Tur Perpisahan Muchos Libre dengan Sang Vokalis Bagongtempur

Selang nyaris satu tahun sejak perilisan album perdana Rock Datang Bulan yang di lepas di sekitar pertengahan 2021 lalu, unit garage rock ugal-ugalan kebanggan kota Kembang, Muchos Libre, akhirnya melaksanakan sebuah rangkaian ibadah tur musik luar jaringan. Kabarnya, tur ini juga sekaligus menjadi momentum perpisahan sang vokalis Bagongtempur yang harus pergi ke negeri sakura Jepang untuk melaksanakan tugas yang ‘konon’ rahasia.

“Pesta Penghancur Rock Nusantara yang telah kami rencanakan akhirnya dilaksanakan bulan ini! Jangan sampai kelewatan jika salah satunya ada di kota kalian! Karena mungkin kamu tidak akan lagi menonton formasi lengkap Muchos Libre dalam 3 tahun kedepan.” Tulis Muchos Libre di akun media sosialnya.

Menurut Muchos Libre kepergian Bagongtempur pun bukan karena adanya permasalahan internal di dalam tubuh band, tetapi karena memang diharuskan untuk pergi ke negara Jepang dan berada di sana selama 3 tahun.

“Bukan tanpa alasan kenapa Bagongtempur harus menghilang dari keriaan dan kegilaan panggung Muchos Libre ke depannya, pasalnya dia diharuskan terbang ke negeri Sakura nun jauh di sana selama 3 tahun untuk urusan yang konon terbilang sangat pelik dan juga dirahasiakan.” Terang Muchos Libre dalam keterangan pers.

Bagongtempur on stage. doc: Muchos Libre

Dengan tenggat waktu sampai tanggal 5 April menjelang kepergian Bagongtempur, Muchos Libre pun sudah menyiapkan titik venue di mana mereka akan melaksanakan tur. Selain itu, tur ini juga merupakan bentuk promosi album perdana Muchos Libre, Rock Datang Bulan, yang dirilis di tahun 2021 oleh Orange Cliff Records. Tur yang diberi tajuk “Pesta Penghancur Rock Nusantara” ini akan diadakan di 4 kota yaitu Jakarta, Cianjur, Sukabumi, dan ditutup dengan pertunjukan spesial di kotanya sendiri yaitu Bandung.

Berikut adalah detail venue yang akan Muchos Libre sambangi; Yesterday Backyard, Jakarta (10 Maret 2022), Art See Hall, Sukabumi (19 Maret 2022), Kepal Kopi, Cianjur (20 Maret 2022), dan TBA, Bandung (26 Maret 2022). Jangan sampai terlewatkan, karena seperti yang dibilang Muchos Libre “..mungkin kamu tidak akan lagi menonton formasi lengkap Muchos Libre dalam 3 tahun kedepan.”

Sedikit kembali ke belakang, berbicara tentang album Rock Datang Bulan, album tersebut merupakan album perdananya yang sudah disiapkan sejak 6 tahun lalu. Berisi 11 nomor lagu dengan total durasi 35 menit, bagi Muchos Libre album penuh ini menjadi tantangan tersendiri karena mereka mencoba untuk mempresentasikan energi liar diatas panggung mereka dalam bentuk audio. Hadirnya Nizar Oktriyadi pada bass dan Ardian Azis di posisi gitar, membuat materi-materi di dalam album Rock Datang Bulan terdengar berbeda dibandingkan E.P Viva La Libre yang pernah dilepas seadanya pada tahun 2013.

Teks: Dicki Lukmana
Visual Arsip dari Muchos Libre

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading