Supergrup Indie Rock BSCSBR, Band Tribute Black Sabbath 

Format kelompok musik supergrup memang bukan suatu hal yang baru. Di tahun 1960-an kita bisa menemukan nama-nama besar seperti David Crosby, Stephen Stills, Graham Nash, dan Neil Young yang kemudian sepakat membentuk supergrup bernama CSNY. Di Indonesia sendiri, dimasa senjakala orde baru sempat bergaung kelompok musik rock balada bernama Kantata Takwa yang digawangi beberapa nama besar seperti Iwan Fals, Setiawan Djodi, Sawung Jabo, Donny Fattah dan penyair W.S Rendra. Pembentukan kelompok macam ini tentu didasari dari lingkar pertemanan dan frekuensi yang sama akan kecintaan mereka terhadap musik. 

Seperti yang juga yang kini dilakukan oleh BSCBR (Black Sabbath Cover Band Raherseal), supergrup berisikan nama-nama personel band indie rock kiwari yang sedang digandrungi. Formasi band ini yakni diisi oleh Angel Deradoorian (ex-Dirty Projectors) pada vocal, Nick Zinner (Yeah Yeah Yeahs) dan Mick Barr (Krallice) mengisi departemen gitar, Brad Truax (Interpol) pada bass, dan Greg Fox (Liturgy, Uniform) yang mengisi drum. 

Proyek tribute ini bermula dari pertemuan Nick Zinner, Deradorian dan Fox pada sebuah residensi musik di Berlin tahun 2018 silam. Saat itu pula mereka menghabiskan beberapa waktu melakukan jamming dengan membawakan lagu-lagu ikonik dari Black Sabbath. Sekembalinya ke New York, Zinner meminta Brad Truax dari Interpol untuk mengisi gitar dan Mick Barr dari Ocrilim mengisi bass. Lengkap sudah, selanjutnya mereka menginjak gas untuk melaju ke arena konser, tak disangka pada konser pertamanya itu tiket terjual habis. Melihat euforia yang terjadi BSCBR membawa materi-materinya ke studio rekaman.

Master of Rehearsal - BSCBR

“Kecintaan  akan Black Sabbath telah mebawa begitu banyak kegembiraan untuk band ini dan tidak ada perasaan yang lebih besar daripada menyebarkan kegembiraan itu kepada sesama penggemar” tulis BSCBR pada biografi Bandcamp-nya.

Versi daur ulang pada lagu “Sweet Leaf” dimulai dengan sebuah percakapan oleh aktor hollywood legendaris Chuck Norris yang direpetisi berulang-ulang, sekaligus percakapan tersebut menandakan tempo pada lagu yang berat dan lambat, diikuti dengan suara vokal yang solid dari Deradorian yang akan menuntun pendengar pada pengalaman berbeda pasca “Sweet Leaf” versi asli dirilis 49 tahun silam. Bagi yang gandrung dengan musik Black Sabbath tentu lagu ini mengantarkan kita pada sebuah nostalgia yang segar.   

Setidaknya ada dua lagu  cover dari Black Sabbath yang akan mereka rilis, yakni “Sweet Leaf” dan “Fairies Wear Boots”, mini album tersebut diberi tajuk BSCBR Master of Rahearsal. Kedua lagu itu direkam di Barefoot Studio, Los Angeles. Rencananya mini album itu akan dirilis pada 4 September mendatang. Sedangkan untuk rilisan fisiknya sudah bisa dipesan dari sekarang. 

Untuk kamu yang belum punya uang, jangan bersedih, kamu masih bisa mendengarkan salah satu materi lagunya di bawah sini

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip BSCBR Master of Rehearsal

 

Rayakan Dua Rilisan Baru, Extreme Decay Siapkan Pertunjukan Spesial

Sebagai pesta perayaan atas dua rilisan anyar mereka. Sekaligus mengajak Dazzle, TamaT, dan To Die untuk ikut menggerinda di kota Malang. Extreme Decay bersama Gembira Lokaria mempersembahkan konser showcase spesial...

Keep Reading

Disaster Records Rilis Album Debut Perunggu dalam Format CD

Pandemi yang sudah berlangsung selama lebih dari dua tahun ini memang membuat segala recana menjadi sulit terwujud. Namun bukan berarti berbagai kendala yang ada menyurutkan semangat para musisi untuk terus...

Keep Reading

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading