Video Musik Nyentrik dari Joko In Berlin dan Shyclops

Unit pop elektro Joko In Berlin (JIB) baru baru ini telah melepas nomor teranyarnya bertajuk “Overthinking“. Dalam karya mutakhirnya ini, JIB melibatkan Shyclops sebagai rekan kolaborasinya. Tak bisa dipungkiri, bahwa konsep kolaborasi hari ini merupakan salah satu strategi yang cukup penting untuk mendorong karya para musisi agar lebih bisa menjangkau banyak pasang telinga. Begitu juga yang dilakukan oleh JIB dan Shyclops.

Menurut keterangan pers yang diterima, rencana kolaborasi ini berawal saat kedua band tersebut bertemu dan manggung bareng di M-Bloc Space pada akhir 2019 lalu. Dalam perjalanannya proses kolaborasi ini sempat lama terkendala dikarenakan oleh situasi pandemi. Namun dengan dukungan penuh dari 76Rider, akhirnya single ini berhasil dirampungkan. “Overthinking”, sebuah single hasil kolaborasi JIB & Shyclops.

“Hasil musik kolaborasi ini diharapkan dapat lebih melebarkan pendengar dari kedua group.” ungkap Joko In Berlin dalam siar pers.

Dari sisi musikalitas, single kolaborasi ini mengingatkan kita pada perpaduan unsur pop EDM, new wave era 80, dengan sedikit sentuhan ugal-ugalan punk rock. Pendengar seakan dibawa berkendara saat senja dalam suasana yang manis, sejuk, santai, dengan ritme yang semangat.

Tak hanya dilepas dalam format audio saja, “Overthinking” juga dikemas ke dalam video musik yang disutradarai oleh Okky Hawin Prasetyo. Berkebalikan dengan lagunya yang terdengar ugal-ugalan, video musik “Overthinking” justru cukup filosofis, sarat dengan metamofora simbolik yang eksentrik dengan nuansa warna elektrik pop. Joko in Berlin yang biasa tampil preppy dan elegan, kini tampil dengan aneh dan barbar. Sementara Shyclops yang biasa menggunakan topeng masquerade, tampil dengan gaya romawi kuno. Suatu video musik absurd-eccentric yang memikat dengan balutan nuansa pop-elektrik yang kental.

                 Baca juga: Melihat Nuklir Bekerja Bersama Joko in Berlin

Sedangkan dari sisi lirik nomor “Overthinking” kurang lebih bertutur mengenai manusia yang kerap berfikir berlebihan terhadap suatu hal. Sehingga seringkali menyebabkan banyak tindakan kita yang justru mempersulit keadaan.

“Dalam membina suatu hubungan, terkadang masalah yang datang justru membuat kita semakin paham dan dewasa. Dan dengan berjalannya waktu, keadaan akan menjadi semakin baik. Jadi, jalani saja, nikmati prosesnya dan rasakan lika-liku yang akan semakin mendewasakan kita. Don’t be overthink this feeling…let it flow….” pungkas Joko In Berlin.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Joko In Berlin dan Shyclops

Catatan Perjalanan Rich Brian di Album Mini Brightside

Rapper, penyanyi serta produser asal Indonesia, Rich Brian baru-baru ini resmi merilis album mini terbarunya yang bertajuk Brightside. Lewat album mini berisi 4 lagu ini Rich Brian mengatakan bahwa Brightside merupakan...

Keep Reading

Keseruan Selanjutnya di Soundhead Gig Vol. 3: Parsing Echoes

Tak bisa dipungkiri, pandemi yang terjadi beberapa tahun terakhir telah berhasil meluluhlantakan berbagai lini industri hiburan, tak terkecuali industri pertunjukan musik. Namun, ditengah tantangan yang ada, para pelaku industri terus...

Keep Reading

Kisah Cinta di Balik Pertunjukan Musik dari The Rang-Rangs

Trio punk rock asal Bekasi, The Rang-Rangs, kembali melanjutkan cerita asmaranya yang tak konvensional. Dalam materi terbarunya kali ini The Rang-Rangs mencoba mengangkat cerita persoalan jatuh hati di arena pertunjukan...

Keep Reading

Album Tersembunyi Mendiang January Christy Akhirnya Dirilis

Di era ‘80-an, tak sedikit orang yang mengidolakan January Christy. January Christy merupakan penyanyi pop jazz Indonesia yang unik. Range vokalnya tidak lebar, namun suaranya yang berat memberikan kenyamanan dan...

Keep Reading