Slide yang Kembali Melangkah Lewat EP SHORT TIME II

Setelah melepas mini album Short Time medio 2019 lalu, unit hardcore dari kota Bitung, Sulawesi Utara bernama Slide akhirnya melanjutkan kembali perjalanannya lewat sebuah mini album paling gres bertajuk SHORT TIME II. Dirilis lewat label rekaman mandiri yang bermarkas di Manado, Mosphit Records, kini mini album berisi 4 nomor lagu ini sudah bisa kalian simak di pemutar musik digital Bandcamp pertanggal 20 April 2022 kemarin.

Secara musikal, Slide banyak memainkan gaya musik hardcore seminal era senjakala abad 20. Lugas, mentah, dan tak banyak variasi berarti. Formula sederhana semacam ini lah yang barangkali kita temukan pada materi yang mereka suguhkan.

Semisal di nomor pembuka “SHORT TIME II”, dengan durasi tak lebih dari satu menit mereka hanya memainkan musik kasar yang mampu memicu crowd untuk two-step dan mengakhirinya dengan gelak tawa ketika Randy sang vokalis memuntahkan lirik pendek bernada humor; Keluar di dalam!. Sedangkan di trek bertitel “Wake Up” Slide sedang mengacungkan jari tengah kepada para pecundang dan mengajak para pendengarnya untuk tidak jadi mereka.

Setelah itu masuk ke trek ketiga yaitu “Bertarung Tunggal”, yang membuktikan bahwa mereka tidak hanya melulu bermain cepat. Lagu ini memiliki semua riff stompy-groovy yang mengimbangi semua part cepat.

“Lagu ini sebenarnya bisa tentang apa saja, tetapi jika berbicara ke dalam situasi band, ini tentang bagaimana kami sebagai sebuah band melakukan segalanya sendiri. Kami tidak memiliki semua dukungan label besar atau uang atau apa pun itu, tetapi kami masih dapat membuat sesuatu dan berkarya. Ini tentang melakukan hal-hal yang Anda cintai sendiri. D.I.Y” terang Randy tentang “Bertarung Tunggal.

SHORT TIME II ditutup dengan trek “Perisai Berbisa”. Sebuah penutup yang masih melanjutkan suasana nomor sebelumnya dengan tempo yang sedang dan groovy sekaligus anthemic.

Di wilayah proses, EP SHORT TIME II direkam, di-mixing dan mastering oleh Roger Salawati dari Moshpit Studio (yang juga mengisi gitar untuk EP ini). EP ini terdengar seperti terbagi menjadi dua sisi, sisi pertama adalah sisi cepat dan kemudian sisi keduanya adalah sisi heavy dan groovy. Tapi tetap saja masih dalam suasana, sound, dan formula yang sama. Bertahan dengan gaya hardcore yang straightforward dan simpel.

Sejak terbentuk pada tahun 2018, Slide telah mengangkat bendera di ranah musik lokal dengan gaya hardcore yang mereka usung. Menjadi salah satu band hardcore lokal yang melahirkan kembali musik hardcore Sulawesi Utara bersama band-band seperti Tandus, Till Death Do Us Party, Huminoid, dan Gargaji.

Editor: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Slide

Meramu Crossover Hardcore Ke Tahap Terbaru

Dari Sidoarjo, unit Crossover Hardcore yang tergabung dalam Voorstad akhirnya merilis mini album terbaru dengan tajuk Self-titled melalui label Greedy Dust Records. Ini merupakan rilisan kedua Voorstad setelah pada awal...

Keep Reading

Penegasan Warna Terbaru I Punch Werewolf

Penegasan eksistensi I Punch Werewolf melalui video klip lagu terbaru dengan judul Broken. Unit ini terus menggebrak kancah musik dengan beragam rilisannya. Untuk lagu ini sendiri dibuat lebih mengayun, namun...

Keep Reading

Metal Kecil Versi Paling Mutakhir Powerslaves

Powerslaves adalah nama legendaris dalam kancah musik rock tanah air. Unit rock ini baru saja melepas Metal Kecil (Remastered) (13/11/22). Single versi teranyar ini merupakan tindak lanjut dari “Semarang (Remastered)” yang...

Keep Reading

Hadiah Ulang Tahun Pernikahan

Vlaminora, unit musik baru asal Bali, melepas singel perdana bertajuk “Kemarau Rindu” bersama label rekaman asal Jakarta, demajors. Singel tersebut hadir di berbagai platform streaming digital mulai 12 November 2022....

Keep Reading