Shena Malsiana: Merilis Karya di Sisi yang Lain

Single Melawan Awan adalah karya terbaru Shena Malsiana, seorang penyanyi yang menyandang status jebolan X Factor Indonesia. Enam tahun setelah keikutsertaannya di ajang pencarian bakat itu, ia menemukan dirinya berdiri di sisi industri yang lain; jalur independen.

Belokan ini dimulai pada 2017, ketika ia mengeluarkan single bertajuk What Do You Need yang juga ditulis sendiri olehnya. Dalam proses eksekusi lagu tersebut, Shena mengaku banyak mendapatkan pembelajaran baru sebagai musisi independen.

“Pembelajaran-pembelajaran itu sangat mahal harganya dan perlu dipelajari lebih lanjut. Oleh karena itu, perlu waktu selama dua tahun untuk akhirnya bisa merilis single berikutnya,” kata Shena.

Single Melawan Awan ini bercerita tentang seseorang yang akan berpergian jauh meninggalkan orang terkasih, demi mengemban tanggung jawab yang lebih besar. Semisal sekolah, kuliah atau bekerja. Sumber inspirasinya adalah ayahnya sendiri. Profesinya sebagai pilot mengharuskan ia mesti rela menerjang badai, petir, hujan dan angin kencang untuk menjalani tanggung jawab seorang kepala keluarga.

“Lagu ini berpesan, bahwa yang sakit dan bersedih bukan selalu yang ditinggalkan, tapi yang meninggalkan pun juga demikian. Mereka harus menahan rindu akan kehadiran orang tersayang, suasana rumah, makanan rumah, dan lain-lain, namun di sisi lain mereka juga harus menjalani tanggung jawabnya dalam kesendirian,” ungkapnya.

Melawan Awan ditulis oleh Shena bersama rekannya, Sukma Raya dari Mabes Music, yang sekaligus menjadi produser dari lagu tersebut.

“Gua sering banget dapet inspirasi lagu pas lagi bepergian, untuk single Melawan Awan ini inspirasi dateng pas perjalanan dari Malang ke Jakarta menggunakan pesawat. Nadanya udah kebayang langsung rekam di voice note, penulisan draft lirik cepet banget, terus langsung brainstorming sama Sukma Raya, buat cari chord nya bareng-bareng,” jelasnya sedikit kilas balik ke proses penciptaan lagu ini. (*)

Teks: Rizki Firmansyah
Foto: Arsip Shena Malsiana

Tambah Line Up, Hammersonic Siap Hadirkan 53 Band Metal dan Rock Dunia!

Setelah mengalami beberapa kali penundaan, festival musik metal raksasa Hammersonic akhirnya dipastikan siap digelar pada awal tahun 2023. Sebelumnya salah satu headliner yakni Slipknot telah mengumumkan konfirmasi lewat unggahan twitter...

Keep Reading

Kolaborasi Selanjutnya Antara Yellow Claw dan Weird Genius

Duo Belanda Yellow Claw kembali berkolaborasi dengan Weird Genius mengusung lagu baru bertajuk ‘Lonely’ bersama finalis Indonesian Idol Novia Bachmid. Weird Genius dan Yellow Claw sebelumnya pernah berkolaborasi di lagu...

Keep Reading

Reruntuhan Akhir Dunia di Album Keempat Extreme Decay

Usai melepas beberapa materi pemanasan menuju album barunya, unit Grindcore kota Malang, Extreme Decay, akhirnya secara resmi melepas album keempatnya pada 29 April 2022 lalu yang diberi tajuk Downfall Of...

Keep Reading

KIAMAT Bagi Rekah di Album Perdananya

Sejak kemunculannya di medio 2015 lalu, unit skramz/blackgaze Rekah sudah mencuri perhatian dengan materi-materi musiknya. Tujuh tahun berlalu, bertepatan dengan Hari Buruh Internasional yang jatuh di awal Mei 2022 lalu,...

Keep Reading