Tentang Ego dan Kepedulian di Lagu Ketiga Milik Isvara

Kuartet alternatif pop asal Lombok, Isvara, baru-baru ini telah melepas nomor tunggal teranyarnya yang bertajuk “Kala”. Jika di single pertama dan kedua mereka menghadirkan nuansa musik balada, kali ini Isvara mencoba untuk memberikan warna berbeda, musik di lagu “Kala” terasa lebih upbeat. Jika dibandingkan dengan karya-karya sebelumnya, mungkin bisa dikatakan bagai angin segar dalam musik Isvara yang sering dilabeli band sendu.

Menurut siar pers yang kami terima, lagu “Kala” justru ini dibuat jauh lebih dulu daripada single pertama dan rencana sebelumnya akan dirilis menjadi single kedua. Karena satu dan lain hal akhirnya Kala menjadi single ketiga Isvara yang dirilis.

“Sempat berbeda pendapat soal menentukan vibes musik dan aransemen serta ditambah kesibukan masing-masing personel yang berbeda-beda menjadikan Kala sebagai lagu yang proses produksinya paling lama di antara lagu-lagu lainnya.” terang Isvara dalam siar pers.

      Baca juga: Isvara Angkat Quarter Life Crisis dalam “Ringkih”

Lagu berdurasi 4 menit lebih ini menyajikan beat yang cukup bernuansa jazzy, yang mungkin ada sedikit rasa 80’s. Masih sama seperti lagu-lagu sebelumnya, lagu ini diciptakan oleh sang gitaris, Gerha, dan dibantu oleh Ferdi Soewandi sebagai Music Director dan Music Programmer.

Dari sisi lirik sendiri, singel “Kala” banyak bercerita tentang seseorang yang selfish atau egois yang hanya mementingkan diri sendiri. Tidak peka dengan sekitar, tidak bisa membaca situasi, dan tidak pernah sadar bahwa yang dilakukan itu menyakiti sekitarnya.

“Mendahulukan ego juga penting, tapi jika dilakukan di waktu yang kurang tepat malah buat emosi. Meskipun orang-orang mulai terbiasa dengan sikap tersebut, bukan berarti itu adalah hal benar dan baik-baik saja.” jelas Isvara dalam keterangan yang sama “Mungkin orang lain sekali dua kali merasa OK dengan sikap itu, tapi kesabaran manusia terbatas, jadi suatu saat akan “meledak” juga. Intinya, pesan yang ingin disampaikan lewat “Kala” adalah sikap peduli dan peka bisa menyatukan dan memudahkan untuk sampai ke tujuan bersama. Yuk, peka dikit lah.” pungkasnya.

Kini lagu lagu “Kala” sudah tersedia diberbagai kanal pemutar musik digital. Selamat menikmati.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Isvara

Gelisah Tak Punya Uang, MRNMRS Rilis Lagu Baru

“Money” merupakan judul dari nomor terbaru MRNMRS yang dirilis pada Kamis (2/12). Dalam lagu tersebut, trio asal Bandar Lampung tersebut mencoba mengangkat situasi dunia yang membuat para musisi seperti mereka...

Keep Reading

Rock In Solo Kembali Hadir dalam Format Bebeda

Setelah beberapa tahun vakum, salah satu festival musik rock raksasa yang berbasis di Jawa Tengah, Rock In Solo, akhirnya datang lagi di bulan Desember ini. Di tengah terpaan pandemi yang...

Keep Reading

Seperangkat Alat untuk Menopang Rumah Tanggamu dari Radiohead

Radiohead telah mengumumkan sekumpulan merchandise untuk mendukung promosi album kompilasi plus plus mereka, Kid A Mnesia. Beberapa barang dagangan band asal Inggris ini lumayan bisa dijadikan kado pernikahan untuk pengantin yang...

Keep Reading

The Hauler Rawk yang Bangkit dari Reruntuhan Palu

Bicara soal musik di Kota Palu ternyata bukan lah mantan wakil wali kotanya saja. Kota tersebut juga menjadi tempat bersemayam banyak pembawa musik keras yang aktif mengeluarkan karya. Setelah sebelumnya...

Keep Reading