Sisi Suram Kondisi Manusia di Album Debut Goodactually

Setelah merilis nomor bertajuk “Longer” di 2021 lalu, unit shoegaze pendatang baru bernama Goodactually akhirnya melepas album mini perdananya yang diberi judul Throwness. Diproduksi di masa pandemi, lewat album ini Goodactually sedang berkisah tentang keadaan manusia di zaman sekarang.

Secara keseluruhan album mini berisi 5 trek ini terlihat menitikberatkan sisi gelap kehidupan manusia modern yang membawa manusia pada keadaan bingung dalam menghadapi realitas cinta dan kehidupan lainnya. Menurut Goodactually, lagu-lagu yang menghuni album mini Throwness bisa dikatakan bersifat kontemplatif dan muram dalam memandang dunia saat ini.

Album dengan musik yang banyak dipengaruhi oleh Slowdive, Ride, DIIV ini memang terlihat pesimistis, tapi ternyata album pendek ini juga menggambarkan ketidakpuasaan atas cara manusia menyikapi dunia sekarang ini, mereka menggambarkan optimismenya untuik mengatasi keterasingan manusia dari dirinya sendiri, baik dalam realitas cinta maupun kehidupannya.

“Padahal kenyataannya jika diungkap banyak sekali sisi gelap yang terjadi pada mereka-mereka yang selalu optimis dalam memang hidup baik dalam realitas cinta dan kehidupan.” Terang Goodactually melalui siar pers.

Dirilis dibawah panji label rekaman independen Sisabi Record, album ini diproduseri langsung oleh Dandy Rizkiawan Waluyo yang juga merupakan drummer dari Goodactually sekaligus founder dari record label yang menaungi mereka.

Di wilayah produksi, Throwness dikerjakan secara mandiri, direkam di kamar rumah Iqbal Suherlan di Bandung dan studio rumah sang produser di Bekasi. Untuk proses mixing dan mastering pun dikerjakan secara langsung oleh Dandy Rizkiawan Waluyo. Sedangkan untuk artwork sendiri digarap oleh Alvy Adianto dan Iqbal Rizkiahafiz Suherlan.

Selain dirilis dalam format digital, dikabarkan album ini juga akan dirilis dalam format fisik dalam jumlah terbatas dan akan dibagikan pada saat rilis party di 6 Februari 2022 mendatang.

Goodactually sendiri baru berdiri di pertengahan tahun lalu, tepatnya di bulan Juli 2021 dan kini dihuni oleh Gina Shalia (vokal), Dandy Rizkiawan Waluyo (drum), Malza Nuzaini (gitar), dan Iqbal Rizkiahafiz Suherlan (bas). Sebelumnya ketiga personil Goodactually tergabung dalam band bernama Delusion Space sebelum akhirnya vokalis Gina Shalia bergabung dan menetapkan nama Goodactually sebagai kendara dalam berkarya.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Goodactually

Penanda 17 Tahun GBS Berkarir

Gugun Blues Shelter kembali merilis single kedua setelah sebelumnya pada pertengahan tahun 2022 mereka merilis single Jingga. Kali ini, trio Gugun, Bowie & Fajar melepas Down & Dirty seperti yang...

Keep Reading

Tur Jepang Bangkutaman & Logic Lost

Bangkutaman, grup asal Jogja, melanjutkan seri TauTauTur mereka dengan edisi spesial. Mereka memutuskan untuk bertandang ke Jepang. Tur ini dimulai dari tanggal 27 – 30 November tahun ini. Bukan tanpa...

Keep Reading

Video Musik Bintang Massa Aksi .Feast

Abdi Lara Insani yang merupakan single utama dari album teranyar .Feast berjudul Bintang Massa Aksi ini ternyata masih memiliki keberlanjutan dengan dirilisnya sebuah video klip resmi di kanal YouTube .Feast (22/11/22). Video klip ini melibatkan...

Keep Reading

Kolaborasi Semiotika Dan Iga Masardi

Menggunakan moniker Sagas Midair, Iga Massardi yang merupakan gitaris sekaligus vokalis grup Barasuara merilis single kolaborasi bersama Semiotika, unit Instrumental Rock dari Jambi. Diberi tajuk Iskaashi, rencananya single ini akan...

Keep Reading