Sisi Emosional Musik Hardcore di EP Perdana Revival Mode

Revival Mode, kuartet hardcore dari kota Bandung telah melepas debut mini albumnya bertajuk Love Letter. Ya sesuai titelnya, jika kalian terbiasa menikmati musik hardcore dengan tema-tema perkawanan mau pun perlawanan, lain halnya dengan Revival Mode. Lewat album mini berisi empat nomor lagu ini mereka mencoba mengadaptasi kisah romansa percintaan tanpa terdengar cengeng.

Dirilis dalam format digital, sebelumnya, mereka juga telah memperkenalkan dua nomor via Bandcamp, di antaranya“Loveletter” dan “224” pada Agustus 2021 lalu. Untuk menandai album mini perdana, mereka pun melengkapinya dengan dua nomor paling gres, “Drop The Coin To Call” dan “Bitter pill”.

Kendati musik yang diusung adalah hardcore, namun Revival Mode pun mencoba untuk menyuntikan sedikit formula musik grunge ke dalam musik yang mereka bawakan. Hal tersebut tak bisa dilepaskan juga dari band-band hardcore New York dan Boston serta musik grung era 1990-an yang memang banyak mempengaruhi Revival Mode.

Secara musik, karakteristik yang mereka tunjukan dalam EP ini tetap menonjolkan tajam serta tegasnya suara hardcore, namun mencoba untuk meleburkannya dengan lirik yang bersifat romantis dan menggairahkan. secara lirikal mereka mengadaptasinya dari beragam hal, mulai dari lirik-lirik milik penyanyi lawas Connie Francis hingga band-band hardcore saat ini. Hal-hal semacam itu lah yang menjadikan Love Letter rilisan yang kental akan suara new school hardcore yang ekspresif terhadap emosi.

“Diangkat dari perasaan personal yang selalu menyukai konsep kisah romansa “us against the world”, rentetan lagu di EP ini menjadi representasi dari kisah cinta tersebut tanpa mesti terdengar picisan.” tulis Revival Mode dalam keterang pers.

Dalam prosesnya, Kevin Raf dari Bleach turut berkontribusi untuk mengisi beberapa bagian gitar di dalamnya. Urusan mixing/mastering mereka mempercayakannya kepada Puja Purnama Putra. Kemudian untuk cover, giliran keterampilan tangan Salvius Alvin yang dilibatkan.

Kabarnya dalam waktu dekat EP Love Letter juga bakal dikemas ke dalam format fisik kaset pita. Sementara itu, materinya secara digital sudah beredar dan sudah bisa kalian dengar.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Revival Mode

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading