Spotify pagi ini (waktu USA) mengumumkan serangkaian inisiatif terbaru mereka yang akan berguna untuk mengatasi krisis COVID-19 yang terjadi di seluruh dunia. Dan juga mereka akan meluncurkan rencana untuk memerangi dampak buruk pandemi coronavirus yang akan terjadi pada artis dan industri musik. Melalui proyek Spotify COVID-19 Music Relief, raksasa platform streaming ini akan bermitra dengan berbagai badan amal musik. Mulai dari MusiCares hingga HelpMusicians, yang merupakan sebuah badan amal untuk musisi yang berbasis di Inggris.

Dalam pengumumannya, perusahaan ini akan meluncurkan berbagai fitur yang nantinya akan sangat berguna bagi komunitas kreatif yang sangat terdampak oleh keadaan saat ini. Fitur-fitur yang ada mencakup penambahan menu sumbangan dari publik di situs webnya, lalu juga ada fitur yang akan memungkinkan artis untuk menggalang dana langsung dari penggemar mereka melalui halaman profil artis Spotify-nya. Sementara itu, untuk para pendengar, Spotify menambahkan menu berita dan informasi terkait  COVID-19 ke dalam aplikasinya untuk membantu pengguna agar tetap mendapatkan informasi terkini.

Proyek Relief Musik Spotify COVID-19 ini nantinya akan memberikan berbagai rekomendasi kepada organisasi-organisasi yang sudah terverifikasi agar bisa memberikan bantuan mereka kepada komunitas musik yang telah terdaftar dan juga yang membutuhkan bantuan di seluruh dunia.

Perusahaan ini juga menargetkan pengumpulan dana hingga $10 juta banyaknya melalui program Spotify COVID-19. Nantinya para pelaku industri yang membutuhkan bantuan keuangan harus mengunjungi situs-situs yang telah bermitra bersama Spotifiy untuk mendapatkan informasi dan juga mengajukan permohonan dana bantuan.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Spotify.com