Salah satu eksperimen yang dilakukan oleh Siasat Partikelir di The Other Festival yang diselenggarakan di Hotel Monopoli, Jakarta Selatan pada 2-4 November 2018 adalah The Bedroom Gigs.

Future Folk, salah satu kolektif yang berpartisipasi di festival ini, menyulap dua buah ruang meeting menjadi ruangan pertunjukan yang hanya memuat sekitar empat puluh orang. Ruth Marbun, seorang seniman visual yang berbasis di Jakarta, menjadi desainer panggung. Felix Dass, memilih lima orang musisi yang diminta untuk bercerita tentang awal mula karir musik mereka dalam suasana yang intim; Reda Gaudiamo, Rayssa Dynta, Ricky Virgana, Ade Paloh dan Endah Widiastuti. Ada dua bonus penampilan hari itu, Sir Dandy dan Iksan Skuter.

Masing-masing musisi diminta untuk bercerita tentang bagaimana kecintaan mereka pada musik dimulai. Termasuk di dalamnya, kisah-kisah inspirasi yang menjadi acuan di awal kisah mereka dengan musik.

Eksperimen ini berhasil, rekaman berhasil dilakukan dengan baik. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, akan tayang di Siasat Partikelir TV yang sedang dirancang.

Sembari menunggu, silakan cek beberapa gambar dari tujuh buah pertunjukan yang jadi rangkaian The Bedroom Gigs Season 01. (*)

Foto: Yose Riandi/ Ruth Marbun