Single Kolaborasi Weird Genius dan Yellow Claw

Beberapa waktu kemarin kita sempat dihebohkan dengan cuitan di Twitter yang mengatakan kalau Yellow Claw adalah band dari Depok dan kemudian dibalas oleh grup tersebut bahwa mereka berasal dari JakSel. Hal ini pun sontak membuat heboh jagat maya dan menimbulkan banyak spekulasi yang cukup aneh-aneh. Padahal aslinya mereka berasal dari Belanda, namun karena kecintaan mereka terhadap Indonesia, hal itu sering kali mereka lakukan. Bukan apa-apa, mereka hanya ingin lebih dekat lagi dengan para penggemar mereka di negeri ini. Selain itu, mereka juga memiliki sebuah label yang diberi nama dengan makhluk mitos yang berasal Bali, yang bernama Barong. Nah, baru saja nih, mereka menghadirkan sebuah lagu baru. Tapi di sini mereka tidaklah sendiri. Secara khusus mereka melakukan kolaborasi bersama grup EDM yang sekarang sedang banyak diperbincangkan di mana-mana, yaitu Weird Genius. Kolaborasi supergrup ini akhirnya merilis single mereka bertajuk ‘Hush’ yang menampilkan penyanyi Indonesia Reikko, dan dirilis melalui Pluus Records serta dalam kemitraan dengan Barong Family. Hush telah dirilis pada 31 Juli 2020 di seluruh digital platform.

Kolaborasi Weird Genius dan Yellow Claw ini mempertemukan kultur antara Timur dan Barat, walaupun salah satu dari member Yellow Claw sekarang sudah berbasis di Bali, banyak pihak sudah memprediksi kolaborasi ini dan seharusnya bukan hal yang mengejutkan lagi melihat duo Belanda ini akhirnya berkolaborasi dengan beberapa talenta terbaik dari Indonesia. Weird Genius hadir setelah rilis terbesar mereka hingga saat ini, yang telah memecahkan rekor tunggal dengan lagunya ‘Lathi’ dan mengakumulasi lebih dari 150 juta stream di seluruh dunia dan memegang tempat # 1 di Spotify selama lebih dari 6 minggu di Indonesia, di YouTube , Joox dan mencapai nomor 2 di tangga lagu Viral Global.

“Kami dan Weird Genius sudah beberapa tahun belakangan sudah menjalin pertemanan yang cukup baik, kami selalu bertemu ketika kami berada di Jakarta. Ketika Reza mulai menekuni musik dengan lebih serius dengan teman-temannya, seketika percakapan tentang kolaborasi ini datang secara alami. Jelas kami membuat ini melalui internet karena kami tidak bisa bertemu muka antara satu sama lain selama berbulan-bulan, tetapi kami rasa ini sangat luar biasa.”

Kita sudah kenal Yellow Claw, album terbaru mereka ‘Never Dies’ yang dirilis oleh Roc Nation dan pastinya mereka telah sering berkeliling di beberapa festival dunia. Diskografi eklektik mereka yang telah berhasil di industri musik global dan telah mengukir hits di berbagai spektrum, diantaranya kolaborasi dengan beberapa legenda besar seperti DJ Snake, San Holo, Krewella, Galantis, Flux Pavillion, beberapa ikon Hip-hop termasuk A$AP Ferg , Lil Toe, Saweetie, Lil Debbie, Mustard dan Migos anggota Offset, dan Era Istrefi, Inna dan Tinashe yang telah melahirkan beberapa lagu pop andalan.

Weird Genius, Yellow Claw - Hush (Album Cover)

Di lagu ini mereka meninggalkan identitas musik trap dan bass yang melekat di Yellow Claw dan Weird Genius, dengan ‘Hush’ ini yang bernuansakan pop, bercerita tentang kisah cinta yang rumit serta toxic. ‘Hush’ bernuansa pagi hari dimana sepasang kekasih yang mulai ragu akan perasaan mereka masing-masing, dan begitu banyak perkataan orang-orang terhadap hubungan mereka.

Lagu ini dirilis melalui Pluus Records, label yang merupakan kemitraan antara sebuah artis manajemen dan agensi digital management terbesar di Asia, Gushcloud (didirikan oleh Althea Lim dan Russel Simmons Co-Founder Def Jam), bersama Reza Oktovian (Weird Genius), dan Rick Tjong yang juga selaku A&R label ini. Sejak berdirinya tahun 2019, Pluus telah merilis beberapa artis bergenre  Pop, Hip-Hop dan Elektronik serta akan selalu mencari dan mengembangkan talenta terbaik Indonesia untuk masa depan, yang kini telah bersinergi bersama beberapa artis ternama di dunia.

“Setelah mendukung musik Yellow Claw di set kami untuk waktu cukup lama, akhirnya kami senang dapat bergabung dengan mereka di track bersama ini. Kami langsung tahu hal ini akan menjadi sesuatu yang istimewa ketika percakapan muncul. Karena kami semua berkolaborasi dalam masa pandemi ini, daripada memproduksi lagu yang biasanya dikonsumsi oleh klub, kami lebih memilih untuk membuat sesuatu yang lebih santai. Semoga orang-orang akan dapat menikmati ‘Hush’ tidak peduli apa yang mereka lakukan.”

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Weird Genius

Mari Rayakan Akhir Pekan Di M Bloc Fest 2022

M Bloc Space merayakan ulang tahunnya yang ke-3 dengan membuat beragam keriaan: The Writers Festival (24 – 25 September), M Bloc Music Week (25 September – 2 Oktober), Pasar Wastra...

Keep Reading

Sad But True Menggurat Kisah Sedih

Kuartet Sad But True, unit heavy pop-punk, kini solid digawangi oleh Anisham (vokal), Hery (Gitar), Ryan Fakk (Bass), dan Kicot (Drum) tidak ingin berlama-lama untuk menjadi pasif. Langkah konkret yang...

Keep Reading

Persembahan Dhira Bongs Pasca Pandemi

Dhira Bongs, solois pop asal Bandung yang makin melebarkan gaung dengan merilis album studio baru bertajuk A Tiny Bit of Gold in The Dark Ocean. Album penuh ketiga setelah My...

Keep Reading

Kejutan Dari Bas Boi Yang Menggandeng Feel Koplo

Melangkah tanpa henti, Basboi kembali merilis materi yang sudah beberapa kali iya bawakan sebagai kejutan di konser-konsernya berjudul U DA BEST. Sebelumnya, solois ini sukses menggelar tur albumnya di enam...

Keep Reading