The Jeblogs Ajak Beberapa Tokoh Refleksikan Diri Melalui Klip "Bonjour"

Bonjour” merupakan nomor tunggal dari The Jeblogs yang dirilis akhir tahun lalu. Kamis (5/8) lalu, kuartet rock tanggung (begitu mereka melabeli diri) asal Klaten, Jawa Tengah, ini meluncurkan sebuah klip video untuk menemani lagunya tersebut.

Dalam klip tersebut, Amir (vokal), Valen Mahoni (gitar), Ryan (bass), dan Dani (drum) mengajak puluhan rekan mereka untuk merefleksikan diri di depan cermin. Mereka mengajak beberapa orang untuk duduk di depan cermin selama 10 hingga 15 menit dan mengungkapkan apa yang mereka dapatkan setelah bercermin. Salama proses tersebut, The Jeblogs pun mendapatkan berbagai ekspresi. Beberapa berakhir dengan mata berkaca-kaca, ada yang membuka baju, beberapa merenung, dan beberapa tersenyum penuh harapan.

“Musik video ini melibatkan teman-teman yang ada di sekitar kami. Kami mengajak mereka untuk menghadapi dirinya sendiri di depan cermin. Segala gerak, kejadian, dan ekspresi adalah bentuk tanggapan mereka atas dirinya sendiri. Ingatan-ingatan atas proses diri serta wujud menerima kenyataan hari ini,” jelas Amir dan kawan-kawan di awal video.

Beberapa wajah yang muncul mungkin akan dikenal sebagian pendengar. Farid Stevy dari FSTVLST terlihat sedang memerhatikan lengannya. Ada juga rapper sekampung halaman, Trigga Coca (Bucex Yuan) pun terlihat membuka topinya sebelum merenungi dirinya di depan cermin. Selain itu, pasangan penggagas Lokal Jajan (wadah yang mendukung kancah musik dan seni Klaten), Lusiana Leksana dan Andreas Leksana juga muncul dalam klip.

Video lalu ditutup Amir menyanyikan bagian akhir dari “Bonjour” sembari menghisap sebatang rokok.

“Biasanya melihat cermin untuk memeriksa diri yang tampak dari luar, sudah oke belum? Sudah baik belum? Ketika dilihat lebih dalam, pertanyaannya masih sama, tapi bukan lagi soal penampilan, melainkan tentang apa yang ada di dalam diri. Lalu mengingat, ini mungkin sudah separuh jalan, atau sudah di ujung jalan, dan memastikan sisa waktunya untuk memperbaiki. Sempat mencoba lama memejamkan mata, dan ternyata ada cermin juga di sana, lebih besar, lebih terang. Sepertinya aku masih tahan melakukan ini sampai setengah jam lagi,” tutur Farid Stevy tentang pengerjaan bagiannya di video ini seperti tertulis dalam siar pers The Jeblogs.

“Bonjour” bukanlah karya pertama The Jeblogs. Sebelumnya, band yang terbentuk pada 2016 ini telah merilis sebuah album mini. “Aku Ada”, “Apa Yang”, “Mesin Waktu,” dan “Berantakan” mereka kemas dalam sebuah kompilasi self-titled yang dirilis pada 2018. Judul terakhir merupakan lagu debut yang sudah dirilis satu tahun sebelumnya.

Teks:Abyan Nabilio
Visual: Arsip dari The Jeblogs

Tambah Line Up, Hammersonic Siap Hadirkan 53 Band Metal dan Rock Dunia!

Setelah mengalami beberapa kali penundaan, festival musik metal raksasa Hammersonic akhirnya dipastikan siap digelar pada awal tahun 2023. Sebelumnya salah satu headliner yakni Slipknot telah mengumumkan konfirmasi lewat unggahan twitter...

Keep Reading

Kolaborasi Selanjutnya Antara Yellow Claw dan Weird Genius

Duo Belanda Yellow Claw kembali berkolaborasi dengan Weird Genius mengusung lagu baru bertajuk ‘Lonely’ bersama finalis Indonesian Idol Novia Bachmid. Weird Genius dan Yellow Claw sebelumnya pernah berkolaborasi di lagu...

Keep Reading

Reruntuhan Akhir Dunia di Album Keempat Extreme Decay

Usai melepas beberapa materi pemanasan menuju album barunya, unit Grindcore kota Malang, Extreme Decay, akhirnya secara resmi melepas album keempatnya pada 29 April 2022 lalu yang diberi tajuk Downfall Of...

Keep Reading

KIAMAT Bagi Rekah di Album Perdananya

Sejak kemunculannya di medio 2015 lalu, unit skramz/blackgaze Rekah sudah mencuri perhatian dengan materi-materi musiknya. Tujuh tahun berlalu, bertepatan dengan Hari Buruh Internasional yang jatuh di awal Mei 2022 lalu,...

Keep Reading