Themilo Rangkum Perjalanannya di Nomor "Flow"

Dua dekade berlalu dan Themilo tetap berjalan dengan syahdu. Pada akhir Juli 2022, unit shoegaze dari Bandung yang berdiri sejak 1996 ini baru saja merilis single terbaru mereka berjudul “Flow”. Dirilis digital oleh Anoa Records, lagu instrumental ini menghadirkan kehangatan dari tekstur sonik Themilo yang menghanyutkan.

“Lagu menjadi sebuah refleksi bagi kami yang tetap mengalir meski banyak riak dalam perjalanan kami sebagai sebuah band,” kata Ajie Gergaji, vokalis dan gitaris Themilo dalam keterangan pers.

Berbagai riak yang dialami Themilo tak hanya soal pandemi, tetapi soal bagaimana Themilo menyisakan tiga personil yakni Upik (gitaris) dan Budi Krucil (drummer). Mereka bertiga menjaga antusiasme bermusik agar tetap menyala dan menyenangkan.

“Themilo sendiri memang berdiri dari satu hal, kesenangan. Flow bercerita tentang perjalanan Themilo sampai hari ini. Pergantian personel, suka duka yang terjadi mengiringi perjalanannya. Hey, Shit Happens but Life Goes On, dude. Tinggalkan yang sudah berlalu mari kita tatap masa depan dengan positif,” jelasnya lagi.

Seperti dari sebuah kegiatan hobi semata dan tidak pernah berpikir untuk nyemplung serius dalam industri musik. Upik pun menambahkan Themilo berusaha untuk tetap konsisten berkarya meski pekerjaan dan keluarga dari tiap personil seringkali menjadi tantangan tersendiri.

“pencapaian terbesar sebenarnya dengan semua lika likunya. antusiasme kami dalam bermusik masih tetap seperti dahulu kala,” kata Upik.

Flow adalah satu bentuk apresiasi mereka tak hanya untuk energi mereka, tetapi juga penggemar setia Themilo dan juga yang baru mengenal musik mereka. Panggung mereka paska pandemi adalah IDGAF 2022 dimana mereka termasuk dari lima besar band paling banyak ditonton streaming di kanal Youtube IDGAF 2022. Rangkaian manggung pun terusbermunculan baik di Jakarta dan Bandung. Themilo sendiri memang sedang berupaya mendata dan menghidupkan kembali basis-basis pendengar setia kami untuk melakukan tur musik.

“Kami ingin sih dan rindu manggung diluar Jawa atau kota-kota lain,” kata Ajie.

Kabar terkini Themilo tetap aktif dan baik-baik saja. Mereka mulai bersiasat untuk materi- materi baru dan kolaborasi lainnya.

“kami sedang terus mengerjakan materi materi terbaru. Kemudian baru saja merampungkan split E.P bersama band shoegaze lawas dari US yang akan dirilis oleh label rekaman Anoa Records,” ungkap Ajie.

Visual: Arsip dari Anoa Records

SKJ'94 Kembali Menghentak Lantai Dansa

Penamaan genre musik rasanya sudah menjadi hal umum sekarang ini. Sama seperti grup musik yang pernah mewarnai hiruk pikuk industri musik Indonesia era 2000 awal yang mengkategorikan musiknya sendiri ke...

Keep Reading

Interpretasi Pendewasaan Bagi Prince Of Mercy

Terbentuk sejak 2011 silam di kota Palu, Prince Of Mercy lahir dengan membawa warna Pop Punk. Digawangi oleh Agri Sentanu (Bass), Abdul Kadir (Drum), Taufik Wahyudi (Gitar), dan Sadam Lilulembah...

Keep Reading

Kembali Dengan Single Experimental Setelah Setahun Beristirahat

Setelah dilanda pandemi covid-19, tahun 2023 sudah semestinya menjadi momentum bagi seluruh rakyat Indonesia untuk berpesta dan bersuka ria. Di sinilah momen ketika Alien Child kembali hadir dan menjadi yang...

Keep Reading

Luapan Emosi Cito Gakso Dalam "Punk Galore"

Setelah sukses dengan MS. MONDAINE dan BETTER DAYZ yang makin memantapkan karakter Cito Gakso sebagai seorang rapper, belum lama ini ia kembali merilis single terbarunya yang berjudul PUNK GALORE yang single ke-3...

Keep Reading