“Silence of Christmas”, Momen Natal yang Lirih dari D'Cinnamons

“… all the warmth of Christmas this year, they’re not the same without you….”

Begitulah penggalan lirik dari lagu terbaru milik trio pop akustik asal Bandung, D’Cinnamons. Umumnya bagi mereka yang merayakannya, Natal adalah sebuah luapan kebahagiaan, keceriaan, kehangatan sekaligus momentum berkumpulnya keluarga serta orang-orang terkasih. Namun D’Cinnamons mencoba menyampaikan pesan yang berbeda dari perayaan itu lewat lagu terbarunya yang bertajuk “Silence of Christmas”.

Pengalaman pribadi sang vokalis/gitaris, Diana ‘Dodo’ Widoera yang telah kehilangan seseorang dan harus merasakan Natal tanpa kehadirannya telah menggiringnya untuk melahirkan sebuah lagu. Ia menumpahkan kesedihannya di situ. Bersama dua rekannya di D’Cinnamons, yakni Bona Ventura (gitar) dan Riana ‘Nana’ Mayasari (bass), Dodo pun merangkai rasa kehilangan itu lewat lagu bertajuk “Silence of Christmas”.

“Lagu D’Cinnamons ini berbeda dibanding mayoritas lagu Natal lainnya, yang biasanya happy, senang-senang, fun…,” terang Bona lewat keterangan pers tentang muatan single tersebut.

Di “Silence of Christmas” ini, D’Cinnamons lebih menekankan pada kekhusukannya, karena berkaitan dengan rasa kehilangan seseorang saat Natal.

“Pertama kali yang gue bayangin waktu Dodo cerita kehilangan seorang sahabat itu, ya Natal dengan makan malam yang berbeda. Biasanya, nuansanya kan ceria dengan lampu-lampu yang terang dan hangat. Yang ini, semuanya tetap ada, tapi rasanya lebih dingin, sepi, senyap,” ujar Nana menambahkan.

Tapi, D’Cinnamons menegaskan, “Silence of Christmas” sebenarnya bukan karya lagu yang mengajak untuk meratap dan merasakan kesedihan berlarut-larut. Walau bertema kehilangan, namun lagu ini justru dihadirkan untuk menguatkan mereka yang pernah merasakan hal yang sama.

“Saat kehilangan seseorang yang pernah dekat, memang tidak mudah, tapi kita harus menerima itu,” tutur Dodo meyakinkan.

Ia sendiri merasa, justru terbantu menguatkan hati lewat lagu itu. Dan Dodo berharap, orang-orang yang mendengarkannya juga bisa merasakan hal yang sama. Pada bagian akhir lagu, Dodo meneteskan sebaris lirik yang berbunyi: ‘’… to have you here, in my heart’. Itulah inti dari keseluruhan lagu.

“Kalimat itu tuh bener banget menurut aku, gimana cara kita ngelepasin seseorang, entah itu sahabat, siapa pun itu dalam hidup kita. Pada akhirnya ya bagaimana kita menghargainya, bagaimana kita mencintainya, dengan mengingatnya di hati kita. Dia memang hidupnya di sini (di hati), dia nggak akan kemana-mana.” tutup Dado

Kini single “Silence of Christmas” sudah tersedia diberbagai kanal pemutar musik digital. Selamat mendengarkan dan selamat Hari Raya Natal.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari D’Cinnamons

Meramu Crossover Hardcore Ke Tahap Terbaru

Dari Sidoarjo, unit Crossover Hardcore yang tergabung dalam Voorstad akhirnya merilis mini album terbaru dengan tajuk Self-titled melalui label Greedy Dust Records. Ini merupakan rilisan kedua Voorstad setelah pada awal...

Keep Reading

Penegasan Warna Terbaru I Punch Werewolf

Penegasan eksistensi I Punch Werewolf melalui video klip lagu terbaru dengan judul Broken. Unit ini terus menggebrak kancah musik dengan beragam rilisannya. Untuk lagu ini sendiri dibuat lebih mengayun, namun...

Keep Reading

Metal Kecil Versi Paling Mutakhir Powerslaves

Powerslaves adalah nama legendaris dalam kancah musik rock tanah air. Unit rock ini baru saja melepas Metal Kecil (Remastered) (13/11/22). Single versi teranyar ini merupakan tindak lanjut dari “Semarang (Remastered)” yang...

Keep Reading

Hadiah Ulang Tahun Pernikahan

Vlaminora, unit musik baru asal Bali, melepas singel perdana bertajuk “Kemarau Rindu” bersama label rekaman asal Jakarta, demajors. Singel tersebut hadir di berbagai platform streaming digital mulai 12 November 2022....

Keep Reading