Takashi Murakami Rilis 300 Cetakan Karya untuk Mendukung Black Lives Matter

Takashi Murakami telah mengumpulkan dan akan merilis koleksi cetakan edisi terbatas yang mengambil inspirasi dari gerakan Black Lives Matter. Cetakan ilustrasi tersebut akan dirilis pada bulan Juli mendatang melalui aplikasi NTWRK, semua hasil dari penjualan akan disumbangkan ke beberapa organisasi  yang memperjuangkan keadilan rasial dan kesetaraan sosial di Amerika Serikat. Koleksi tersebut meliputi enam macam ilustrasi khas berwarna hitam, dengan masing-masing ilustrasi dibatasi hingga 300 cetakan. Semua desain yang ada memperlihatkan ciri ikonik dari Murakami, yaitu bunga dan tengkorak yang akan ditandatangani dan diberi nomor oleh Murakami sendiri. Hasil yang didapatkan dari penjualan akan dibagikan ke Black Lives Matter, Equal Justice Initiative, dan Color of Change. Dengan harapan besar bahwa cetakan ini bisa menembus angka $ 1 juta USD yang akan digunakan untuk kontribusi amal.

Berdasarkan contoh digital yang dibagikan oleh Murakami — karya-karyanya masih dalam proses perencanaan — dan telah disebutkan di atas, setiap cetakan akan menggunakan bunga dan tengkorak yang merupakan ciri khas dari sang seniman. Tapi jangan berharap untuk melihat warna-warna cerah yang begitu umum dan terdapat di karyanya yang lain. Sebaliknya, setiap desain akan digambarkan dalam skema warna monokrom yang lebih suram. Dia juga mengungkapkan bahwa setiap cetakan akan disaring secara silsilah sebelum diselesaikan secara individual dengan cat semprot dan ditandatangani dan diberi nomor oleh dirinya sendiri.

karya takashi murakami untuk black lives matter

“Saya telah mengatakan bahwa peran seorang seniman adalah untuk membedakan masa kini dan mengekspresikannya untuk audiens di masa depan,” Takashi Murakami berbagi. “Tetapi jika karya seni saya dapat menghasilkan perubahan apa pun di sini dan sekarang, saya ingin berkontribusi bukan hanya untuk memberi kembali tetapi untuk memberi kekuatan kepada komunitas kulit hitam yang terganggu oleh ketidakadilan rasial.”

Beberapa waktu lalu, Murakami juga terlibat kolaborasi bersama Billie Eilish dan juga UNIQLO. Hal ini merupakan kelanjutan dari kerja sama di videoklip Billie yang berjudul “You Should See Me in a Crown”. Seperti yang kita ketahui, dalam berpakaian, Billie bisa dibilang sangat fashionable dalam menuangkan ide-ide uniknya, begitu pula dengan sisi seorang Takashi Murakami sebagai seorang seniman kontemporer. Dan UNIQLO pun merealisasikan kolaborasi tersebut ke dalam sebuah video teaser yang diberi judul UNIQLO UT Billie Eilish and Takashi Murakami melalui akun Instagram dan juga YouTube milik mereka.

Bagi Billie, ini adalah kerjasama pertamanya dengan Uniqlo dan kedua kali dengan Murakami. Tetapi untuk Murakami sendiri, kerjasama dengan Uniqlo ini merupakan kolaborasi yang kedua setelah tahun 2018 kemarin, saat Murakami mendesain serangkain UT yang terinspirasi oleh manga Doraemon.

Rincian tambahan tentang rilisnya koleksi 6 cetakan tersebut, termasuk di dalamnya harga dan tanggal peluncuran, akan diumumkan dalam beberapa minggu mendatang. (Gambar yang ditampilkan di sini adalah desain maket yang dibuat secara digital.)

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip Takashi Murakami

Tambah Line Up, Hammersonic Siap Hadirkan 53 Band Metal dan Rock Dunia!

Setelah mengalami beberapa kali penundaan, festival musik metal raksasa Hammersonic akhirnya dipastikan siap digelar pada awal tahun 2023. Sebelumnya salah satu headliner yakni Slipknot telah mengumumkan konfirmasi lewat unggahan twitter...

Keep Reading

Kolaborasi Selanjutnya Antara Yellow Claw dan Weird Genius

Duo Belanda Yellow Claw kembali berkolaborasi dengan Weird Genius mengusung lagu baru bertajuk ‘Lonely’ bersama finalis Indonesian Idol Novia Bachmid. Weird Genius dan Yellow Claw sebelumnya pernah berkolaborasi di lagu...

Keep Reading

Reruntuhan Akhir Dunia di Album Keempat Extreme Decay

Usai melepas beberapa materi pemanasan menuju album barunya, unit Grindcore kota Malang, Extreme Decay, akhirnya secara resmi melepas album keempatnya pada 29 April 2022 lalu yang diberi tajuk Downfall Of...

Keep Reading

KIAMAT Bagi Rekah di Album Perdananya

Sejak kemunculannya di medio 2015 lalu, unit skramz/blackgaze Rekah sudah mencuri perhatian dengan materi-materi musiknya. Tujuh tahun berlalu, bertepatan dengan Hari Buruh Internasional yang jatuh di awal Mei 2022 lalu,...

Keep Reading