SIMPULMATI yang Meradang di Nomor "Nekrohimne"

Tak bisa dipungkiri, Surabaya adalah salah satu gerbong musik ekstrim di Indonesia. Generasi musik di kota ini tak pernah berhenti. Kali ini ada SIMPULMATI yang menunjukan eksistensinya, unit deathmetal asal Surabaya ini sedang mempersiapkan album penuhnya. Namun, sebelum menuju perilisan album penuh, sebagai pemanasan, baru-baru ini mereka telah melepas sebuah video musik untuk nomor “Nekrohimne”

Dirilis di permulaan Mei 2022, nomor “Nekrohimne” merupakan sebuah ode untuk ruh para insan yang telah gugur dalam ketidakpuasan. Lewat nomor ini, unit yang dihuni oleh Bima (vokal), Windra (gitar), Arif (gitar), Yusuf (bas), dan Zanek (drum) ini sedang berupaya untuk menghidupkan kembali memori para pendengarnya tentang mereka yang gigih melawan penindasan namun akhirnya terlupakan.

“Persembahan untuk raga yang berjuang dalam keberanian dan dilebur oleh pengkhianatan.” Tegas SIMPULMATI dalam keterangan pers.

Tema-tema yang diangkat oleh SIMPULMATI pun dihadirkan dalam video musiknya. Video yang didominasi warna merah dan hitam tesebut adalah sebuah doa sekaligus pemicu bagi pendengar agar tetap berjuang dalam kebenaran.

“Visual dalam video ini menggambarkan keadaan dimana ego kita mengikis sejarah perjuangan pendahulu.” Lanjutnya.

Berbicara tentang album, barangkali lewat singlenya ini kita bisa sedikit tahu kemana arah album perdananya nanti. Menurut SIMPULMATI, album bertitel Opera Merah ini bakal banyak menyuguhkan tema-tema yang dekat dengan sejarah kelam negeri ini. Termasuk sejarah pembantaian terhadap insan yang berusaha menyampaikan pesan kebenaran tapi dibungkam paksa oleh oknum-oknum yang serakah. Dibungkam oleh ego saat kita tersesat dalam kefanaan.

“Banyak hal serupa perihal kejadian masa lalu dan sekarang. Khususnya soal orang-orang yang sudah berusaha untuk membuat keadaan menjadi lebih baik, namun orang itu hilang secara fisik ataupun hilang karena terlupakan”, kata Bima.

Kabarnya, album Opera Merah bakal dirilis pada Juli 2022 mendatang. Selagi mendunggu albumnya dilepas, kini video musik “Nekrohimne” sudah bisa kalian simak di kanal YouTube SIMPULMATI.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Simpulmati

Semeti Medley, MV The Dare Besutan Allan Soebakir

Pantai! Lombok! Apa yang pertama terlintas di benak kita mendengar dua kata diatas. Tentunya hamparan garis pantai nan panjang lengkap dengan pasir putih, ombak yang riang dan air laut yang...

Keep Reading

Morgensoll Luncurkan Nomor Ganda “NT/M(o)” dan “Till I’m Forgiven”

Unit post-metal Jakarta, Morgensoll baru-baru ini telah memperkenalkan karya teranyanyar. Kali ini mereka datang dengan nomor ganda “NT/M(o)” dan “Till I’m Forgiven” yang sudah bisa dinikamti di semua kanal musik...

Keep Reading

Cerita Iblis dan Manusia di Album Kedua Parakuat

Ranah musik elektronik di Indonesia selalu menarik untuk di simak, terlebih geliatnya di arus pinggir. Banyak seniman bunyi muncul dengan coraknya sendiri dan membawa hasil eksperimentasinya masing-masing. Ranah ini terus...

Keep Reading

The Jansen Persembahkan Album Ketiga

Usai melepas nomor “Mereguk Anti Depresan Lagi” yang cukup mencuri perhatian, The Jansen, trio punk rock dari kota hujan Bogor akhirnya meluncurkan album ketiganya bertajuk “Banal Semakin Binal” (29/7) dalam...

Keep Reading