Tentang Kata Tenang oleh Sivia Melalui Single ‘Serene’

Selang satu tahun setelah melahirkan album perdananya, dan merayakan ‘Are You My Valentine?’ sebagai hadiah ulang tahun yang ke-24, Sivia kini kembali membagikan pengalamannya yang ia rasakan melalui single terbarunya yang berjudul ‘Serene’ yang dirilis pada tanggal 18 Juni 2021. Single ‘Serene’ merupakan perilisan single kedua yang juga sebagai rangkaian perjalanan menuju mini album Sivia yang akan datang.

Setelah mengangkat tema proses pendewasaan melalui album sebelumnya. Kini Sivia mencoba membagikan pesan akan rasa tenang yang ia miliki kepada para pendengarnya melalui ‘Serene’ sebagai karya terbarunya. Sebagaimana ‘Serene’ diartikan sebagai ketenangan yang seseorang kerap rasakan sesaat setelah hujan, dan hujan; ia tunjukan sebagai potret akan seseorang yang mampu memberikannya sebuah rasa tenang.

Jauh mengenai single ‘Serene’. Senandung ‘Serene’ merupakan bentuk pandangannya tentang bagaimana jatuh hati bukan hanya sebuah proses yang menyenangkan, tetapi juga banyak waktu yang menimbulkan banyak tanya. Bagi Sivia, fase tersebut bukan hanya ada pada saat patah, tetapi juga saat jatuh hati sekalipun. Dan berkat ketenangan yang dirasakan, pertanyaan bukan lagi menjadi sebuah perkara yang harus dilalui.

Menilik lagi kepada karya-karya sebelumnya, single ‘Serene’ juga merupakan sebuah karya yang dekat dengan pengalaman Sivia pribadi. Melalui lagu ‘Serene’ ini, Sivia ingin membagikan rasa tenang yang ia miliki beserta sebongkah pengalamannya dalam memahami rasa cukup.

“Lagu ini menceritakan tentang ketenangan ketika kita bersama seseorang, lalu secara sadar kita tahu bahwa kita ada di fase di mana semuanya terasa cukup, dan kita nggak punya celah untuk bertanya-tanya lagi. Aku rasa, lagu ini juga menceritakan tentang bentuk lain dari jatuh cinta.” Jelasnya melalui siaran pers.

Melalui ‘Serene’, pendengar akan dimanjakan oleh nuansa sentimental yang dibangun dengan iringan strings dan turut memberikan kesan dramatis pada lagu ini. Dalam lagu ini pula, Sivia tengah menyajikan bentuk ketenangan dengan suasana yang berbeda untuk para pendengarnya.

Setelah melakukan eksplorasi musik di album sebelumnya, Sivia kembali mengawinkan hal-hal baru melalui single terbarunya ini. Di luar ia dibesarkan dari paduan suara (choir) selama bermusik, Sivia kembali mengikutsertakan choir pada single terbarunya yang mampu menciptakan sebuah harmonisasi yang bersinergi seperti di karya-karya sebelumnya.

“Aku senang banget karena bisa bereksperimen di musikku, seperti bisa pakai strings di lagu ini. Aku merasa, ada suasana baru yang bisa terciptakan melalui strings. Meski pun agak tricky, Wisnu bisa mewujudkan apa yang ada di kepalaku di lagu ini.” tuturnya.

Dalam proses pembuatan single ini sendiri, Sivia kembali berkolaborasi dengan Iwanpopo selaku produser, dan turut bekerja sama dengan Wishnu Dewanta dalam pengaplikasian aransemen strings dalam lagu ini.

 

Teks: Reza Raditya

Visual: Arsip dari Sivia

Turbokidz Merilis Album Perdana Dalam Format Compact Disc

Setelah dirilis dalam format digital pada akhir tahun 2022 lalu, Turbokidz kini menghadirkan album perdananya, Oranye, dalam format compact disc (CD).  Tersedia di pasaran mulai 25 Januari 2023 sebagai lanjutan...

Keep Reading

Endgrave Merilis Ode Bagi Jiwa Yang Tidak Pernah Tenang

Endgrave adalah band yang terbentuk pada pertengahan 2022. Semua bermula saat Singgi dan Petra meramu musik dengan mengemas riff-riff gitar yang terbilang tidak biasa. Beragam karakter mulai dari Hardcore, Deathcore,...

Keep Reading

Single Dan Formasi Terbaru Pillhs Castle

Mengubah formasi dari duo menjadi kuintet, dan sebelumnya telah merilis single ‘Moment’, Pillhs Castle yang diisi oleh Nando Septian (vokal), Torkis Waladan Lubis (gitar), Tama Ilyas (gitar), Willy Akbar (bass),...

Keep Reading

Debut Album Resign Leader

Dari Makassar, unit punk rock Resign Leader belum lama ini merilis debut album ‘Sniffing Tears For The Other Bills’. Album yang digarap cukup panjang dan serius ini berisi 12 nomor...

Keep Reading