Video Klip dan Rilisan Buku untuk Merayakan Ulang Tahun Shaggydog ke-24

Tapat pada tanggal 1 Juni kemarin, Shaggydog merayakan ulang tahunnya, tahun 2021 ini Shaggydog akan beranjak menjadi 24 tahun. Merayakan ulang tahun dengan merilis sebuah video musik dan membocorkan beberapa agendanya seperti rencana perilisan sebuah buku biografi perjalanan karir bermusik Shaggydog. Umur yang sudah tidak bisa dibilang muda lagi badi sebuah band, namun produktivitas Shaggydog masih terus berjalan dan getol untuk merilis karya-karya meski situasi yang cukup menyulitkan ini melanda.

 

Bisa dilihat dalam geliat para pemuda Syaidan ini saat merombak lagu hits “Di Syaidan” dalam dua versi sekaligus dimana yang terakhir mereka berkolaborasi dengan Orkes Keroncong Puspa Jelita dan Ndarboy Genk. Bukan suatu urusan yang mudah untuk merombak sebuah lagu lama “Di Syaidan” yang sekaligus pernah mengangkat karir mereka untuk kemudian dipoles sesuai dengan karakter musiknya yang sekarang.

Selain merilis ulang lagu yang mempopulerkan nama kampung di tengah kota Syaidan, Shaggydog kembali disibukan dan berkutat dengan penggarapan video klip yang bekerjasama dengan Orang Tua. Video klip yang disutradarai oleh Bagus “Tikus” kresnawan ini mencoba mengejawantahkan pemaknaan lirik lagu yang bercerita tentang kehidupan “di gang gelap di balik ramainya Jogja” ini.

Konsep yang diusung kembali ke Syaidan di video klip ini diperkuat dengan menampilkan potongan video lawas Shaggydog saat sedang manggung yang kemudian dipadukan dengan tingkah polah aktor yang membawakan watak khas para personil Shaggydog ketika mereka masih muda. Ada yang menarik dari proses pencarian aktor yang mirip dengan seluruh personil Shaggydog, karena Shaggydog membuka lowongan bagi siapapun yang merapa mirip dengan personil Shaggydog disaat mereka masih muda yang mereka sebarkan melalui akun Instagram @shaggydogjogja.

Ada adegan seru menggambarkan ketika Bandizt menikmati Lapen di emperan gang Sayidan dengan diiringi gitar Richad Bernado yang merupakan cikal bakal terciptanya lagu ini. Sementara itu selipan cerita tentang percintaan tidak luput dari narasi video klip lagu yang juga masuk di 150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa versi Rolling Stone Indonesia ini.

Video klip Shaggydog – Di Syaidan resmi tayang perdana mealui kanal YouTube TheDoggyTv pada tanggal 1 Juni kemarin. Sementara itu di hari yang sama, shaggydoh juga akan membocorkan detai rencana mereka untuk merilis buku perjalanan karir bermusik-nya yang ditulis oleh Ardhana Pragota dan akan diterbitkan oleh Buku Baik.

 

Teks: Reza Raditya

Visual: Arsip dari Doggyhouse Records

The Box Perkenalkan Formasi Baru Lewat Live Session

Pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun ini telah membuat kita semua kembali dari awal. Menyusun ulang rencana dan mulai menata kembali langkah-langkah yang akan diambil. Kini industri sudah mulai...

Keep Reading

Sajian Ska Berbeda dari Slowright

Slowright, unit ska dari kota Malang baru-baru ini telah melepas album mini teranyarnya bertajuk Believe. Dirilis oleh label rekaman yang bermarkas di Yogyakarta, DoggyHouse Records, lewat rilisannya kali ini Slowright...

Keep Reading

Zizi yang Menyapa Kampung Halaman Lewat Hometown Tour

Setelah menyelenggarakan showcase perdananya yang bertajuk Unelevated Intimate showcase di Bandung pada akhir Februari lalu. Kini, Zizi kembali ke rumah tempat ia tumbuh dan menemukan passion terbesar dalam dirinya. Ia...

Keep Reading

Realita Kaum Pekerja di Nomor Kolaborasi Dzulfahmi dan Tuantigabelas

Dzulfahmi, MC dari kolektif Def Bloc dan Dreamfilled yang bermukim di Jakarta baru-baru ini (6/5) telah memperkenalkan karya terbarunya bertajuk “Rotasi”. Lewat rilisannya kali ini Dzulfahmi menggaet salah satu nama...

Keep Reading