Suguhan Berbeda dari Tender Shoots

Duo Tender Shoots kembali melanjutkan cerita “Alive Again” ke dalam versi terbaru. Tak hanya materi videonya saja yang terlihat berbeda, namun materi musiknya pun turut memberikan impresi yang berbeda. Kali ini duo yang dihuni oleh Omar dan Jugo menyuguhkan nomor “Alive Again” ke dalam versi akustik dengan video musik yang mereka perankan sendiri.

Dalam versi terbaru ini Tender Shoot menawarkan suasana yang lebih hangat dan intim. Menanggalkan instrumen-instrumen yang kompleks di versi aslinya, kini Jugo dan Omar hanya menyisakan gitar akustik dan iringan piano yang terasa lebih gelap. Dalam aransemen terbarunya, makna lagu “Alive Again” yang menurut Jugo “Tentang seseorang yang merindukan dirinya yang lama, dirinya yang bebas. He’s longing to feel alive again,” menjadi lebih mendalam.

Selain menghadirkan materi musik ke dalam format akustik, “Alive Again” juga kembali dihadirkan ke dalam video musik yang terlihat sinematik. Disutradarai oleh Dhiwangkara Seta, video musik “Alive Again” versi akustik dikonsepkan sebagai kelanjutan dari video musik “Alive Again” sebelumnya yang digarap oleh sutradara asal Seoul, Korea Selatan, Min Soo Park.

“Kita kepikiran kayaknya seru untuk kita bisa ngelanjutin dan menjawab ceritanya Min Soo Park di MV “Alive Again” yang sudah dia buat sebelumnya. Sebenarnya Jugo dan Omar yang ada di poster missing itu kemana sih?” jelas Dhiwang dalam keterangan pers.

            Baca juga: Jugo Djarot dan Omar Prazhari Bersatu dalam Tender Shoots

Dalam video musik oleh Min Soo Park, diceritakan sepasang kekasih muda di Seoul yang berakhir tragis setelah berkencan. Namun dalam perjalanannya sempat terlihat poster pencarian orang hilang yang memuat foto Jugo dan Omar. Apa yang sebenarnya terjadi masih sebuah misteri. Titik ini lah yang menjadi latar belakang utama yang diambil oleh Dhiwang untuk video musik “Alive Again” versi akustik. Dhiwang memulai video dengan mengajak kita memasuki sebuah gedung terbengkalai pada suatu hari yang mendung dan lembab. Kemudian terungkaplah dalam salah satu ruangan bahwa Jugo dan Omar telah disekap dan terikat badan serta kakinya berhari-hari. Pasrah, tidak berdaya, dan seperti tanpa harapan hidup, tapi keduanya seperti dipaksa untuk tetap melantunkan lagu tentang merasakan hidup tersebut.

             Baca juga: Nada Siasat: Pilihan Tender Shoots (Omar Prazhari & Jugo Djarot)

“Secara naratif memang nggak terlalu berjalan linear karena memang nggak dijelaskan banget, kenapa Omar dan Jugo disekap dan lainnya. Kita justru mau kasih ruang dan biarkan penonton menalar sendiri,” Dhiwang melanjutkan. “Dari segi visual gue memberi petunjuk dengan mencoba gimana caranya memperlihatkan semua kondisi tuh proporsional dan simetris untuk sebuah tempat yang urakan, sangking rapihnya kita tau ini perbuatan seseorang.”

Meski harus diikat tambang dan berpindah-pindah titik di lokasi yang cukup ekstrim dan ngeri saat pengambilan gambar, Jugo dan Omar mengaku sangat puas dengan hasil karya debut penyutradaraan Dhiwang kali ini.

“Above any expectations. Hasilnya hauntingly beautiful, Dhiwang tahu apa yang dia mau dan cara mencapainya. Memang Dhiwang itu a master of his craft,” sepakat Jugo dan Omar.

“Alive Again” versi akustik menjadi salah satu nomor dalam Alive Again EP yang berisikan beragam versi dari single “Alive Again” dari masih berbentuk sketsa, demo, hingga versi final. EP ini Dirilis dalam format kaset edisi terbatas dan digital oleh Kolibri Rekords. Tender Shoots adalah duo pop terbaru bentukan Jugo Djarot dan Omar Prazhari. Keduanya kini sedang mempersiapkan debut EP mereka yang dapat diantisipasi 2022 ini.

Visual: Arsip dari Tender Shoots

Tambah Line Up, Hammersonic Siap Hadirkan 53 Band Metal dan Rock Dunia!

Setelah mengalami beberapa kali penundaan, festival musik metal raksasa Hammersonic akhirnya dipastikan siap digelar pada awal tahun 2023. Sebelumnya salah satu headliner yakni Slipknot telah mengumumkan konfirmasi lewat unggahan twitter...

Keep Reading

Kolaborasi Selanjutnya Antara Yellow Claw dan Weird Genius

Duo Belanda Yellow Claw kembali berkolaborasi dengan Weird Genius mengusung lagu baru bertajuk ‘Lonely’ bersama finalis Indonesian Idol Novia Bachmid. Weird Genius dan Yellow Claw sebelumnya pernah berkolaborasi di lagu...

Keep Reading

Reruntuhan Akhir Dunia di Album Keempat Extreme Decay

Usai melepas beberapa materi pemanasan menuju album barunya, unit Grindcore kota Malang, Extreme Decay, akhirnya secara resmi melepas album keempatnya pada 29 April 2022 lalu yang diberi tajuk Downfall Of...

Keep Reading

KIAMAT Bagi Rekah di Album Perdananya

Sejak kemunculannya di medio 2015 lalu, unit skramz/blackgaze Rekah sudah mencuri perhatian dengan materi-materi musiknya. Tujuh tahun berlalu, bertepatan dengan Hari Buruh Internasional yang jatuh di awal Mei 2022 lalu,...

Keep Reading