Themilo Rilis Ulang B-side dalam Format Digital

Themilo belum lama ini merilis ulang salah satu b-side mereka yang berjudul “Finally, Home!” dalam format digital. Ini merupakan rangkaian usaha Anoa Records untuk mengais kembali karya-karya sampingan band Bandung cukup berumur tersebut yang masih berserakan dan belum dirilis secara resmi.

“Finally, Home! (Remastered 2021)” sebelumnya adalah salah satu bonus track dari album Let Me Begin (Repackaged) yang dirilis pada 2002. Lagu ini sendiri juga merekam jejak Themilo ketika itu yang setelah sukses merilis album pertama Let Me Begin pada 2001, harus mengalami perubahan personel.

“Ketika itu Coro, drummer pertama Themilo harus mundur dan digantikan Budi Cilsen, dan Hendi Unyil masuk sebagai kibordis,” kata sang pentolan, Ajie Gergaji, dalam keterangan pers.

Produksi rekaman lagu ini sendiri jauh berbeda dengan proses rekaman di lagu-lagu lain dalam Let Me Begin yang diakui Themilo “rada chaos tapi hakiki. Lagu tersebut direkam dengan keadaan lebih layak dibanding trek-trek lain album tersebut yang dilakukan sembari bergadang ditemani rasa kantuk sekaligus tidur pulas sang operator rekaman. Alhasil Ajie dan lainnya harus mengurusi diri mereka sendiri selama rekaman. “Jadi saya kerap harus ngegantiin posisi operator studio, harus ngatur channel kompresor/limiter, pencet sana pencet sini,” kenang Ajie.

Lagu “Finally, Home!” ditulis oleh Ajie Gergaji, berikut dengan lirik patah hati yang bercerita tentang seseorang pria yang mempunyai hubungan BFF (best friend forever) dengan seorang perempuan, namun mendapat kabar bahwa dia akan melangsungkan pernikahan dengan temannya.

Versi baru “Finally, Home!” ini jauh lebih baik dan berbeda dibanding versi kasetnya terdahulu. Lagu tersebut sudah di-mastering oleh Themilo dan Loeloe, teknisi sound andalan mereka. Rilis ulang lagu ini juga sebagian dari berbagai rencana Themilo ke depan. “Kami lagi berkolaborasi dengan Dive Collate, lalu berencana merilis album mini split dengan band shoegaze lawas dari US, dan pelan- pelan membuat materi baru untuk tahun depan. Doakan!” tutup Ajie Gergaji yang juga di Silverglaze dan beberapa proyek lagu bersama Alexandra J. Wuisan (Sieve, Gergasi Api).

Teks: Abyan Nabilio
Visual: Arsip dari Themilo

Scaller Meneruskan Perjalanan Dalam "Noises & Clarity"

Album yang ditunggu-tunggu akhirnya resmi dirilis. Adalah “Noises & Clarity” yang merupakan album studio kedua Scaller yang dirilis melalui Golden Robot Records & Archangel Records (23/09). Album ini diproduksi sendiri...

Keep Reading

Merayakan Festival Industri Kreatif Tahunan Selama Tiga Pekan

M Bloc Fest merupakan festival industri kreatif tahunan yang kali ini menampilkan beberapa bidang seperti musik, seni, desain dan literatur yang diadakan oleh M Bloc Entertainment. Ajang ini sekaligus merayakan...

Keep Reading

Album Naif Bocor?!

Dan terjadi lagi.. Ya, terjadi lagi kabar yang cukup mengejutkan: album dibocorkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini datang dari unggahan instastory mantan drummer Naif, Pepeng, yang menuliskan...

Keep Reading

Teror Dari Tore Up

Memasuki 2022, satuan Violent/Chaotic Hardcore yang tergabung dalam Tore Up melepas peringatan dalam bentuk 2 track tergelapnya. Adalah “Drowning” dan “Nothingness” yang menjadi semacam perkenalan sekaligus awal perjalanan mereka mengarungi...

Keep Reading