SIMPULMATI yang Meradang di Nomor "Nekrohimne"

Tak bisa dipungkiri, Surabaya adalah salah satu gerbong musik ekstrim di Indonesia. Generasi musik di kota ini tak pernah berhenti. Kali ini ada SIMPULMATI yang menunjukan eksistensinya, unit deathmetal asal Surabaya ini sedang mempersiapkan album penuhnya. Namun, sebelum menuju perilisan album penuh, sebagai pemanasan, baru-baru ini mereka telah melepas sebuah video musik untuk nomor “Nekrohimne”

Dirilis di permulaan Mei 2022, nomor “Nekrohimne” merupakan sebuah ode untuk ruh para insan yang telah gugur dalam ketidakpuasan. Lewat nomor ini, unit yang dihuni oleh Bima (vokal), Windra (gitar), Arif (gitar), Yusuf (bas), dan Zanek (drum) ini sedang berupaya untuk menghidupkan kembali memori para pendengarnya tentang mereka yang gigih melawan penindasan namun akhirnya terlupakan.

“Persembahan untuk raga yang berjuang dalam keberanian dan dilebur oleh pengkhianatan.” Tegas SIMPULMATI dalam keterangan pers.

Tema-tema yang diangkat oleh SIMPULMATI pun dihadirkan dalam video musiknya. Video yang didominasi warna merah dan hitam tesebut adalah sebuah doa sekaligus pemicu bagi pendengar agar tetap berjuang dalam kebenaran.

“Visual dalam video ini menggambarkan keadaan dimana ego kita mengikis sejarah perjuangan pendahulu.” Lanjutnya.

Berbicara tentang album, barangkali lewat singlenya ini kita bisa sedikit tahu kemana arah album perdananya nanti. Menurut SIMPULMATI, album bertitel Opera Merah ini bakal banyak menyuguhkan tema-tema yang dekat dengan sejarah kelam negeri ini. Termasuk sejarah pembantaian terhadap insan yang berusaha menyampaikan pesan kebenaran tapi dibungkam paksa oleh oknum-oknum yang serakah. Dibungkam oleh ego saat kita tersesat dalam kefanaan.

“Banyak hal serupa perihal kejadian masa lalu dan sekarang. Khususnya soal orang-orang yang sudah berusaha untuk membuat keadaan menjadi lebih baik, namun orang itu hilang secara fisik ataupun hilang karena terlupakan”, kata Bima.

Kabarnya, album Opera Merah bakal dirilis pada Juli 2022 mendatang. Selagi mendunggu albumnya dilepas, kini video musik “Nekrohimne” sudah bisa kalian simak di kanal YouTube SIMPULMATI.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Simpulmati

Kolaborasi Selanjutnya Antara Yellow Claw dan Weird Genius

Duo Belanda Yellow Claw kembali berkolaborasi dengan Weird Genius mengusung lagu baru bertajuk ‘Lonely’ bersama finalis Indonesian Idol Novia Bachmid. Weird Genius dan Yellow Claw sebelumnya pernah berkolaborasi di lagu...

Keep Reading

Reruntuhan Akhir Dunia di Album Keempat Extreme Decay

Usai melepas beberapa materi pemanasan menuju album barunya, unit Grindcore kota Malang, Extreme Decay, akhirnya secara resmi melepas album keempatnya pada 29 April 2022 lalu yang diberi tajuk Downfall Of...

Keep Reading

KIAMAT Bagi Rekah di Album Perdananya

Sejak kemunculannya di medio 2015 lalu, unit skramz/blackgaze Rekah sudah mencuri perhatian dengan materi-materi musiknya. Tujuh tahun berlalu, bertepatan dengan Hari Buruh Internasional yang jatuh di awal Mei 2022 lalu,...

Keep Reading

Indra7 Lepas Gabriel EP Lewat Dead Pepaya

Di kancah musik elektronik, nama Indra Asikin Isa atau yang lebih akrab disapa Indra7 tentu tak bakal asing di telinga kita. Perjalanannya merentang panjang. Jejaknya bisa kita simak diberbagai medium...

Keep Reading