Tabur Baur: Pameran Pertemanan

Sebuah creative space baru akan mulai beroperasi di Malang pada akhir pekan ini. Namanya Backline, diambil dari jenis istilah berbagai macam alat yang menjadi penunjang aktivitas musisi di atas panggung. Tempat ini dimiliki oleh Bie Paksi dan Vania Marisca, yang beberapa waktu belakangan ini juga dikenal luas sebagai duo Wake Up Iris!.

Menurut mereka, Backline dibangun dengan visi sederhana untuk memiliki tempat yang bisa menceritakan segala macam sisi perjalanan yang telah dijalani Wake Up Iris! pada publik luas. Mereka juga ingin menjadi tuan rumah bagi orang untuk berinteraksi dan mengerjakan sesuatu yang dirasa berguna dan bernapas kreatif.

“Karya pegiat kreatif Malang semakin bermunculan. Kami ingin memancing respon individu-individu yang memiliki karya. Semakin banyak creative space, menurut kami, orang-orang semakin pede untuk punya karya,” jelas Vania tentang ide yang mendarasi dibukanya tempat ini.

Musik tetap menjadi tiang utama, ekosistem lain yang bersinggungan dengan musik juga dapat porsi. “Konsepnya adalah tempat untuk menunjukan karya, belajar dan berjejaring, serta ditemani dengan camilan enak,” tambah Bie.

Vania dan Bie mendapat banyak inspirasi dari sejumlah tempat sejenis yang telah mereka kunjungi di berbagai macam kota. Misalnya saja ruangrupa, Mondo by the Rooftop, Houtenhand dan masih banyak lagi. Backline menggabungkan unsur rumahan yang mentah tapi bisa punya fungsi banyak seperti toko, tempat kerja dan beberapa turunan lainnya.

Untuk merayakan dibukanya Backline, pada 9 Februari 2019 mendatang, secara spesial akan diselenggarakan sebuah pameran dan penampilan musik yang bertajuk “Tabur Baur: Pameran Pertemanan”. Sebanyak tujuh orang perupa dan tiga kelompok musik didapuk untuk tampil.

“Kami berharap, (orang datang ke) soft opening ini bukan hanya karena promo makanan namun juga karena ada eksebisi dan showcase musik juga. Mengutip kata para visual artistnya, mereka tidak sekedar pameran, mereka ingin berkenalan,” tutup Vania.

Teks: Adjust Purwatama

Foto: Dokumentasi Backline dan Wake Up, Iris!

Kolaborasi Semiotika Dan Iga Masardi

Menggunakan moniker Sagas Midair, Iga Massardi yang merupakan gitaris sekaligus vokalis grup Barasuara merilis single kolaborasi bersama Semiotika, unit Instrumental Rock dari Jambi. Diberi tajuk Iskaashi, rencananya single ini akan...

Keep Reading

Nyala Api Dari Angkatan Baru Hip-Hop Jakarta

Berawal dari hal yang tidak direncanakan, La Munai Records, label rekaman Jakarta, Pesona Experience dan Bureau Mantis kolektif dan manajemen musik dari kota yang sama akhirnya menemui kesepakatan untuk merilis...

Keep Reading

Plvmb Memulai Debut Dengan Blue

Bandung kembali memiliki kuintet indiepop yang terdiri dari Vina Anesti (Vokalis), Azka Aulia Rachman (Bass), Diaz Febryan (Drum), Salman Wahid Putra Kamaludin (Gitar), Irfan Zahid Abdussallam  (Gitar). Mereka tergabung ke...

Keep Reading

Superglad Yang Kembali Melangkah

Superglad adalah band yang namanya tidak perlu lagi dipertanyakan di kancah musik tanah air. Setelah diterpa berbagai permasalahan yang sempat terjadi di dalam tubuh mereka, band yang terbentuk sejak tahun...

Keep Reading