Sosok: Zirah

Zirah adalah salah satu eksponen rock yang menarik untuk diperbincangkan. Band yang terdiri dari Alyssa Isnan (vokal), Anissa Yasmin (bass), Raissa Faranda (gitar), dan Talitha Mailangkay (drum) mulai dikenal banyak orang karena debut single-nya yang bertajuk “Pusaka Pertiwi” yang diluncurkan pada 21 Juni 2019. Proses yang mereka jalani tidak serta merta instan, ada perjalanan jauh dari tahun 2016 hingga 2019 untuk mereka bisa bersatu. Sebuah perjuangan yang bukan main panjangnya hingga menjadi satu kesatuan.

“Zirah terbentuk setelah Rai pulang dari Bali. Awalnya, Yasmin ngajak Aly untuk bikin band di tahun 2016, kemudian Yasmin mengajak Rai di tahun 2017, tapi Rai harus ke Bali untuk menyelesaikan sekolahnya. Lalu disambung dengan Yasmin mengajak Talitha untuk mengisi posisi drum. Sepulangnya Rai ke Jakarta, kami langsung mencoba latihan bersama dan menentukan nama,” kata mereka saat dihubungi melalui email.

Mereka mendeskripsikan musik zirah sebagai aib rock dengan artian hasil perkumpulan empat kepala dengan background yang berbeda. “Karena kami belum ada panutan yang sama, jadi apa yang kami pahami masing2 itu kami jadikan satu ketika di studio. Untuk liriknya, secara luas membahas isu yang sama, yaitu tentang persoalan sosial”.

Pada 31 Januari 2020, mereka baru saja menelurkan EP perdana melalui label Rekaman Pots, self titled. Mini album tersebut menguak opini setiap personel terhadap kondisi sekitar: Alyssa Isnan( vokal) menulis “Kuasa”, Anissa Yasmin (bass) lewat “Merduka”, Raissa Faranda (gitar) dengan “Siapa Kamu”, dan Talitha Mailangkay (drum) untuk “Pusaka Pertiwi”.

Menurut mereka, proses penggarapannya panjang namun singkat. Semua berjalan dengan mengalir. “ Berawal dari temen kita, Firas suruh rekam aja pas latihan biar kita denger sendiri kita tuh mainnya gimana. Terus akhirnya malah yaudah rekaman beneran aja, dan itu menuju mau main jadi pembuka di salah satu tur nya The Brandals,” ungkap mereka.

Alhasil, sesi rekaman tersebut jadi sedikit menegangkan. Semuanya berjalan live, kecuali untuk vokal dan beberapa bagian bass dan gitar ada yang di-take ulang. “Sembari produksi musik nya jalan, artwork juga jalan. Sesi foto sama Jazlyn Melody dan Nito Daffa juga nggak yang terlalu dipikirin panjang, yang penting jalan aja, begitu juga dengan video klip,” lanjutnya.

Label Rekaman Pots dipilih dikarenakan para personil Zirah merasa menemukan kecocokan dengan para punggawanya. Talitha beranggapan kalau, “Kalau gue tertarik karena dari awal ketemu orang-orangnya, udah keliatan kalo mereka orang-orang yang bernafas untuk bermusik, bukan sebaliknya. Makanya, nyambung aja gue ketemu banyak geek”.

Senada dengan Talitha, Alyssa berpendapat kalau ia senang dengan cara Rekaman Pots memperlakukan band-band yang berada pada naungannya. “Berawal dari latihan disana, nongkrong juga disana. Sekalian deh dibantu rilis oleh Taqwaditra, lewat Rekaman Pots. Secara personal, gue memang suka bagaimana Rekaman Pots memperlakukan setiap band didalam naungannya,” katanya.

Teks: Rizki Firmansyah
Visual: Arsip Zirah

Sisi Organik Scaller Dalam "Noises & Clarity"

Kabar baik datang dari Scaller yang baru saja merilis live session (8/7/23) yang kemudian diberi tajuk “Noises & Clarity”. Dalam video ini, grup musik asal Jakarta tersebut tampil membawakan 5...

Keep Reading

Single Ketiga Eleanor Whisper Menggunakan Bahasa Prancis

Grup Eleanor Whisper asal kota Medan yang telah hijrah ke Jakarta sejak 2019 ini resmi merilis single ke-3 yang diberi tajuk “Pour Moi”. Trio Ferri (Vocal/ Guitar), Dennisa (Vocals) &...

Keep Reading

Sajian Spektakuler KIG Live!

Umumkan kehadirannya sebagai pemain baru pada industri konser musik Indonesia, KIG LIVE yang merupakan bagian dari One Hundred Percent (OHP) Group menggelar acara peluncuran resmi yang juga menampilkan diskusi menarik...

Keep Reading

Crushing Grief Gandeng Dochi Sadega Dalam Single Terbaru

Unit pop-punk dari Manado, Crushing Grief, menggandeng Dochi Sadega dari Pee Wee Gaskins, dalam single terbaru mereka yang diberi tajuk “Hard Rain“. Single ini merupakan salah satu lagu yang diambil dari EP...

Keep Reading