Sisi Suram Kondisi Manusia di Album Debut Goodactually

Setelah merilis nomor bertajuk “Longer” di 2021 lalu, unit shoegaze pendatang baru bernama Goodactually akhirnya melepas album mini perdananya yang diberi judul Throwness. Diproduksi di masa pandemi, lewat album ini Goodactually sedang berkisah tentang keadaan manusia di zaman sekarang.

Secara keseluruhan album mini berisi 5 trek ini terlihat menitikberatkan sisi gelap kehidupan manusia modern yang membawa manusia pada keadaan bingung dalam menghadapi realitas cinta dan kehidupan lainnya. Menurut Goodactually, lagu-lagu yang menghuni album mini Throwness bisa dikatakan bersifat kontemplatif dan muram dalam memandang dunia saat ini.

Album dengan musik yang banyak dipengaruhi oleh Slowdive, Ride, DIIV ini memang terlihat pesimistis, tapi ternyata album pendek ini juga menggambarkan ketidakpuasaan atas cara manusia menyikapi dunia sekarang ini, mereka menggambarkan optimismenya untuik mengatasi keterasingan manusia dari dirinya sendiri, baik dalam realitas cinta maupun kehidupannya.

“Padahal kenyataannya jika diungkap banyak sekali sisi gelap yang terjadi pada mereka-mereka yang selalu optimis dalam memang hidup baik dalam realitas cinta dan kehidupan.” Terang Goodactually melalui siar pers.

Dirilis dibawah panji label rekaman independen Sisabi Record, album ini diproduseri langsung oleh Dandy Rizkiawan Waluyo yang juga merupakan drummer dari Goodactually sekaligus founder dari record label yang menaungi mereka.

Di wilayah produksi, Throwness dikerjakan secara mandiri, direkam di kamar rumah Iqbal Suherlan di Bandung dan studio rumah sang produser di Bekasi. Untuk proses mixing dan mastering pun dikerjakan secara langsung oleh Dandy Rizkiawan Waluyo. Sedangkan untuk artwork sendiri digarap oleh Alvy Adianto dan Iqbal Rizkiahafiz Suherlan.

Selain dirilis dalam format digital, dikabarkan album ini juga akan dirilis dalam format fisik dalam jumlah terbatas dan akan dibagikan pada saat rilis party di 6 Februari 2022 mendatang.

Goodactually sendiri baru berdiri di pertengahan tahun lalu, tepatnya di bulan Juli 2021 dan kini dihuni oleh Gina Shalia (vokal), Dandy Rizkiawan Waluyo (drum), Malza Nuzaini (gitar), dan Iqbal Rizkiahafiz Suherlan (bas). Sebelumnya ketiga personil Goodactually tergabung dalam band bernama Delusion Space sebelum akhirnya vokalis Gina Shalia bergabung dan menetapkan nama Goodactually sebagai kendara dalam berkarya.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Goodactually

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading