The Sun Goes Down yang Terus Bersinar

Rasa-rasanya beberapa tahun belakangan warna musik emo mulai bangkit lagi dari tidur panjangnya. Hal ini tentu saja bisa dilihat dari banyaknya nama-nama baru yang terus bermunculan, nama lama juga tak mau kalah pastinya. Intinya, mereka semua ingin mengembalikan masa kejayaan dari warna musik ini di kancah Indonesia. Di masa pandemi seperti sekarang ini memang ada baiknya untuk terus berinovasi dan berkarya, ya biar imun tubuh menjadi kuat katanya hehe. Gak kok, alasannya untuk memberikan banyak harapan dan kegiatan positif ke banyak orang.

Dan lagi, karena tidak adanya acara-acara, para musisi bisa lebih fokus lagi untuk memperbanyak karyanya. Satu dari sekian banyak nama yang baru saja merilis karya adalah The Sun Goes Down. Mereka adalah unit emo/rock yang berasal dari Jawa Timur, sudah terbentuk sejak tahun 2017 silam, beranggotakan Krisno (vocal), Dhani (guitar), Farusma (bass), dan Winaldy (drum) pun sempat memutuskan untuk rehat sejenak dan mulai kembali bermusik pada awal tahun 2019. Tercatat mereka sudah mengantongi beberapa single seperti “Poison”, “Brighter Day”, dan “Our Heart”.

Sepertinya mereka memang lagi semangat-semangatnya nih, selepas merilis single “Out Heart” yang baru saja dirilis pada tanggal 12 Oktober kemarin, mereka pun kembali menggeber dengan single berjudul “Querencia”. Ngomong-ngomong soal rilis merilis, band ini pada awalnya sudah menargetkan segala keperluan untuk mengeluarkan debut albumnya yang berisikan 10 lagu di tahun ini. Namun, kondisi ternyata berkata lain, dengan adanya pandemi yang belum saja usai hingga saat ini, akibatnya album tersebut harus ditunda dulu. Untuk mengakali kondisi yang ada, mereka pun merilis satu per satu single yang ada di luar album itu, dimulai dari single “Brighter Days”, dan 4 bulan berikutnya merilis single “Our Heart” yang akan masuk di album perdananya nanti.

Bertolak belakang dengan nama yang diusung, mereka sepertinya malah semakin bersinar dari hari ke hari. Buktinya bisa ditengok dengan rilisnya single baru lagi belum lama ini. Masih salah satu lagu yang akan masuk di dalam album debutnya nanti, The Sun Goes Down kini merilis “Querencia” sebagai karya andalan mereka berikutnya. Lagu yang berkisah tentang suatu kondisi di mana saat keadaan seseorang yang menjadi tenang, aman, dan nyaman. Semua masalah seperti tidak pernah menghinggapi, dan selalu merasa tak takut dan dinilai jelek oleh orang lain. Harapannya bagi siapa saja yang mendengar adalah lagu ini bisa menjadi sosok, kumpulan orang, tempat, suasana dan lainnya, bergantung kepada subjek yang memaknainya.

“Lewat Querencia, The Sun Goes Down berharap kamu mampu mengingat orang- orang berharga seperti temanmu, saudaramu, dan siapapun itu yang mengingatkanmu akan ‘rumah’. Lagu ini juga dimaksudkan sebagai bentuk terima kasih dan rasa syukur atas adanya orang-orang hebat di sekeliling selama ini yang tersampaikan lewat lirik “people who’ll always heal the hurts and attach my missing parts”. Dalam penggarapan lagu tersebut, lirik ditulis oleh Krisno dan dibantu oleh beberapa teman, sementara ketiga personel lainnya menggarap aransemen. Komposisi lagu Querencia sangat beragam. Mulai dari lead guitar yang khas, serta sedikit sentuhan orchestra dan tak luput di akhir lagu terdapat saxophone untuk menambahkan mood ballad dalam lagu tersebut.” Tutur mereka.

Pada project selanjutnya, The Sun Goes Down berencana akan melanjutkan jadwal perilisan debut album penuhnya, beberapa videoklip, sampai dengan proyek musik lainnya yang telah dipersiapkan mulai sekarang. “Tahun depan kita sudah siap untuk mengeluarkan semua karya kita.” Terang mereka lagi.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari The Sun Goes Down

Fragmen Keinginan sheisjo di Nomor "OOE"

Solis asal Jakarta Chika Putri Bagaskara dengan moniker sheisjo telah melepas materi lagu berikutnya yang bertajuk “OOE” (15/08). Sedikit berbeda dari tiga single sebelumnya yang memiliki sound acoustic, “OOE” diracik...

Keep Reading

Inspirasi Film di Materi Teranyar Eastcape

Tahun 2021 lalu menjadi tahun yang bisa dibilang ‘manis’ bagi Eastcape karena di tahun tersebut mereka resmi memperkenalkan dirinya di kancah industri musik dengan menelurkan sebuah single dan Split EP...

Keep Reading

Bersama Ello dan Virzha, Dewa19 Rilis Ulang Materi Lama "Still I’m Sure We’ll Love Again"

Dewa19 melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka dalam format baru. Kali ini, mereka merilis “Still I’m Sure We’ll Love Again”, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal...

Keep Reading

Langkah Berikutnya dari Bilal Indrajaya

Usai melepas beberapa materi singel dan album mini Purnama (2019) solis dari Jakarta, Bilal Indrajaya, akhirnya melanjutkan perjalanannya dengan meluncurkan karya terbarunya bertajuk “Saujana” lewat label rekaman legendaris yang kini...

Keep Reading