Soroti Isu Kesehatan Mental, Sic Mynded Rilis Kembali “Just Another Day”

Unit electronic-industrial, Sic Mynded, baru-baru ini telah meluncurkan sebuah single baru berjudul “Just Another Day”. Band yang digawangi oleh Oddie Octaviadi, Marcell Siahaan, Adra Karim, Aldi Pagaruyung dan Gatot Alindo kali ini menampilkan nuansa genre Dark New Wave yang dibalut dengan beat electronic industrial. Dari segi lirik, “Just Another Day” bercerita mengenai isu kesehatan mental dan pencegahan bunuh diri yang diambil dari pengalaman pribadi sang frontman, Oddie.

“Lagu “Just Another Day” ini aslinya ditulis oleh Oddie dan Rudi Sudjarwo di tahun 1995 dan sempat dikeluarkan dalam album pertama Sic Mynded. Di tahun 2021 ini lagu ini lahir kembali dengan aransemen dan nuansa yang sangat berbeda sebagai hasil dari racikan Marcell Siahaan sang drummer yang juga merangkap sebagai produser” terang Sic Mynded dalam keterangan pers.

Dari sisi aransemen, lagu ini diperkarya dengan lapisan-lapisan suara synth dan keyboards dari Adra Karim, ­licks gitar dari Gatot Alindo, dijaga groove-nya oleh pemain bass Aldi Pagaruyung dan diisi vokal oleh Oddie Octaviadi.

Walau sudah hampir 2 tahun dunia terdampak oleh pandemi dan menyebabkan para musisi Indonesia terhambat aktivitasnya, Sic Mynded terus berusaha mencari cara agar dapat produktif di tengah segala keterbatasan dan terbukti berhasil menelurkan album penuh, mini album, 3 single, dan 3 music video di periode awal 2020 sampai awal 2021. Lagu “Just Another Day” ini juga berhasil dikerjakan bersama hampir sepenuhnya secara remotely mengandalkan jaringan internet dan aplikasi yang sesuai untuk tidak hanya berbagi file rekaman tapi juga secara live dan real-time mendengarkan hasil mixing sang engineer Yusuf Effendi Hadiyanto dari lokasi yang berbeda-beda melalui aplikasi.

“Isu mental health menjadi salah satu topik yang banyak dibicarakan di saat pandemi ini dengan terdampaknya banyak orang bukan hanya dari segi ekonomi dan fisik tapi juga psikis atau mental mereka. Ketika berencana untuk membuat ulang lagu “Just Another Day”, saya memutuskan untuk mengganti sebagian besar lirik aslinya yang berbahasa Inggris menjadi Bahasa Indonesia, agar cerita mengenai pengalaman menghadapi masalah kesehatan mental ini dapat lebih mudah tersampaikan. ” ujar sang vokalis, Oddie.

Oddie melanjutkan “Semua lirik yang saya tulis untuk Sic Mynded hampir seluruhnya berdasarkan pengalaman atau observasi pribadi. Termasuk juga pengalaman menghadapi titik terendah dalam hidup yang mendorong keinginan untuk melakukan bunuh diri. Bukan topik yang ringan dan mudah untuk diangkat, tapi saya berharap dari penggemar Sic Mynded yang mungkin sedang menghadapi masalah yang sama, baik diri mereka sendiri maupun orang terdekat mereka, bahwa kita dapat saling menolong sesama keluar dari kesulitan ini. Paling tidak, itu yang saya alami.”

Selain dilepas dalam format audio, nomor “Just Another Day” juga dikemas ke dalam video musik yang kini sudah bisa disimak di kanal YouTube resmi Sic Mynded.

Visual: Arsip dari Sic Mynded

Meramu Crossover Hardcore Ke Tahap Terbaru

Dari Sidoarjo, unit Crossover Hardcore yang tergabung dalam Voorstad akhirnya merilis mini album terbaru dengan tajuk Self-titled melalui label Greedy Dust Records. Ini merupakan rilisan kedua Voorstad setelah pada awal...

Keep Reading

Penegasan Warna Terbaru I Punch Werewolf

Penegasan eksistensi I Punch Werewolf melalui video klip lagu terbaru dengan judul Broken. Unit ini terus menggebrak kancah musik dengan beragam rilisannya. Untuk lagu ini sendiri dibuat lebih mengayun, namun...

Keep Reading

Metal Kecil Versi Paling Mutakhir Powerslaves

Powerslaves adalah nama legendaris dalam kancah musik rock tanah air. Unit rock ini baru saja melepas Metal Kecil (Remastered) (13/11/22). Single versi teranyar ini merupakan tindak lanjut dari “Semarang (Remastered)” yang...

Keep Reading

Hadiah Ulang Tahun Pernikahan

Vlaminora, unit musik baru asal Bali, melepas singel perdana bertajuk “Kemarau Rindu” bersama label rekaman asal Jakarta, demajors. Singel tersebut hadir di berbagai platform streaming digital mulai 12 November 2022....

Keep Reading