Studio Ghibli Segera Rilis Buku Edisi Terbatas

Bagi kalian yang mengikuti film animasi, tentu tak asing dong sama yang namanya Studio Ghibli. Banyak film-film menarik yang telah diproduksi oleh studio film kenamaan asal Jepang itu. Sosok dibalik banyak figur ikonik yang ada dalam film tersebut tentu adalah Hayao Miyazaki. Menariknya, baru-baru ini Studio Ghibli memberi pengumuman penting, pasalnya mereka akan merilis sebuah buku edisi terbatas yang berisi ilustrasi asli dari Hayao Miyazaki yang telah terpajang apik di Museum Ghibli Mitaki, Jepang.

Buku yang merangkum karya Hayao Miyazaki dan Museum Ghibli tersebut setidaknya akan menampilkan 900 ilustrasi asli yag dibuat oleh Miyazaki sendiri yang acapkali dianggap sebagai salah satu garda animasi modern. Ke 900 ilustrasi tersebut dikabarkan akan dirilis ke dalam dua volume. Keseluruhan ilustrasi yang ada dalam buku ini merupakan hasil dari 18 pameran Miyazaki di Studio Ghibli yang telah diselenggarakan selama dua dekade, tepatnya sejak dibuka di tahun 2000-an awal.

Tak hanya menampilkan karya-karya dari sang maestro saja, dalam buku ini pun akan terselip wawancara dengan produser film Toshio Suzuki, yang dianggap sebagai tangan kanan Miyazaki. Dua buku setebal 174 halaman ini dipastikan bakal banyak menampilkan sketsa-sketsa ciamik dari  film-film Ghibli yang  sudah dirilis, semisal sketsa untuk film “ Delicious! Animating Memorable Meals” yang dirilis tahun 2017 dan “The Lens at Work in The Ghibli Forest” tahun 2013. Termasuk juga figur Ponyo dan Spirited Away.

Buku yang rencananya dirilis pada bulan Maret 2021 mendatang ini hanya tersedia  melalui museum Ghibli Mitaki dan laman resmi Ghibli, Donguri Sora. Buku ini dibanderol dengan harga $ 240. Jika tertarik, kalian sudah bisa mendapatkannya dengan cara pre-order terlebih dahulu di sini.

Dua tahun ke belakang, tepatnya pada tahun 2019, sebuah perusahaan penyiaran nasional Jepang yang bernama NHK membuat 4 seri dokumenter tentang Hayao Miyazaki yang menceritakan 10 tahun Miyazaki  berkarir di dunia animasi. Seri dokumenter  tersebut sudah bisa dinikmati secara global dan juga gratis di situs dan juga aplikasi milik NHK. Dokumenter yang pastinya akan menampilkan Hayao Miyazaki dan segudang kesibukannya ini tentunya sangat layak tonton bagi kalian pecinta film-film dari studio yang telah berdiri sejak tahun 1985 tersebut. Dalam serial 4 bagian ini, kalian akan disuguhkan tontonan yang jelas bermanfaat, di mana segala cara kerja serta proses kreatif dari sang maestro di studionya. Serial ini juga mendokumentasikan bagaimana para animator di studio bekerja setelah adanya tsunami dan bencana nuklir pada tahun 2011 yang meluluhlantakkan Jepang pada saat itu.

Oia, berbicara soal Studio Ghibli, beberapa bulan ke belakang seorang aktor cum penyanyi kebanggan Indonesia, Sherina Munaf, turut mengisi suara untuk salah satu karakter di film terbaru bikinan Studio Ghibli yang berjudul “Earwig and the Witch”. Film ‘Earwig and the Witch’ sendiri merupakan film animasi karya Goro Miyazaki yang tak lain adalah anak  dari Hayao Miyazaki.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Donguri Sora

Kolaborasi Semiotika Dan Iga Masardi

Menggunakan moniker Sagas Midair, Iga Massardi yang merupakan gitaris sekaligus vokalis grup Barasuara merilis single kolaborasi bersama Semiotika, unit Instrumental Rock dari Jambi. Diberi tajuk Iskaashi, rencananya single ini akan...

Keep Reading

Nyala Api Dari Angkatan Baru Hip-Hop Jakarta

Berawal dari hal yang tidak direncanakan, La Munai Records, label rekaman Jakarta, Pesona Experience dan Bureau Mantis kolektif dan manajemen musik dari kota yang sama akhirnya menemui kesepakatan untuk merilis...

Keep Reading

Plvmb Memulai Debut Dengan Blue

Bandung kembali memiliki kuintet indiepop yang terdiri dari Vina Anesti (Vokalis), Azka Aulia Rachman (Bass), Diaz Febryan (Drum), Salman Wahid Putra Kamaludin (Gitar), Irfan Zahid Abdussallam  (Gitar). Mereka tergabung ke...

Keep Reading

Superglad Yang Kembali Melangkah

Superglad adalah band yang namanya tidak perlu lagi dipertanyakan di kancah musik tanah air. Setelah diterpa berbagai permasalahan yang sempat terjadi di dalam tubuh mereka, band yang terbentuk sejak tahun...

Keep Reading