Tentang Syukur dan Hidup yang Tak Tertebak di Lagu Terbaru Alahad

Beranjak menjadi solis, Alahad, moniker dari Billy Saleh yang sebelumnya dikenal sebagai gitaris dari band rock-alternative Polka Wars akhirnya kembali melanjutkan perjalanannya. Kali ini ia melepas sebuah nomor tunggal teranyar bertitel “Taman Anak-Anak” pada Ahad (8/5) lalu. Lagu ini juga menjadi single ke-tiga dari Alahad setelah “Sisa Wangi” dan “Pondok Labuh” yang turut dilepas sebagai single sebelumnya.

Menurut Alahad, nomor “Taman Anak-Anak” merupakan respon nya terhadap kehidupan yang kerap tak tertebak. Lebih jauh, ia pun menyadari tindakan yang perlu diambil adalah menjalaninya dengan penuh syukur dan cinta.

“Lagu ini lebih tentang gimana gue menyikapi segala hal yang tidak tertebak dalam hidup. Melakukan tindakan yang sebagaimana mestinya ketika hati penuh syukur dan cinta. Toh sesungguhnya sebagai manusia kita tidak pernah kekurangan dan kehilangan apapun.”, jelas Billy Saleh tentang “Taman Anak-Anak.”

Kabarnya lagu ini juga merupakan salah satu dari kumpulan materi lagu Alahad yang tengah dipersiapkan untuk menjadi sebuah album, yang rencana rilisnya masih dirahasiakan.

“Gue lagi persiapin album, cuman nggak buru-buru karena juga sedang di tengah kesibukan kerjaan dan juga gue lagi ngebantuin salah satu band juga sebagai produser. Mudah-mudahan bisa segera dirilis nanti.”, ujar Billy mengenai album Alahad.

Di wilayah proses, Billy pun turut mengajak serta beberapa nama yang tidak asing lagi di telinga para pecinta musik Indonesia. Seperti Lafa Pratomo yang sebelumnya dikenal sebagai produser dari Danilla dan juga baru-baru ini menjadi produser dari album Iwan Fals menduduki kursi produser Taman Anak-Anak, dan juga turut mengisi Bass dan Programming.

Selain Lafa, Billy pun mengajak Talitha Mailangkay, drummer dari band rock Zirah mengisi suara pada vokal latar. Ildo Hasman, drummer dari band rock pulang kantor Perunggu menjadi penggebuk drum. Otta Tarega yang juga berperan di album terbaru Danilla turut mengisi piano elektrik.

Sedangkan untuk produksi, “Taman Anak-Anak” direkam oleh Eko Sakti Oktavianto di Ruang Waktu Music dan Wendi Arintyo di ALS Studio. Mixing dan Mastering lagu ini juga dikerjakan oleh Lafa Pratomo.

Dari segi visual untuk artwork, Billy mempercayakan kepada fotografer Yogi Kusuma sebagai kreator. Sisi tidak tertebak dan eksplorasi dari Yogi menjadi alasan Billy dalam mempercayakan Yogi untuk merespon lagu “Taman Anak-Anak”

Sebagai informasi, Alahad sendiri merupakan sebuah nama pemberian dari Ade Paloh (SORE) yang diambil dari bahasa Arab, Ibnu Al-Ahad, yang berarti putra hari Minggu. Nama yang kemudian diringkas olehnya menjadi Alahad. Dari nama ini tergambar tentang cerita soal kegelisahan dan kegusaran dirinya terhadap hari Minggu.

Lama bergelut di industri musik, rupanya tak membuat Billy Saleh puas begitu saja. Setelah lama malang melintang bersama grup terdahulunya Polka Wars, kini dirinya mencoba untuk mengeksplorasi banyak hal baru dengan moniker Alahad ini. Sisi ini adalah sebuah medium dari dirinya untuk lebih memperlihatkan sisi personal yang mungkin tidak akan dilihat di manapun.

KIni nomor “Taman Anak-Anak” sudah bisa kalian dengarkan di berbagai kanal streaming digital. Selamat mendengarkan.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Alahad

Kolaborasi Selanjutnya Antara Yellow Claw dan Weird Genius

Duo Belanda Yellow Claw kembali berkolaborasi dengan Weird Genius mengusung lagu baru bertajuk ‘Lonely’ bersama finalis Indonesian Idol Novia Bachmid. Weird Genius dan Yellow Claw sebelumnya pernah berkolaborasi di lagu...

Keep Reading

Reruntuhan Akhir Dunia di Album Keempat Extreme Decay

Usai melepas beberapa materi pemanasan menuju album barunya, unit Grindcore kota Malang, Extreme Decay, akhirnya secara resmi melepas album keempatnya pada 29 April 2022 lalu yang diberi tajuk Downfall Of...

Keep Reading

KIAMAT Bagi Rekah di Album Perdananya

Sejak kemunculannya di medio 2015 lalu, unit skramz/blackgaze Rekah sudah mencuri perhatian dengan materi-materi musiknya. Tujuh tahun berlalu, bertepatan dengan Hari Buruh Internasional yang jatuh di awal Mei 2022 lalu,...

Keep Reading

Indra7 Lepas Gabriel EP Lewat Dead Pepaya

Di kancah musik elektronik, nama Indra Asikin Isa atau yang lebih akrab disapa Indra7 tentu tak bakal asing di telinga kita. Perjalanannya merentang panjang. Jejaknya bisa kita simak diberbagai medium...

Keep Reading