Single Pembuka Perjalanan Karier Tuan Sendiri

Tuan Sendiri telah melepas nomor debutnya, “Ikrar I”, Jumat (22/10) kemarin. Ini menandai karya pertamanya yang dilepas setelah sekitar tiga tahun malang melintang dari panggung ke panggung.

Tuan Sendiri mencoba mengangkat kesakralan pernikahan dalam singgel perdananya ini. Ia mengatakan bahwa ikrar dalam pernikahan bukan hal sepele dan bukan sekedar ucapan untuk dua orang yang sedang melaksanakannya saja.

“Ikrar dalam pernikahan merupakan hal magis dan sakral, seluruh alam akan mendengar dan ikut menyaksikan untaian penyataan itu. Pasalnya, kita tidak berjanji pada manusia namun pada Tuhan Semesta Alam,” tulisnya dalam keterangan pers.

Untuk produksi musik sendiri, Tuan Sendiri dibantu oleh gitaris kawakan asal Bandung, Nissan Fortz, sebagai produser. Sentuhan gitar akustik yang biasa ia mainkan cocok dengan karakter Tuan Sendiri yang memang punya ciri khas bermain sembari bermain gitar akustik. Nissan Fortz sendiri sebelumnya sering membantu musisi lain untuk menghasilkan karya. Kamilia Shaumil dan Asilah Andreina pernah ia ajak untuk berkolaborasi. Beberapa waktu lalu, ia merilis lagu ber-Bahasa Sunda “Tong Digerung-Gerung” bersama Asep Balon dan Uli Ozara.

Tuan Sendiri merupakan musisi asal Tasikmalaya yang aktif di Bandung namun memulai kariernya di Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Pria bernama asli Taufiq Muhammad Ramdan ini aktif di sebuah kedai kopi di kawasan tersebut yang sering didatangi musisi bergitar akustik lain untuk berbagi ilmu. Tercatat Kanal Pras, Bagas Zaki, dan Jon Kastella sebagai nama-nama yang mewarnai kehidupan musik mereka di sana. Nama yang terakhir disebut bahkan sudah dianggap mentor oleh Tuan Sendiri, bahkan Jon juga yang mengabarkan Siasat Partikelir bahwa rekannya sudah merilis nomor debutnya.

     Baca Juga: Jon Kastella Kembali dengan Format Gitar Vokal dalam “Maka”

“Saya mengikuti Tuan Sendiri dari awal. Dulu dia sering nyanyi sambil main gitar di sana sambil malu-malu. Terus saya lihat anak ini potensinya besar sekali,” tutur Jon tentang perjumpaan pertamanya dengan Tuan Sendiri. “Terus akhirnya saya ajak untuk duduk bersama Pras dan teman-teman lainnya.”

Tuan Sendiri memulai kehidupan bermusiknya dengan musikalisasi puisi-puisi yang ia buat dan menurut Jon itu adalah potensi yang sayang untuk dilewatkan.

“Dari segi (penulisan lirik) dia sudah punya karakter sendiri. Dari sisi musik ia sudah cukup baik,” kata Jon. “Saya katakan cukup karena ia masih punya banyak ruang untuk dieksplorasi.”

Melihat rekannya sudah bisa melanggengkan karyanya sendiri, Jon pun turut berbangga hati.

“Kalau ditanya siapa musisi dari Bandung yang potensial saat ini, saya akan jawab salah satunya ya Tuan Sendiri,” tutupnya.

Teks: Abyan Nabilio
Visual: Arsip dari Tuan Sendiri

Plvmb Memulai Debut Dengan Blue

Bandung kembali memiliki kuintet indiepop yang terdiri dari Vina Anesti (Vokalis), Azka Aulia Rachman (Bass), Diaz Febryan (Drum), Salman Wahid Putra Kamaludin (Gitar), Irfan Zahid Abdussallam  (Gitar). Mereka tergabung ke...

Keep Reading

Superglad Yang Kembali Melangkah

Superglad adalah band yang namanya tidak perlu lagi dipertanyakan di kancah musik tanah air. Setelah diterpa berbagai permasalahan yang sempat terjadi di dalam tubuh mereka, band yang terbentuk sejak tahun...

Keep Reading

Meramu Crossover Hardcore Ke Tahap Terbaru

Dari Sidoarjo, unit Crossover Hardcore yang tergabung dalam Voorstad akhirnya merilis mini album terbaru dengan tajuk Self-titled melalui label Greedy Dust Records. Ini merupakan rilisan kedua Voorstad setelah pada awal...

Keep Reading

Penegasan Warna Terbaru I Punch Werewolf

Penegasan eksistensi I Punch Werewolf melalui video klip lagu terbaru dengan judul Broken. Unit ini terus menggebrak kancah musik dengan beragam rilisannya. Untuk lagu ini sendiri dibuat lebih mengayun, namun...

Keep Reading