Themilo Persembahkan Romantic Purple dalam 4 Versi Berbeda

Barangkali, bagi pendengar setia Themilo, nomor “Romantic Purple” memiliki memori tersendiri. Lagu bernuansa shoegaze dream pop ini terangkum di side B album Let Me Begin, yang menjadi single utama ketika itu, bersama lagu Malaikat.

Dua puluh tahun berselang sejak dirilis resmi di album tersebut, baru baru ini (02/4) Anoa Records merilis album mini bertitel Romantic Purple EP dalam format kaset dan digital. Berisikan empat lagu berjudul sama, yaitu “Romantic Purple” namun dengan versi yang berbeda. Mulai dari versi demo version, remix Homogenic, hingga versi live yang berbeda aransemennya.

Menurut keterangan yang diterima, bagi Ajie Gergaji sendiri, lagu “Romantic Purple” menjadi jejak terawal bagi Themilo dalam menyusuri karakter sonik mereka. Ia masih ingat, lagu “Romantic Purple” (demo version) direkam di kamar pribadinya di Geger Kalong, Bandung. Semua instrumen direkam dikamarnya, dan drum digambar memakai program di komputernya. Inspirasi lirik lagu ini berangkat dari pengalaman personal Ajie yang bertalian dengan hubungan jarak jauh dengan orang terdekatnya.

“Yah, masa pencarian jati diri dan juga sedang dalam fase cinta cintaan. ngecengin cewek yang jauh dari kota tempat tinggal,” ungkap Ajie. Lebih jauh Adjie juga mengatakan tentang judul lagu tersebut yang ternyata “inspirasinya dari lampu UV (Ultra Violet) di kamar saya, warna cahayanya UV itu kan purple. Itu saja sih, sederhana yah, tapi malah jadi lebih personal,” katanya.

 

Romantic Purple pun saat album Let Me Begin ini dirilis, turut dibuatkan video klipnya. Suki, mantan basis Themilo yang kini menjadi gitaris band indierock Sugarsting, masih mengingat proses produksi video klip tersebut. Mereka dikontak oleh para mahasiswa UI ketika itu, Yosa dan Iba Bajumi. “Mereka ingin bikin video klip Romantic Purple, yah kita oke saja,” kata Suki.

Tapi hal paling teringat oleh Suki adalah betapa lamanya mereka harus menunggu syuting untuk dimulai. Seharian syuting di area kampus UI di tengah hari. ”Dulu tuh kita nunggu lama banget, nggak tau kenapa penyebabnya, apa karena pertama kali terlibat di produksi, atau memang crew produksinya masih baru. Tapi seru sih,” tambahnya.

Sekelar syuting, mereka menginap di rumah Iba Bajumi, dan kemudian pulang ke Bandung. Videoklip ini sendiri mendapat frekuensi tayang yang cukup tinggi di MTV Indonesia ketika itu.

Lagu ini pun juga diremix oleh Homogenic dan hadir di dalam album kompilasi b-sides and remixes Themilo, Wasted Parts.

Romantic Purple adalah jejak eksplorasi musik Themilo, yang kelak berujung pada album kedua Photograph yang dreampop.

“lagu ini bisa disebut sebagai jembatan menuju eksplorasi musik kami ketika itu, dan kemudian bermuara di Photograph,” tutup Ajie.

Editor: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Anoa Records

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading