Skandal Menutup Tahun dengan Percuma

Sampailah kita di bulan Desember. Tahun 2020 agaknya menjadi tahun yang bakal diingat sampai kapan pun. Bagaimana tidak, selama tahun ini berjalan nyaris semua sendi kehidupan terguncang, tak terkecuali sektor hiburan –dalam hal ini adalah industri musik. Berbagai rencana yang telah disusun jauh-jauh tahun pun nyatanya mesti diurungkan, begitu pula yang dialami oleh Skandal. sebab musababnya tentu adalah Pandemi Covid-19. Namun dibalik itu semua, kuartet yang diisi olehYogha Prasiddhamukti / Siddha (vokal), Robertus Febrian / Robert (Gitar), Rheza Ibrahim / Rheza (Gitar), dan Argha Mahendra (Drum) ini tak serta merta membuat mereka berdiam diri, salah satu pembuktian band yang bermarkas di Yogyakarta ini menyusun ulang segala rencana dan menutup tahun 2020 dengan melepas sebuah single berjudul ‘Percuma’ pada Jumat  (11/12) kemarin.

Tanpa tedeng aling-aling, lagu ini dibuka dengan lirik: Hey! Tatap rupa lama (percuma). Sebuah single yang kental dengan warna musik pop/rock alternatif ini konon ini terinspirasi dari pengalaman pribadi gitaris Robertus Febrian dengan seorang teman lama yang sedikit canggung; seorang teman yang tadinya sangat akrab dalam kehidupan sehari-hari namun tiba-tiba berubah menjadi pribadi tidak dikenali lagi setelah sekian lama tidak saling sapa.

“Ada sedikit perasaan kesal ketika nulis lagu ini karena temen yang satu ini tadinya adalah orang yang sangat ramah, tapi sekarang berubah jadi orang yang asing banget,” ungkap Robert.

Lucunya, pengalaman tersebut muncul di memori Robert saat Siddha muncul dengan memberi rekaman suara di smartphone, menyanyikan nada di kata “percuma” pada outro lagu—yang kemudian jadi tema lagu secara keseluruhan.

“Lagu ini jadi tanda kalau kita masih bisa menghasilkan sesuatu ditengah pandemi. Beberapa materi yang memang sudah kita rekam bareng lagu ini bakal segera menyusul untuk rilis,” tambah Argha.

Di wilayah produksi, single ‘Percuma’ digarap pada medio Agustus-September lalu. Tak hanya ‘Percuma’ namun Skandal pun merekam 2 materi lagu lainnya yang sebenarnya sudah mereka godok sejak akhir tahun 2019 silam. Single ‘Percuma’ mendapat giliran dilepas pertama, sedangkan ke-2 lagu lainnya akan dirilis dalam rentang waktu beberapa bulan ke depan, yang artinya akan  dirilis di tahun 2021.

Lagu tunggal ‘Percuma’ tak hanya dirilis ke dalam format audio saja, namun Skandal sekaligus mengemas dan mengeluarkan video musik resmi “Percuma”, yang disutradarai langsung oleh Siddha dan dirilis melalui channel Youtube mereka. Digarap selama seharian penuh pada awal September, video tersebut menghadirkan konsep yang selama ini digemari Siddha ketika melihat video-video musik dekade 90-an; menggunakan lensa fish-eye. Selain ini, video tersebut juga menampilkan balutan warna-warna cerah dan instalasi sederhana berhias bunga-bunga. Kini lagu ‘Percuma’ sudah tersedia di situs Bandcamp juga dijual secara digital di platform lokal The Store Front dan juga sudah bisa kalian dengar diseluruh kanal pemutar musik daring sejak 11 September lalu.

Sebagai informasi, Skandal merupkan grup rock alternatif dengan sentuhan dan gaya pop-rock serta indie rock. Mereka  mengidentifikasi diri sebagai unit masa kini yang memainkan musik sentimentil dengan sisa-sisa pengaruh musik dekade 90-an. Berasal dari kota Yogyakarta, Indonesia, band ini sudah eksis sejak tahun 2011. Sejak awal terbentuk, band ini sudah merilis dua buah demo, sebuah mini album berjudul “Sugar” pada tahun 2016, dan sebagian besar rilisan berupa single.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Skandal

Turbokidz Merilis Album Perdana Dalam Format Compact Disc

Setelah dirilis dalam format digital pada akhir tahun 2022 lalu, Turbokidz kini menghadirkan album perdananya, Oranye, dalam format compact disc (CD).  Tersedia di pasaran mulai 25 Januari 2023 sebagai lanjutan...

Keep Reading

Endgrave Merilis Ode Bagi Jiwa Yang Tidak Pernah Tenang

Endgrave adalah band yang terbentuk pada pertengahan 2022. Semua bermula saat Singgi dan Petra meramu musik dengan mengemas riff-riff gitar yang terbilang tidak biasa. Beragam karakter mulai dari Hardcore, Deathcore,...

Keep Reading

Single Dan Formasi Terbaru Pillhs Castle

Mengubah formasi dari duo menjadi kuintet, dan sebelumnya telah merilis single ‘Moment’, Pillhs Castle yang diisi oleh Nando Septian (vokal), Torkis Waladan Lubis (gitar), Tama Ilyas (gitar), Willy Akbar (bass),...

Keep Reading

Debut Album Resign Leader

Dari Makassar, unit punk rock Resign Leader belum lama ini merilis debut album ‘Sniffing Tears For The Other Bills’. Album yang digarap cukup panjang dan serius ini berisi 12 nomor...

Keep Reading