The Sailors Secara Resmi Perkenalkan "No Escape"

Unit surf asal Yogyakarta, The Sailors, baru saja memperkenalkan lagu baru mereka yang berjudul “No Escape“. Lagu tersebut mereka mainkan melalui sebuah sesi live yang dibuat dengan bantuan Melodia Musik cabang kota mereka.

“No Escape” menandai lagu pertama mereka yang sedikit dikebut (biarpun tidak banyak) setelah beberapa single terakhir (yang setidaknya dirilis secara digital) lebih mengarah pada Beach Boys dibanding Dick Dale. “Golden Hours” dan “Wanderer Rhapsody” yang dirilis tahun lalu lebih mendayu dibanding nomor andalan mereka tahun 2017, “Bandeng Presto”. Apa lagi hasil kolaborasi terakhir mereka dengan Illona Acintya (Illona and The Soul Project), “Jeda”. Lagu tersebut dipenuhi alunan gitar akustik khas folk di sepanjang lagu.

“Sudah tua,” jelas sang frontman, Pradana Samara (Dana), soal alasannya membuat musik pelan saat ditanyai tahun lalu. “Sudah enggak kuat ngebut-ngebut.”

Di lagu ini,  dan Dana kawan-kawan mengeksplorasi sisi eksotis dari nuansa surf yang biasa mereka mainkan. “Bandeng Presto” memanfaatkan progresi sederhana yang tidak jauh 1-4-5 standar rock and roll diperkaya kemampuan kedua gitaris yang mumpuni. Di sisi lain,”No Escape” lebih memberi nuansa minor usoundtrack film koboy macam The Good, the Bad, and the Ugly atau lagu “House of the Rising Sun” milik The Animals bercampur mariachi.

Tremolo picking dicampur sound reverb pegas khas surf bertebar di sepanjang lagu, hasil paduan tangan-tangan terampil Dana dan rekan setianya di The Sailors, Jascha Benny. Dana juga menambahkan sedikit perpindahan akor diminished setelah solonya sebelum bergantian dengan Benny.

Di sesi live bersama Melodia Musik ini, The Sailors dibantu oleh Fakhriyan Ardyanto (drummer additional Grrrl Gang) dan Zikri Aufarrahman untuk memainkan drum dan bass secara berturut-turut.

“No Escape” akan menjadi bagian dari album mini The Sailors yang rencananya rilis tahun depan.

“Nantinya, live session ini menjadi sebuah ‘Assalamuallaikum’ bagi The Sailors untuk membuat
EP. Sebenarnya, lagu-lagu yang ada di EP adalah segala lagu-lagu yang menumpuk di
harddisk-ku dalam waktu yang sangat lama,” jelas Dana dalam siar pers.

Teks:Abyan Nabilio
Visual: Arsip dari The Sailors

Mari Rayakan Akhir Pekan Di M Bloc Fest 2022

M Bloc Space merayakan ulang tahunnya yang ke-3 dengan membuat beragam keriaan: The Writers Festival (24 – 25 September), M Bloc Music Week (25 September – 2 Oktober), Pasar Wastra...

Keep Reading

Sad But True Menggurat Kisah Sedih

Kuartet Sad But True, unit heavy pop-punk, kini solid digawangi oleh Anisham (vokal), Hery (Gitar), Ryan Fakk (Bass), dan Kicot (Drum) tidak ingin berlama-lama untuk menjadi pasif. Langkah konkret yang...

Keep Reading

Persembahan Dhira Bongs Pasca Pandemi

Dhira Bongs, solois pop asal Bandung yang makin melebarkan gaung dengan merilis album studio baru bertajuk A Tiny Bit of Gold in The Dark Ocean. Album penuh ketiga setelah My...

Keep Reading

Kejutan Dari Bas Boi Yang Menggandeng Feel Koplo

Melangkah tanpa henti, Basboi kembali merilis materi yang sudah beberapa kali iya bawakan sebagai kejutan di konser-konsernya berjudul U DA BEST. Sebelumnya, solois ini sukses menggelar tur albumnya di enam...

Keep Reading