Video Musik Nyentrik dari Joko In Berlin dan Shyclops

Unit pop elektro Joko In Berlin (JIB) baru baru ini telah melepas nomor teranyarnya bertajuk “Overthinking“. Dalam karya mutakhirnya ini, JIB melibatkan Shyclops sebagai rekan kolaborasinya. Tak bisa dipungkiri, bahwa konsep kolaborasi hari ini merupakan salah satu strategi yang cukup penting untuk mendorong karya para musisi agar lebih bisa menjangkau banyak pasang telinga. Begitu juga yang dilakukan oleh JIB dan Shyclops.

Menurut keterangan pers yang diterima, rencana kolaborasi ini berawal saat kedua band tersebut bertemu dan manggung bareng di M-Bloc Space pada akhir 2019 lalu. Dalam perjalanannya proses kolaborasi ini sempat lama terkendala dikarenakan oleh situasi pandemi. Namun dengan dukungan penuh dari 76Rider, akhirnya single ini berhasil dirampungkan. “Overthinking”, sebuah single hasil kolaborasi JIB & Shyclops.

“Hasil musik kolaborasi ini diharapkan dapat lebih melebarkan pendengar dari kedua group.” ungkap Joko In Berlin dalam siar pers.

Dari sisi musikalitas, single kolaborasi ini mengingatkan kita pada perpaduan unsur pop EDM, new wave era 80, dengan sedikit sentuhan ugal-ugalan punk rock. Pendengar seakan dibawa berkendara saat senja dalam suasana yang manis, sejuk, santai, dengan ritme yang semangat.

Tak hanya dilepas dalam format audio saja, “Overthinking” juga dikemas ke dalam video musik yang disutradarai oleh Okky Hawin Prasetyo. Berkebalikan dengan lagunya yang terdengar ugal-ugalan, video musik “Overthinking” justru cukup filosofis, sarat dengan metamofora simbolik yang eksentrik dengan nuansa warna elektrik pop. Joko in Berlin yang biasa tampil preppy dan elegan, kini tampil dengan aneh dan barbar. Sementara Shyclops yang biasa menggunakan topeng masquerade, tampil dengan gaya romawi kuno. Suatu video musik absurd-eccentric yang memikat dengan balutan nuansa pop-elektrik yang kental.

                 Baca juga: Melihat Nuklir Bekerja Bersama Joko in Berlin

Sedangkan dari sisi lirik nomor “Overthinking” kurang lebih bertutur mengenai manusia yang kerap berfikir berlebihan terhadap suatu hal. Sehingga seringkali menyebabkan banyak tindakan kita yang justru mempersulit keadaan.

“Dalam membina suatu hubungan, terkadang masalah yang datang justru membuat kita semakin paham dan dewasa. Dan dengan berjalannya waktu, keadaan akan menjadi semakin baik. Jadi, jalani saja, nikmati prosesnya dan rasakan lika-liku yang akan semakin mendewasakan kita. Don’t be overthink this feeling…let it flow….” pungkas Joko In Berlin.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Joko In Berlin dan Shyclops

Rayakan Dua Rilisan Baru, Extreme Decay Siapkan Pertunjukan Spesial

Sebagai pesta perayaan atas dua rilisan anyar mereka. Sekaligus mengajak Dazzle, TamaT, dan To Die untuk ikut menggerinda di kota Malang. Extreme Decay bersama Gembira Lokaria mempersembahkan konser showcase spesial...

Keep Reading

Disaster Records Rilis Album Debut Perunggu dalam Format CD

Pandemi yang sudah berlangsung selama lebih dari dua tahun ini memang membuat segala recana menjadi sulit terwujud. Namun bukan berarti berbagai kendala yang ada menyurutkan semangat para musisi untuk terus...

Keep Reading

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading