Swellow Hadirkan Kembali EP Karet ke dalam Format Cakram Padat

Format rilisan fisik agaknya menemukan kembali peminatnya. Meskipun dunia digital mengambil alih nyaris seluruh sendi kehidupan, tapi sepertinya orang-orang -terlebih para pecinta musik- masih banyak yang menggandrungi rilisan fisik, entah itu CD, kaset, atau pun piringan hitam. Begitu pun para pelaku musiknya sendiri, kini kian banyak band mau pun musisi yang memilih merilis karyanya dalam bentuk fisik.

Tak mau ketinggalan, Swellow, kuintet indie rock asal Kota Hujan Bogor, di permulaan tahun 2022 ini kembali melanjutkan langkahnya dengan menghadirkan kembali debut album mininya bertajuk Karet ke dalam format cakram padat (CD). Sebelumnya album mini yang dirilis tahun 2021 ini terlebih dahulu dilepas dalam format kaset pita dan digital.

Bicara Karet, EP ini dalam perjalanannya mendapat sambutan yang positif dari para pendengarnya hingga bahkan menempati beberapa daftar album terbaik di tahun 2021 lalu versi berbagai media, berdampingan dengan nama-nama hebat lainnya.

“EP Karet dari Swellow bisa dibilang sebenarnya adalah hasil sortiran dari beberapa materi yang sudah direkam. Adalah sebuah hasil rangkuman dari beberapa materi yang dianggap cukup mewakili sebuah karakter dari Swellow itu sendiri”, tulis sang gitaris Idam dalam keterangan pers.

Kembali ke CD Karet, ada dua lagu tambahan dalam format tersebut, yakni “Kalam” dan “Superstitious Night” yang melibatkan Alvi Ifthikhar dari unit Gascoigne. Dibantu oleh Demajors, CD Karet sudah bisa didapatkan di website resmi dari Demajors serta seluruh jaringan edar mereka atau melalui direct message akun Instagram Swellow.

Untuk merayakan perilisan CD Karet, Swellow juga sudah menyiapkan sebuah showcase. Namun gelaran yang sedianya terselenggara di tanggal 05 Februari 2022 kemarin harus ditunda sampai batas waktu yang tak ditentukan, tentu penundaan tersebut karena adanya wabah yang kini penularannya kembali meningkat.

“Mohon maaf Jiwa Kisruh, dengan berat hari Pertunjukan @swellow_band dalam Perayaan Rilisan mereka yang akan digelar di @bengkeltigadanempat harus ditunda sampai batas waktu yang lebih kondusif.” Tulis Swellow dalam akun media sosialnya.

Padahal dalam Showcase tersebut rencananya Swellow akan ditemani oleh beberapa kompatriot lainnya dari Bogor seperti Texpack, Rrag, The Basement Dry hingga nama dari Jakarta, Peter Andrian.

Swellow sendiri merupakan unit indie rock asal Bogor yang dihuni oleh Andi ‘Idam’ Fauzi (gitar), Bayu Azni (vokal & tamborin), Afnan Hissan (gitar), Misbahuddin Nika (bas) dan Fadhil ‘Opay’ Naufal (drum). Sejak tahun 2019, Swellow sudah mempersiapkan deretan materi yang akhirnya dirangkai menjadi sebuah EP debut berisi lima nomor bertajuk Karet yang dirilis di tahun 2021 lalu. Dinanungi oleh Tromagnon Records, saat ini EP Karet sudah bisa disimak dalam ragam format berupa kaset pita, format digital hingga format CD yang dibantu oleh Demajors.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Swellow

Penanda 17 Tahun GBS Berkarir

Gugun Blues Shelter kembali merilis single kedua setelah sebelumnya pada pertengahan tahun 2022 mereka merilis single Jingga. Kali ini, trio Gugun, Bowie & Fajar melepas Down & Dirty seperti yang...

Keep Reading

Tur Jepang Bangkutaman & Logic Lost

Bangkutaman, grup asal Jogja, melanjutkan seri TauTauTur mereka dengan edisi spesial. Mereka memutuskan untuk bertandang ke Jepang. Tur ini dimulai dari tanggal 27 – 30 November tahun ini. Bukan tanpa...

Keep Reading

Video Musik Bintang Massa Aksi .Feast

Abdi Lara Insani yang merupakan single utama dari album teranyar .Feast berjudul Bintang Massa Aksi ini ternyata masih memiliki keberlanjutan dengan dirilisnya sebuah video klip resmi di kanal YouTube .Feast (22/11/22). Video klip ini melibatkan...

Keep Reading

Kolaborasi Semiotika Dan Iga Masardi

Menggunakan moniker Sagas Midair, Iga Massardi yang merupakan gitaris sekaligus vokalis grup Barasuara merilis single kolaborasi bersama Semiotika, unit Instrumental Rock dari Jambi. Diberi tajuk Iskaashi, rencananya single ini akan...

Keep Reading