Shena Malsiana: Merilis Karya di Sisi yang Lain

Single Melawan Awan adalah karya terbaru Shena Malsiana, seorang penyanyi yang menyandang status jebolan X Factor Indonesia. Enam tahun setelah keikutsertaannya di ajang pencarian bakat itu, ia menemukan dirinya berdiri di sisi industri yang lain; jalur independen.

Belokan ini dimulai pada 2017, ketika ia mengeluarkan single bertajuk What Do You Need yang juga ditulis sendiri olehnya. Dalam proses eksekusi lagu tersebut, Shena mengaku banyak mendapatkan pembelajaran baru sebagai musisi independen.

“Pembelajaran-pembelajaran itu sangat mahal harganya dan perlu dipelajari lebih lanjut. Oleh karena itu, perlu waktu selama dua tahun untuk akhirnya bisa merilis single berikutnya,” kata Shena.

Single Melawan Awan ini bercerita tentang seseorang yang akan berpergian jauh meninggalkan orang terkasih, demi mengemban tanggung jawab yang lebih besar. Semisal sekolah, kuliah atau bekerja. Sumber inspirasinya adalah ayahnya sendiri. Profesinya sebagai pilot mengharuskan ia mesti rela menerjang badai, petir, hujan dan angin kencang untuk menjalani tanggung jawab seorang kepala keluarga.

“Lagu ini berpesan, bahwa yang sakit dan bersedih bukan selalu yang ditinggalkan, tapi yang meninggalkan pun juga demikian. Mereka harus menahan rindu akan kehadiran orang tersayang, suasana rumah, makanan rumah, dan lain-lain, namun di sisi lain mereka juga harus menjalani tanggung jawabnya dalam kesendirian,” ungkapnya.

Melawan Awan ditulis oleh Shena bersama rekannya, Sukma Raya dari Mabes Music, yang sekaligus menjadi produser dari lagu tersebut.

“Gua sering banget dapet inspirasi lagu pas lagi bepergian, untuk single Melawan Awan ini inspirasi dateng pas perjalanan dari Malang ke Jakarta menggunakan pesawat. Nadanya udah kebayang langsung rekam di voice note, penulisan draft lirik cepet banget, terus langsung brainstorming sama Sukma Raya, buat cari chord nya bareng-bareng,” jelasnya sedikit kilas balik ke proses penciptaan lagu ini. (*)

Teks: Rizki Firmansyah
Foto: Arsip Shena Malsiana

Mari Rayakan Akhir Pekan Di M Bloc Fest 2022

M Bloc Space merayakan ulang tahunnya yang ke-3 dengan membuat beragam keriaan: The Writers Festival (24 – 25 September), M Bloc Music Week (25 September – 2 Oktober), Pasar Wastra...

Keep Reading

Sad But True Menggurat Kisah Sedih

Kuartet Sad But True, unit heavy pop-punk, kini solid digawangi oleh Anisham (vokal), Hery (Gitar), Ryan Fakk (Bass), dan Kicot (Drum) tidak ingin berlama-lama untuk menjadi pasif. Langkah konkret yang...

Keep Reading

Persembahan Dhira Bongs Pasca Pandemi

Dhira Bongs, solois pop asal Bandung yang makin melebarkan gaung dengan merilis album studio baru bertajuk A Tiny Bit of Gold in The Dark Ocean. Album penuh ketiga setelah My...

Keep Reading

Kejutan Dari Bas Boi Yang Menggandeng Feel Koplo

Melangkah tanpa henti, Basboi kembali merilis materi yang sudah beberapa kali iya bawakan sebagai kejutan di konser-konsernya berjudul U DA BEST. Sebelumnya, solois ini sukses menggelar tur albumnya di enam...

Keep Reading