Spirit Strat, Stratocaster Ber-Pick Up Sembilan Milik Johnny Marr

Akhir bulan lalu, Johnny Marr mengumumkan bahwa ia akan merilis album ganda bertajuk Fever Dreams Pt 1-4. Ia memperkenalkan bagian pertamanya, Fever Dreams Pt 1, dengan sebuah single bertajuk “Spirit Power and Soul“. Namun, selain musik Marr, gitar yang muncul di klip lagu tersebut juga menyita perhatian.

Marr memainkan sebuah Fender Stratocaster ber-pick up sembilan dalam klip video yang dibuka dengan nuansa “Seven Nation Army“-ish itu. Karena banyak yang penasaran, ia pun akhirnya mengunggah foto dari gitar tersebut di akun Instagramnya.

By popular demand …the Spirit Strat,” tulis Marr dalam keterangan unggahan.

Pertanyaan pertama, entah hanya aksesori atau memang berguna kesembilan pick up itu menempel di badan gitar. Pertanyaan selanjutnya adalah apakah itu pick up humbucker raksasa dengan sembilan lilitan atau memang sembilan pick up single coil yang disusun beriringan. Selain itu, ada 18 tombol switch di samping susunan pick up itu. Biarpun semuanya berfungsi, pertanyaan selanjutnya adalah, memangnya Marr akan menggunakan semua pick up di gitar yang diberi nama Spirit Strat ini.

Satu lagi pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan, “Akankah Spirit Strat dijual dipasaran atau memang hanya dijadikan barang tim kreatif saat penggarapan klip video?”

Belum ada jawaban pasti untuk pertanyaan-pertanyaan di atas. Yang jelas, gitaris The Smiths ini akan merilis bagian pertama album solonya, Fever Dreams Pt 1, pada 15 Oktober mendatang.

“Spirit Power and Soul” merupakan karya pertama yang dilepas Marr selama dua tahun. Pada 2019, ia merilis setidaknya dua nomor tunggal lain, “The Bright Parade” dan “Armatopia”. Satu tahun sebelumnya, ia juga merilis sebuah album penuh berjudul Call the Comet.

Pada dekade terakhir, Marr memang sedang gencar mengurus proyek solonya. Termasuk yang sudah disebutkan di paragraf sebelumnya, ia juga merilis dua album lain, The Messenger (2013) dan Playland (2014). Ia juga sempat membantu membantu Hans Zimmer untuk membuat scoring untuk The Amazing Spider-Man 2. Lalu, ia juga sempat membantu mengisi gitar untuk Noel Gallagher’s High Flying Birds untuk lagu “Ballad of the Mighty I”.

Teks: Abyan Nabilio
Visual: Youtube/Johnny Marr

Rayakan Dua Rilisan Baru, Extreme Decay Siapkan Pertunjukan Spesial

Sebagai pesta perayaan atas dua rilisan anyar mereka. Sekaligus mengajak Dazzle, TamaT, dan To Die untuk ikut menggerinda di kota Malang. Extreme Decay bersama Gembira Lokaria mempersembahkan konser showcase spesial...

Keep Reading

Disaster Records Rilis Album Debut Perunggu dalam Format CD

Pandemi yang sudah berlangsung selama lebih dari dua tahun ini memang membuat segala recana menjadi sulit terwujud. Namun bukan berarti berbagai kendala yang ada menyurutkan semangat para musisi untuk terus...

Keep Reading

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading