Video Musik Skandal yang Dikerjakan di Masa Swakarantina

Skandal, band indie rock asal Jogjakarta, baru saja merilis sebuah video musik baru untuk lagu mereka yang berjudul “Racau”. Single ini sendiri merupakan karya lanjutan setelah mini album Sugar yang dirilis tahun 2017 yang lalu.

Skandal mengartikan kata racau sebagai suara-suara kebisingan kota yang mau tidak mau setiap harinya selalu berulang untuk didengarkan oleh telinga kita. Video musik “Racau” ini adalah video ketiga dari kuartet tersebut, setelah video untuk lagu “Superfine” dan “Stay Slay Slack”— dua single dari debut mini album pertama, Sugar –  yang dirilis melalui YouTube resmi mereka.

“Konsepnya sederhana sebenarnya. Semuanya datang dari keadaan beberapa bulan belakangan, situasi yang mengharuskan semua orang untuk tinggal di rumah masing-masing akibat pandemi Covid-19 — semacam menangkap momen yang ada, ide itu muncul secara organik dan terbilang sederhana, untuk produktif bikin sesuatu sembari menikmati keadaan yang ada. Lalu berpikir ‘Kenapa nggak ngajak orang lain atau teman-teman buat ikutan ya?’ Selain itu, video musik “Racau” ini juga dijadikan semacam kado bagi diri sendiri karena bulan April lalu genap berusia 9 tahun.” Ujar Siddha (vokalis) yang memiliki ide untuk video musik ini.

 

Menanggapi ide yang ada itu, mereka menghadirkan sebuah kampanye bernama #meracaudirumah yang mengajak serta berbagai lapisan orang untuk mengirimkan rekaman video mereka sambil mendengarkan atau menyanyikan lagu “Racau” saat di rumah saja selama beberapa bulan terakhir. Setelah itu, kumpulan video yang ada disunting menjadi satu dan menghadirkan momen keseruan di saat situasi yang sedang tidak baik-baik saja saat ini. Lalu yang paling menyenangkan lagi adalah kreativitas yang dihadirkan dari para pengirim video yang menjadi sorotan utama di video musik tersebut.

Penggarapan video musik “Racau” ini sendiri juga dibantu oleh Raven Navaro sebagai asisten sutradara dan editor. Raven Navaro sendiri sebelumnya sudah menyutradarai beberapa video musik lokal yang bisa dibilang sangat menarik, seperti video musik lagu “Malam” dari BAP., “F**k Your Jaksel Lifestyle” milik Noise, dan “Rubber Song” dari SORE.

Setelah video musik “Racau”, grup yang digawangi oleh Yogha Prasiddhamukti (vokalis), Robertus Febrian (gitaris, vokalis), Rheza Ibrahim (gitaris), dan Argha Mahendra (drummer) ini rencananya akan mengeluarkan beberapa single lanjutan yang juga akan disertai video musiknya dalam beberapa waktu ke depan.

 

 

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Skandal

Plvmb Memulai Debut Dengan Blue

Bandung kembali memiliki kuintet indiepop yang terdiri dari Vina Anesti (Vokalis), Azka Aulia Rachman (Bass), Diaz Febryan (Drum), Salman Wahid Putra Kamaludin (Gitar), Irfan Zahid Abdussallam  (Gitar). Mereka tergabung ke...

Keep Reading

Superglad Yang Kembali Melangkah

Superglad adalah band yang namanya tidak perlu lagi dipertanyakan di kancah musik tanah air. Setelah diterpa berbagai permasalahan yang sempat terjadi di dalam tubuh mereka, band yang terbentuk sejak tahun...

Keep Reading

Meramu Crossover Hardcore Ke Tahap Terbaru

Dari Sidoarjo, unit Crossover Hardcore yang tergabung dalam Voorstad akhirnya merilis mini album terbaru dengan tajuk Self-titled melalui label Greedy Dust Records. Ini merupakan rilisan kedua Voorstad setelah pada awal...

Keep Reading

Penegasan Warna Terbaru I Punch Werewolf

Penegasan eksistensi I Punch Werewolf melalui video klip lagu terbaru dengan judul Broken. Unit ini terus menggebrak kancah musik dengan beragam rilisannya. Untuk lagu ini sendiri dibuat lebih mengayun, namun...

Keep Reading