Sheeka Ajak Bernostalgia ke Era "80-an Melalui Persembahan Setahun Perdana

Setelah meluncurnya tembang “Hadirmu” Juli lalu, Sheeka mempersembahkan pertunjukan live pada perayaan ulang tahun pertamanya. Sheeka terbentuk pada akhir tahun 2020 dengan memperkenalkan diri sebagai – Indonesian Energetic Groove. Grup yang digawangi oleh Tyara Ardita (vokal), Chaeluminati (bas, sequencer), Diaz Guntara (gitar, perkusi), Ghilang Prassetya (gitar), Ratih Putria (kibor, synth), dan Zulfikar Etsa (drum) akan menguak proses kreatif “Hadirmu”, hingga misi yang mereka bawa di sesi wawancara yang akan tersaji dalam kemasan “Persembahan Setahun Perdana”. Melalui pertunjukan ini, Sheeka berharap dapat memperkenalkan formasi dan musik energik yang mereka suguhkan kepada khalayak umum dengan sajian khas Sheeka.

Tumbuh besar diiringi berbagai lagu kejayaan musik Indonesia masa lalu, inspirasi unit pop asal Bandung ini dalam bermusik terbentuk dari ketertarikan yang sama pada masing-masing personel terhadap musik pop Indonesia era “80-an. Salah satunya pada nuansa musik disko, funk, groove, dan urban pop yang merajai tangga lagu pada masa itu yang secara otomatis pula menjadi legenda hidup kejayaan musik Indonesia. Referensi di atas merupakan sebuah benang merah yang akan direpresentasikan oleh Sheeka melalui perilisan video live session perdana mereka.

Live session Sheeka dibagi menjadi dua video, video pertama menampilkan singgel perdana mereka, “Hadirmu”, dan video kedua menampilkan  “Sejam Lagi” yang dipopulerkan oleh Cici Sumiati, ciptaan Marie Fioole/Tommy.W.S. Melalui penampilan perdananya, Sheeka mengajak semua orang untuk bernostalgia kembali ke era “80-an.

Selain penampilan lagu dari Sheeka, rilisan video ini juga memotong jarak antara personel Sheeka dengan pendengarnya melalui intimate talkshow pada awal video. Salah satunya penjelasan makna nama Sheeka. Menurut drummer Zulfikar Etsa, “Selain bermakna pengingat, Sheeka juga bermakna pesona dan kharisma. Kami ingin penikmat musik mengingat karya-karya kami dalam berbagai kondisi.”

Diaz Guntara juga menjelaskan tagline Indonesian Energetic Groove, menurutnya misi Sheeka adalah merangkum musik-musik energik yang menggairahkan dengan lirik ber-Bahasa Indonesia. Sheeka ingin mengingatkan bahwa ada karya dari legenda hidup kejayaan musik Indonesia yang wajib didengarkan khalayak luas. Untuk itu, Sheeka menggubah ulang lagu untuk mengingatkan karya-karya tersebut dalam format full band. Menurut penuturan gitaris Ghilang Prassetya dan basis Chaeluminati, proses kreatif Sheeka dalam pembuatan sebuah karya didasarkan pada asas badami (rembukan) di mana proses aransemen musik dilakukan bersama. “Sehingga karakter musik Sheeka tuh terbentuk karena kami berenam memberikan sumbangsih ide untuk karya Sheeka dan tentunya masing-masing personel Sheeka memiliki ciri khas tersendiri yang disinergikan di dalam Sheeka,” ujar Chaeluminati.

“Sejam Lagi” sendiri merupakan lagu yang berarti bagi Sheeka. Lagu tersebut memiliki ikatan personal dengan masing-masing personel Sheeka.

Jangan lewatkan penayangan perdana live session Sheeka di SPTV!

Teks: Siasat Partikelir
Visual: Arsip dari Sheeka

Catatan Perjalanan Rich Brian di Album Mini Brightside

Rapper, penyanyi serta produser asal Indonesia, Rich Brian baru-baru ini resmi merilis album mini terbarunya yang bertajuk Brightside. Lewat album mini berisi 4 lagu ini Rich Brian mengatakan bahwa Brightside merupakan...

Keep Reading

Keseruan Selanjutnya di Soundhead Gig Vol. 3: Parsing Echoes

Tak bisa dipungkiri, pandemi yang terjadi beberapa tahun terakhir telah berhasil meluluhlantakan berbagai lini industri hiburan, tak terkecuali industri pertunjukan musik. Namun, ditengah tantangan yang ada, para pelaku industri terus...

Keep Reading

Kisah Cinta di Balik Pertunjukan Musik dari The Rang-Rangs

Trio punk rock asal Bekasi, The Rang-Rangs, kembali melanjutkan cerita asmaranya yang tak konvensional. Dalam materi terbarunya kali ini The Rang-Rangs mencoba mengangkat cerita persoalan jatuh hati di arena pertunjukan...

Keep Reading

Album Tersembunyi Mendiang January Christy Akhirnya Dirilis

Di era ‘80-an, tak sedikit orang yang mengidolakan January Christy. January Christy merupakan penyanyi pop jazz Indonesia yang unik. Range vokalnya tidak lebar, namun suaranya yang berat memberikan kenyamanan dan...

Keep Reading