Themilo Rilis Ulang B-side dalam Format Digital

Themilo belum lama ini merilis ulang salah satu b-side mereka yang berjudul “Finally, Home!” dalam format digital. Ini merupakan rangkaian usaha Anoa Records untuk mengais kembali karya-karya sampingan band Bandung cukup berumur tersebut yang masih berserakan dan belum dirilis secara resmi.

“Finally, Home! (Remastered 2021)” sebelumnya adalah salah satu bonus track dari album Let Me Begin (Repackaged) yang dirilis pada 2002. Lagu ini sendiri juga merekam jejak Themilo ketika itu yang setelah sukses merilis album pertama Let Me Begin pada 2001, harus mengalami perubahan personel.

“Ketika itu Coro, drummer pertama Themilo harus mundur dan digantikan Budi Cilsen, dan Hendi Unyil masuk sebagai kibordis,” kata sang pentolan, Ajie Gergaji, dalam keterangan pers.

Produksi rekaman lagu ini sendiri jauh berbeda dengan proses rekaman di lagu-lagu lain dalam Let Me Begin yang diakui Themilo “rada chaos tapi hakiki. Lagu tersebut direkam dengan keadaan lebih layak dibanding trek-trek lain album tersebut yang dilakukan sembari bergadang ditemani rasa kantuk sekaligus tidur pulas sang operator rekaman. Alhasil Ajie dan lainnya harus mengurusi diri mereka sendiri selama rekaman. “Jadi saya kerap harus ngegantiin posisi operator studio, harus ngatur channel kompresor/limiter, pencet sana pencet sini,” kenang Ajie.

Lagu “Finally, Home!” ditulis oleh Ajie Gergaji, berikut dengan lirik patah hati yang bercerita tentang seseorang pria yang mempunyai hubungan BFF (best friend forever) dengan seorang perempuan, namun mendapat kabar bahwa dia akan melangsungkan pernikahan dengan temannya.

Versi baru “Finally, Home!” ini jauh lebih baik dan berbeda dibanding versi kasetnya terdahulu. Lagu tersebut sudah di-mastering oleh Themilo dan Loeloe, teknisi sound andalan mereka. Rilis ulang lagu ini juga sebagian dari berbagai rencana Themilo ke depan. “Kami lagi berkolaborasi dengan Dive Collate, lalu berencana merilis album mini split dengan band shoegaze lawas dari US, dan pelan- pelan membuat materi baru untuk tahun depan. Doakan!” tutup Ajie Gergaji yang juga di Silverglaze dan beberapa proyek lagu bersama Alexandra J. Wuisan (Sieve, Gergasi Api).

Teks: Abyan Nabilio
Visual: Arsip dari Themilo

Cara Retlehs Tuangkan Keresahan Sang Pembetot Bas

Retlehs (nama yang cukup njelimet untuk dieja dan disebutkan) telah merilis sebuah nomor dengan judul “Matahari” pada Senin (29/11) dengan bantuan Sinjitos Collective. Lirik dari nomor tersebut diangkat dari masalah...

Keep Reading

Libido Bermusik Muto dalam EP Debut

“Dalam proses penciptaan lagu-lagu Muto, kata ‘yeah yeah yeah‘ juga merupakan ekspresi kepuasan mereka terhadap lagu-lagu yang mereka ciptakan; seperti merasakan nikmatnya masturbasi,” jelas keterangan pers yang dikirimkan Muto mengenai...

Keep Reading

Urban Sneaker Society Akhirnya Kembali Secara Luring

Kabar gembira bagi para fesyen enthusiast, Urban Sneaker Society 2021, event Sneakers tahunan yang diadakan USS Networks sejak 2017, kembali hadir secara offline di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal...

Keep Reading

Nuansa Abad Pertengahan Progresif di Karya Baru Tara Sivach

Tara Sivach merupakan seorang solois asal Jakarta yang mencoba masuk dalam ranah goth. Dengan nuansa abad pertengahan kelam khas gotik yang dicampur dengan rok semiprogresif dan gaya vokal klasik, ia mencoba...

Keep Reading