Skandal Kembali dengan Racau

Skandal, band rock asal Jogjakarta, baru saja merilis single baru mereka, judulnya Racau. Ini merupakan karya lanjutan setelah EP Sugar yang dirilis tahun 2017 yang lalu.

Skandal mengartikan kata racau sebagai suara-suara kebisingan kota yang mau tidak mau setiap harinya selalu berulang untuk didengarkan oleh telinga kita.

“Lagu ini berawal dari kegelisahan saya tentang kemacetan. Ya, mungkin enggak seberapa, tetapi cukup mengganggu mobilitas saat bepergian. Kegelisahan itu pun saya rekam di pocket notebookdengan beberapa akordgitar, lalu saya nyanyikan,” kata Robertus Februari, gitaris/ vokalis.

Materi Racau ini, sebenarnya sudah sangat siap di tengah tahun 2018. Tapi untuk produksinya baru dikerjakan di awal 2019.

“Bisa merilis Racau adalah hal yang menyenangkan. Artinya, kami masih bisa lumayan produktif merilis karya baru di tengah-tengah kompromi bahwa band ini adalah band jarak jauh. Saya tinggal di Jakarta, sementara personel lainnya menetap di Jogjakarta. Saya pribadi juga sangat menyukai materi lagunya. Sekarang sepertinya menjadi lagu favorit saya untuk dimainkan secara langsung,” kata vokalis Yogha Prasiddhamukti.

Single Racau, dirilis oleh Langen Srawa Records dari Tangerang. Ini merupakan kali pertama mereka bekerjasama dengan sebuah label rekaman. Langen Srawa Records merilis Racau dan bentuk fisik dan digital. Khusus untuk versi fisiknya, single ini akan hadir lewat sebuah kaset split dengan band asal Bogor, Texpack.

“Ini semacam lembaran baru bagi Skandal, baik secara musik maupun pola kerja band. Semoga Racau bisa menjadi gerbang pembuka untuk pengalaman dan kolaborasi yang baru lainnya,” ujar Argha Mahendra, drummer.

Mereka memiliki harapan besar dari single ini, harapannya adalah agar orang-orang yang mendengar bisa menggemari lagu ini seperti apa yang mereka rasakan, juga mereka ingin agar orang lebih mengetahui akan keberadaan Skandal dan mencari tahu karya mereka sebelumnya. (*)

Teks: Adjust Purwatama
Foto: Arsip Skandal

Sisi Organik Scaller Dalam "Noises & Clarity"

Kabar baik datang dari Scaller yang baru saja merilis live session (8/7/23) yang kemudian diberi tajuk “Noises & Clarity”. Dalam video ini, grup musik asal Jakarta tersebut tampil membawakan 5...

Keep Reading

Single Ketiga Eleanor Whisper Menggunakan Bahasa Prancis

Grup Eleanor Whisper asal kota Medan yang telah hijrah ke Jakarta sejak 2019 ini resmi merilis single ke-3 yang diberi tajuk “Pour Moi”. Trio Ferri (Vocal/ Guitar), Dennisa (Vocals) &...

Keep Reading

Sajian Spektakuler KIG Live!

Umumkan kehadirannya sebagai pemain baru pada industri konser musik Indonesia, KIG LIVE yang merupakan bagian dari One Hundred Percent (OHP) Group menggelar acara peluncuran resmi yang juga menampilkan diskusi menarik...

Keep Reading

Crushing Grief Gandeng Dochi Sadega Dalam Single Terbaru

Unit pop-punk dari Manado, Crushing Grief, menggandeng Dochi Sadega dari Pee Wee Gaskins, dalam single terbaru mereka yang diberi tajuk “Hard Rain“. Single ini merupakan salah satu lagu yang diambil dari EP...

Keep Reading