Transformasi Festival Rock In Celebes di Tahun Ke-12

Tidak banyak festival musik bertahan lama apalagi berada di kota yang jauh dari pusat belantika. Bahkan Rock In Celebes yang digarap sejak tahun 2010 melalui bendera Chambers (sebuah toko/distribution outlet pakaian yang aktif membangun jaringan komunitas dan ekosistemnya di Makassar sejak tahun 2003) mampu membawa festival ini hingga mandiri.

Dengan perjalanan hingga 12 tahun saat ini, Rock In Celebes terus bertransformasi, dari jadwal festival sehari, dua hari, empat hari, kemudian tur secara nasional menyambangi puluhan kota tidak hanya di Pulau Sulawesi, juga ke Pulau Jawa, Bali, Kalimantan hingga Sumatera, dengan deretan penampil dan partisipan lokal hingga internasional. Termasuk menghadirkan format luring. Dan kali ini bersiap dengan penyelenggaraan ke-12 yang tidak hanya menampilkan rentetan pertunjukan musik dan seni, juga akan meluncurkan sebuah buku perjalanan Rock In Celebes dan 100 tahun musik populer Makassar.

Rock In Celebes kembali menawarkan konsep yang berbeda, menghadirkan pengalaman baru, selain meluncurkan buku “Rock In Celebes dan 100 Tahun Musik Populer Makassar” yang ditulis oleh Anwar Jimpe Rachman, juga membuat sirkuit dengan membawa transformasi festival berupa pertunjukan langsung dan terbatas sesuai aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan protokol kesehatan, selama sepuluh hari berturut-turut pada 10-19 Desember 2021, dengan lebih banyak dan beragam penampil, di sepuluh lokasi atau tempat berbeda yang memiliki nilai ikonik atau historikal bagi Rock In Celebes dan kota Makassar.

             Baca juga: 5 Alasan Kenapa Rock In Celebes 2021 Begitu Penting Untuk Disimak

Transformasi ini juga tidak lepas dari kondisi saat ini dengan situasi pandemi yang belum kunjung usai, penyelenggaraan Rock In Celebes 2021 menerapkan protokol kesehatan yang berbasis pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan). Selain peluncuran buku dan merchandise ‘Legacy’ serta pertunjukan musik, Rock In Celebes juga menyelenggarakan kegiatan Vaksinasi dan Swab di semua tempat selama penyelenggaran berlangsung. Kami mendukung penuh program percepatan vaksinasi pemerintah dengan menyediakan 1000 dosis vaksin Sinovac untuk dosis pertama dan kedua, yang menyasar kepada para pekerja dan penikmat seni dan kreatif serta masyarakat umum lainnya mulai dari usia 12 tahun keatas, sebagai peran kita bersama untuk menuntaskan pandemi.

Di penyelenggaraan ini, Rock In Celebes bekerjasama dengan Floom, sebuah unit café-resto dengan fasilitas ruang untuk meeting hingga event menghadirkan sirkuit event selama sepuluh hari pada: 10 Desember – Gedung Kesenian Societeit De Harmonie, 11 Desember – Auditorium RRI, 12 Desember Fort Rotterdam, 13 Desember – Chambers Shop, 14 Desember Rooftop Garden Nipah, 15 Desember Lapangan Basket Karebosi, 16 Desember – Monumen Mandala, 17 Desember Phinisi Point, 18 Desember – Celebes Convention Center, dan 19 Desember – Pelataran Trans Studio Mall Makassar, dengan menampilkan puluhan musisi tamu dan musisi lokal unggulan diantaranya: Tipe-X, Rocket Rockers, Jason Ranti, Pusakata, Endah N Rhesa, Iksan Skuter, Dead Vertical, Fraud, Diskopantera, Loejoe dan Kapal Udara.

Penyelenggaraan Rock In Celebes 2021 juga didukung oleh Astra Honda Motor, Guinness Indonesia dan Grab serta tentunya dukungan dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar dan Provinsi Sulsel, Polrestabes Makassar, Polres Pelabuhan, Polda Sulsel, Satgas Penanganan Covid-19, Chambers, Creator, ET Production, Slemmersindo, Rumah Event, Nipah Mall, Phinisi Point, Trans Studio Mall, Ibis Style, Skena.co.id, serta para partner yang terasosiasi: Siasat Partikelir, Milisi.id, Mukata Kreatif, dan Masa Kreatif.

Tidak sabar dengan perkembangannya? Terus ikuti dan simak informasinya melalui website rockincelebes.com dan seluruh platform sosial media resmi di @rockincelebes serta tagar #rockincelebes #rockincelebes2021 #sirkuitmusik.

Video Musik Bintang Massa Aksi .Feast

Abdi Lara Insani yang merupakan single utama dari album teranyar .Feast berjudul Bintang Massa Aksi ini ternyata masih memiliki keberlanjutan dengan dirilisnya sebuah video klip resmi di kanal YouTube .Feast (22/11/22). Video klip ini melibatkan...

Keep Reading

Kolaborasi Semiotika Dan Iga Masardi

Menggunakan moniker Sagas Midair, Iga Massardi yang merupakan gitaris sekaligus vokalis grup Barasuara merilis single kolaborasi bersama Semiotika, unit Instrumental Rock dari Jambi. Diberi tajuk Iskaashi, rencananya single ini akan...

Keep Reading

Nyala Api Dari Angkatan Baru Hip-Hop Jakarta

Berawal dari hal yang tidak direncanakan, La Munai Records, label rekaman Jakarta, Pesona Experience dan Bureau Mantis kolektif dan manajemen musik dari kota yang sama akhirnya menemui kesepakatan untuk merilis...

Keep Reading

Plvmb Memulai Debut Dengan Blue

Bandung kembali memiliki kuintet indiepop yang terdiri dari Vina Anesti (Vokalis), Azka Aulia Rachman (Bass), Diaz Febryan (Drum), Salman Wahid Putra Kamaludin (Gitar), Irfan Zahid Abdussallam  (Gitar). Mereka tergabung ke...

Keep Reading