Spirit Strat, Stratocaster Ber-Pick Up Sembilan Milik Johnny Marr

Akhir bulan lalu, Johnny Marr mengumumkan bahwa ia akan merilis album ganda bertajuk Fever Dreams Pt 1-4. Ia memperkenalkan bagian pertamanya, Fever Dreams Pt 1, dengan sebuah single bertajuk “Spirit Power and Soul“. Namun, selain musik Marr, gitar yang muncul di klip lagu tersebut juga menyita perhatian.

Marr memainkan sebuah Fender Stratocaster ber-pick up sembilan dalam klip video yang dibuka dengan nuansa “Seven Nation Army“-ish itu. Karena banyak yang penasaran, ia pun akhirnya mengunggah foto dari gitar tersebut di akun Instagramnya.

By popular demand …the Spirit Strat,” tulis Marr dalam keterangan unggahan.

Pertanyaan pertama, entah hanya aksesori atau memang berguna kesembilan pick up itu menempel di badan gitar. Pertanyaan selanjutnya adalah apakah itu pick up humbucker raksasa dengan sembilan lilitan atau memang sembilan pick up single coil yang disusun beriringan. Selain itu, ada 18 tombol switch di samping susunan pick up itu. Biarpun semuanya berfungsi, pertanyaan selanjutnya adalah, memangnya Marr akan menggunakan semua pick up di gitar yang diberi nama Spirit Strat ini.

Satu lagi pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan, “Akankah Spirit Strat dijual dipasaran atau memang hanya dijadikan barang tim kreatif saat penggarapan klip video?”

Belum ada jawaban pasti untuk pertanyaan-pertanyaan di atas. Yang jelas, gitaris The Smiths ini akan merilis bagian pertama album solonya, Fever Dreams Pt 1, pada 15 Oktober mendatang.

“Spirit Power and Soul” merupakan karya pertama yang dilepas Marr selama dua tahun. Pada 2019, ia merilis setidaknya dua nomor tunggal lain, “The Bright Parade” dan “Armatopia”. Satu tahun sebelumnya, ia juga merilis sebuah album penuh berjudul Call the Comet.

Pada dekade terakhir, Marr memang sedang gencar mengurus proyek solonya. Termasuk yang sudah disebutkan di paragraf sebelumnya, ia juga merilis dua album lain, The Messenger (2013) dan Playland (2014). Ia juga sempat membantu membantu Hans Zimmer untuk membuat scoring untuk The Amazing Spider-Man 2. Lalu, ia juga sempat membantu mengisi gitar untuk Noel Gallagher’s High Flying Birds untuk lagu “Ballad of the Mighty I”.

Teks: Abyan Nabilio
Visual: Youtube/Johnny Marr

My Bloody Valentine Kritik Spotify Soal Lirik yang Salah

Di antara kalian pasti ada dong yang pernah memutar lagu di Spotify sambil menikmati fitur lirik yang disediakan. Lewat fitur ini, para pengguna Spotify bisa sambil bernyanyi sesuka hati. Tapi,...

Keep Reading

Patahan Imajinasi Masa Kecil di Nomor Terbaru Latter Smil

Latter Smil, duo asal kota Palu yang dihuni oleh Dian dan Eko, dipermulaan tahun 2022 ini kembali melepas karya teranyarnya bertajuk “Kalila”. Lewat single ini Latter Smil mencoba untuk memberikan...

Keep Reading

Perjalanan Skena Musik Ambarawa dalam Album Kompilasi They Hate Us

Terlihat dalam beberapa tahun terakhir, produksi album kompilasi skena musik lokal mulai kembali marak. Tercatat ada beberapa deretan kompilasi yang terbit pada setahun-dua tahun ke belakang, seperti Bikin Kompilasi: Bless...

Keep Reading

Dua Album Milik Semiotika Akhirnya Dilepas Secara Digital

Usai merilis album penuh bertajuk Eulogi, unit post-rock asal Jambi, Semiotika akhirnya merilis dua album terdahulunya Ruang (2015) dan album mini Gelombang Darat (2018) ke dalam format digital. Sementara album...

Keep Reading