Single On Sailboat Beneath The Sky oleh Gabriela Fernandez

Dalam kondisi pandemi, para pelaku musik telah berupaya untuk terus produktif, menjaga kreativitasnya dan memberi nafas bagi karya-karyanya itu sendiri. Begitu pula yang dilakukan oleh Gabriela Fernandez. Setelah tahun lalu merilis single yang berjudul “Insomnia Song” berkolaborasi dengan Resha Aditya sebagai di bass (bassist EndahandResha) dan Raditya Somay di perkusi. Kali ini Ia merilis single kelimanya yang berjudul “On A Sailboat Beneath The Sky” pada 7 April 2021.

Gabriela Fernandez adalah sosok wanita berdarah Flores (NTT) dengan segudang talenta yang sekarang menetap di Yogyakarta, dan berkarya sebagai seorang musisi sekaligus penulis lagu. Sedari duduk di bangku sekolah dasar, ia telah mengikuti kursus piano klasik dan aktif sebagai penyanyi gereja saat menginjak pendidikan sekolah menengah pertama. Inspirasinya saat membuat lagu tidaklah rumit.

Jika melihat karya yang sebelumnya, lagu-lagu yang ia ciptakan terasa ceria, personal, dan dekat dengan kehidupan sehari-hari  kini berevolusi, menggali diri semakin  dalam melalui single terbarunya ini.  “On A Sailboat Beneath The Sky” merupakan lagu yang menggambarkan sebuah kerinduan,perjalanan diri, bercerita tentang rumah dan pulang pada setiap diri masing- masing. Lagu ini erat kaitannya dengan isu mental health yang semakin marak semasa pandemi, yang tidak jauh-jauh, juga dialami oleh Gabriela sendiri. Ia berharap, pengalamannya yang dituangkan dalam karya dapat menyentuh banyak orang yang mungkin juga mengalami hal yang sama.

Dalam proses kretifnya Gabriella ditemani oleh teman-teman musisinya, Ada Setyawan Agung Nugroho pada cello, Yulius Andar Prabowo pada drum, Samuel Pardosi pada bass, dan Ahmad Mursid pada terompet. Setiap suara dari instrumen tersebut dieksplorasi sehingga bisa menggambarkan suasana yang bercerita, dari gesekan cello yang mewakili suara paus, hingga suara terompet yang menggambarkan suara kapal yang berangkat, simbolisme dari perjalanan. Beberapa soundscape seperti suara laut juga ditambahkan untuk menambah suasana.

Memadukan antara musik, seni lukis dan psikologi yang ditekuni Gabriela Fernandez, artwork dari lagu “On A Sailboat Beneath The Sky” juga dibuat olehnya sendiri, dari lukisan yang dipamerkannya yang dipadu dengan kolase digital. Masih bekerjasama dengan Rhesa Aditya sebagai co-produser dan sosok yang mengerjakan mixing mastering lagu ini, Gabriella menyaksikan secara langsung bagaimana proses teknik mixing mastering dari single yang ia ciptakan.

Perilisan lagu ini akan digelar bersamaan dengan pameran tunggal berjudul “Sailing, Home”, menghadirkan lukisan-lukisan Gabriela Fernandez yang merupakan hasil olahan emosi yang dirasakannya. Dan untuk musik videonya sendiri akan segera dirilis tidak jauh setelah perilisan official Audio yang dapat didengarkan di platform- platform musik digital, dan video liriknya bisa di tonton di channel Youtube Gabriela Fernandez sejak tanggal 7 April 2021.

 

Teks: Rizky M Akbar

Visual: Arsip dari Gabriela Fernandez

Tambah Line Up, Hammersonic Siap Hadirkan 53 Band Metal dan Rock Dunia!

Setelah mengalami beberapa kali penundaan, festival musik metal raksasa Hammersonic akhirnya dipastikan siap digelar pada awal tahun 2023. Sebelumnya salah satu headliner yakni Slipknot telah mengumumkan konfirmasi lewat unggahan twitter...

Keep Reading

Kolaborasi Selanjutnya Antara Yellow Claw dan Weird Genius

Duo Belanda Yellow Claw kembali berkolaborasi dengan Weird Genius mengusung lagu baru bertajuk ‘Lonely’ bersama finalis Indonesian Idol Novia Bachmid. Weird Genius dan Yellow Claw sebelumnya pernah berkolaborasi di lagu...

Keep Reading

Reruntuhan Akhir Dunia di Album Keempat Extreme Decay

Usai melepas beberapa materi pemanasan menuju album barunya, unit Grindcore kota Malang, Extreme Decay, akhirnya secara resmi melepas album keempatnya pada 29 April 2022 lalu yang diberi tajuk Downfall Of...

Keep Reading

KIAMAT Bagi Rekah di Album Perdananya

Sejak kemunculannya di medio 2015 lalu, unit skramz/blackgaze Rekah sudah mencuri perhatian dengan materi-materi musiknya. Tujuh tahun berlalu, bertepatan dengan Hari Buruh Internasional yang jatuh di awal Mei 2022 lalu,...

Keep Reading