oleh seniman dan pembuat film/video – Anggun Priambodo (Jakarta), yang memberikan sentuhan uniknya di setiap episode. “Kita sangat rindu dengan pertemuan – yang terobati dengan proses produksi ini. Ada kehangatan yang terpancar dan haru atas momen yang kita buat bersama. Hal-hal itu adalah energi untuk ke depannya…” kesan Anggun saat menggarap serial ini.

Setiap episode berdurasi 45 menit, menampilkan tiga artis, dan tayang langsung melalui Plainsong Live YouTube pada 8 Agustus-19 September 2020.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Plainsong Live

Tambah Line Up, Hammersonic Siap Hadirkan 53 Band Metal dan Rock Dunia!

Setelah mengalami beberapa kali penundaan, festival musik metal raksasa Hammersonic akhirnya dipastikan siap digelar pada awal tahun 2023. Sebelumnya salah satu headliner yakni Slipknot telah mengumumkan konfirmasi lewat unggahan twitter...

Keep Reading

Kolaborasi Selanjutnya Antara Yellow Claw dan Weird Genius

Duo Belanda Yellow Claw kembali berkolaborasi dengan Weird Genius mengusung lagu baru bertajuk ‘Lonely’ bersama finalis Indonesian Idol Novia Bachmid. Weird Genius dan Yellow Claw sebelumnya pernah berkolaborasi di lagu...

Keep Reading

Reruntuhan Akhir Dunia di Album Keempat Extreme Decay

Usai melepas beberapa materi pemanasan menuju album barunya, unit Grindcore kota Malang, Extreme Decay, akhirnya secara resmi melepas album keempatnya pada 29 April 2022 lalu yang diberi tajuk Downfall Of...

Keep Reading

KIAMAT Bagi Rekah di Album Perdananya

Sejak kemunculannya di medio 2015 lalu, unit skramz/blackgaze Rekah sudah mencuri perhatian dengan materi-materi musiknya. Tujuh tahun berlalu, bertepatan dengan Hari Buruh Internasional yang jatuh di awal Mei 2022 lalu,...

Keep Reading