Vaksinasi Demi Industri Hiburan

Pandemi yang sudah terjadi sejak tahun lalu membuat keadaan  dari hari ke hari semakin sulit. Segala sektor mengalami penurunan drastis, entah itu secara  pendapatan maupun secara produktivitas. Salah satu yang terimbas besar-besaran karena badai  penyakit bernama Covid-19 ini tentu adalah sektor hiburan, khususnya bisnis pertunjukan musik. Pembatalan maupun penundaan konser musik secara luring terus terjadi sepanjang tahun.

Di tengah keadaan  yang sepenuhnya belum membaik, baru-baru ini seorang penasehat medis di Amerika, Dr Anthony Fauci mengatakan bahwa mulai musim gugur tahun ini, industri hiburan luring –khususnya di Amerika- sudah bisa dimulai kembali seiring dengan tersedianya vaksin untuk publik. Tak bisa dipungkiri, vaksin memang salah satu hal yang terbilang penting untuk mengentaskan pandemi ini, setidaknya untuk menekan penyebaran virus.

Fauci menyampaikan pandangannya tersebut  ketika ia berbicara pada konferensi Association of Performing Arts Professionals pada sabtu 9 Januari lalu. Dalam pemaparannya tersebut ia percaya bahwa venue musik maupun bioskop sudah bisa beroperasi kembali pada musim gugur tahun ini. Namun Fauci mengatakan kembalinya konser, acara, dan pembukaan kembali teater dan tempat hiburan lainnya bergantung pada keberhasilan vaksin COVID-19. Secara spesifik ia mengatakan  hal ini bisa terjadi  jika minimal 70% dari keseluruhan warga Amerika sudah  menerima vaksin.

“Jika semuanya berjalan dengan baik, ini akan terjadi pada musim gugur 2021,” kata Dr. Fauci dilansir dari New York Times . “Sehingga pada saat kita mencapai awal hingga pertengahan musim gugur, Anda dapat membuat orang-orang merasa aman tampil di atas panggung serta orang-orang di antara penonton.” lanjutnya.

Bahkan jika AS mencapai herd immunity pada jangka waktu ini, Fauci mengatakan konser mungkin akan berbeda dari sebelumnya. Tempat dan teater mungkin masih harus mengambil tindakan pencegahan keamanan termasuk menjaga jarak sosial dan pemakaian masker. Aturan-aturan semacam ini akan terus bertahan selama beberapa waktu sebelum seluruh negara di dunia mendapatkan vaksin.

Perihal pertunjukan musik secara langsung pun terus digalakan oleh para pelaku industri musik di Inggris. Baru-baru ini UK Music, sebuah badan yang mewakili kepentingan kolektif industri musik di Ingris telah menerbitkan laporan baru berjudul “Let the Music Play: Save Our Summer 2021”. Laporan tersebut setidaknya menguraikan tentang beberapa rekomendasi penyelenggaraan konser musik secara luring setelah situasi sudah mulai aman untuk dilakukan.

“Sementara pandemi ini masih berkecamuk dan terus menyebabkan kerusakan pada kehidupan dan mata pencaharian hari ini, ada titik akhir yang terlihat,” kata Jamie Njoku-Goodwin dari UK Music. “Pemerintah sedang meluncurkan vaksin dan secara terbuka berspekulasi tentang kembali normal pada musim semi – tetapi ada risiko serius bahwa bahkan jika ini terbukti menjadi kenyataan, kurangnya pemberitahuan dan pilihan asuransi yang tersedia akan berarti banyak dari musik musim panas 2021 musim tidak bisa dilanjutkan.” Laporan lengkap Let The Music Play: Save Our Summer 2021 bisa kalian unduh di sini.

Di Indonesia sendiri vaksinasi sudah mulai dilakukan. Diawali dengan penyuntikan vaksin kepada presiden dan ke sejumlah pesohor lainnya pada Rabu (13/1) kemarin. Semoga saja vaksinasi bisa berjalan baik dan sesuai dengan harapan kita. Agar apa? Ya agar segera bisa datang ke konser musik lah ya.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari berbagai sumber

Bersama Ello dan Virzha, Dewa19 Rilis Ulang Materi Lama "Still I’m Sure We’ll Love Again"

Dewa19 melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka dalam format baru. Kali ini, mereka merilis “Still I’m Sure We’ll Love Again”, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal...

Keep Reading

Langkah Berikutnya dari Bilal Indrajaya

Usai melepas beberapa materi singel dan album mini Purnama (2019) solis dari Jakarta, Bilal Indrajaya, akhirnya melanjutkan perjalanannya dengan meluncurkan karya terbarunya bertajuk “Saujana” lewat label rekaman legendaris yang kini...

Keep Reading

Themilo Rangkum Perjalanannya di Nomor "Flow"

Dua dekade berlalu dan Themilo tetap berjalan dengan syahdu. Pada akhir Juli 2022, unit shoegaze dari Bandung yang berdiri sejak 1996 ini baru saja merilis single terbaru mereka berjudul “Flow”....

Keep Reading

Adaptasi Kehidupan Digital di Koleksi Terbaru Monstore

Jenama pakaian dan gaya hidup Monstore mengumumkan koleksi terbaru mereka dengan nama “New Fictional Temptation”. Koleksi ini diluncurkan sebagai rilisan ‘solo’; non-kolaborasi dari Monstore setelah berbulan-bulan lebih fokus bekerja sama...

Keep Reading