Sesaat Kau Hadir Versi 4 Musisi

“Sesaat Kau Hadir”, lagu yang melambungkan nama Utha Likumahuwa di tahun ’80-an diremix oleh tiga produser Tanah Air dan satu produser luar negeri untuk proyek ini. Mereka adalah Vantage (Prancis), CVX, Pablo Cikaso, dan Munir. Karya mereka hadir di dalam rilisan dalam EP digital yang diberi nama Utha Likumahuwa – Sesaat Kau Hadir Remixes. Seluruh hasil gubahan tersebut dirilis melalui Warner Music Indonesia (WMI), dan sekarang sudah dapat didengar di seluruh layanan musik dalam jaringan.

Sebelumnya, setiap remix dirilis secara berkala di setiap hari Jumat, pada bulan November 2020. “Sesaat Kau Hadir (Pablo Cikaso Remix)” dirilis 6 November lalu, sementara remix dari CVX diluncurkan seminggu setelahnya. Kemudian, tanggal 20 November lalu, Warner Music Indonesia merilis “Sesaat Kau Hadir (Munir Remix)”. Dan di tanggal 27 November kemarin EP Sesaat Kau Hadir Remixes resmi diluncurkan dalam bentuksatu paket, dengan menampilkan beberapa remix di atas, dan sebuah remix istimewa dari VANTAGE. Dalam proses produksi yang dilakukan selama Oktober 2020, setiap produser diberi kebebasan untuk membangun ulang “Sesaat Kau Hadir”. Vokal ikonik Utha Likumahuwa menjadi identitas pada tiap remix, sementara gaya masing-masing produser ditonjolkan lewat aransemen dan sound yang mereka tawarkan. Sehingga, setiap remix memiliki warnanya tersendiri tanpa meninggalkan signature sang legenda di dalam karyanya. Pihak keluarga almarhum Utha Likumahuwa menyambut baik inisiatif proyek yang digagas WMI ini. “Ini merupakan perubahan yang menyegarkan! Karyanya di-mix sempurna tanpa kehilangan sensasi vokal beliau. Kami bangga banget sama karya ini!,” tegas Abraham Likumahuwa, putra kandung sang legenda, Utha Likumahuwa.

Vantage, salah satu produser yang meremix “Sesaat Kau Hadir” adalah produser asal Prancis, berdomisili di Jepang, yang sebelumnya dikenal lewat hit “50//50”. Pertama kali merilis single tersebut di tahun 2015, Vantage kemudian merilis ulang “50//50” melalui Parlophone Records di bulan Agustus 2020 lalu. Di label tersebut, dia bernaung di label yang juga menaungi nama-nama seperti Blur, Pet Shop Boys, Gorillaz, Coldplay, sampai penampil kontemporer seperti Bebe Rexha, Elderbrook, dan Mac Miller. 

 

Single “50//50” yang dirilisnya mendapat total hampir 20 juta streams di Spotify saja. Lagu tersebut juga sempat viral di TikTok, dan mendapat banyak streams dan views dari benua Amerika dan Eropa. Dalam wawancaranya dengan Frekuensi Antara, Vantage mengisahkan soal temuannya dengan musik Indonesia lewat lagu Utha Likumahuwa ini. “Sebelumnya saya sama sekali enggak terekspos oleh musik Indonesia. Kayaknya pernah sekali mendengarkan lagu Indonesia, karena punya teman yang pernah belajar di Indonesia, dan bisa berbahasa Indonesia. Dia menunjukkan beberapa musik, tapi enggak ada yang cukup berkesan.”

Selain itu, gubahan ini tak cuma hadir dalam bentuk musik, tapi juga sepaket dengan bentuk visual yang memanjakan mata. Artwork dan 3D rendering digawangi oleh Okky Firmansyah. Video visualizer untuk remix ini diproduksi oleh seniman visual Henry “Batman” Foundation. Sementara animasi untuk video lirik dikerjakan oleh Alweenos. Seluruh visual saling berpadu, berbasis pada tema utama artwork yang dibuat oleh Okky Firmansyah. Okky Firmansyah, seniman 3D yang bertanggung jawab merender beberapa objek yang hadir di visualizer (juga mendesain sampul rilisan ini), mengakui kalau dia memang mengangkat estetika ala  80-an. “Proses kreatifnya; Mengombinasikan ciri khas gaya retro/vaporwave ala ’80-an dengan gaya surealis yang diolah melalui software grafik 3D,” jelas Okky. 

Dia menginterpretasi singkat dari lirik lagu ini dengan menggambarkan seorang insan yang mencoba memilih jalannya yang baru di ruang harapan. Henry Foundation adalah artis visual dan sutradara yang sebelumnya dikenal lewat video-video ‘edgy’ yang diproduksinya bersama The Jadugar. Karya Henry bersama The Jadugar adalah berbagai video klip untuk grup-grup independen seperti The Adams, The Brandals, Mocca.

Lagu “Sesaat Kau Hadir” diciptakan oleh Boedi Bachtiar dan Adi Murdianto. Untuk pertama kalinya, Vokal Utha Likumahuwa direkam untuk lagu ini dalam momen Festival Lagu Populer Indonesia 1987. Rekamannya terdokumentasi dalam kompilasi 12 Lagu Unggulan Festival Lagu Populer Indonesia 1987 (Bulletin, 1987). Di album tersebut, “Sesaat Kau Hadir” adalah hit pertama.

Lewat lagu ini, Utha Likumahuwa mendapat gelar Penampil Terbaik Kedua di ASEAN Pop Song Festival 1989, di Manila. Bisa dibilang, “Sesaat Kau Hadir” merupakan lagu yang membawa Utha Likumahuwa berdiri di singgasana pop Tanah Air pada tahun ’80-an. 

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Warner Music Indonesia

Tambah Line Up, Hammersonic Siap Hadirkan 53 Band Metal dan Rock Dunia!

Setelah mengalami beberapa kali penundaan, festival musik metal raksasa Hammersonic akhirnya dipastikan siap digelar pada awal tahun 2023. Sebelumnya salah satu headliner yakni Slipknot telah mengumumkan konfirmasi lewat unggahan twitter...

Keep Reading

Kolaborasi Selanjutnya Antara Yellow Claw dan Weird Genius

Duo Belanda Yellow Claw kembali berkolaborasi dengan Weird Genius mengusung lagu baru bertajuk ‘Lonely’ bersama finalis Indonesian Idol Novia Bachmid. Weird Genius dan Yellow Claw sebelumnya pernah berkolaborasi di lagu...

Keep Reading

Reruntuhan Akhir Dunia di Album Keempat Extreme Decay

Usai melepas beberapa materi pemanasan menuju album barunya, unit Grindcore kota Malang, Extreme Decay, akhirnya secara resmi melepas album keempatnya pada 29 April 2022 lalu yang diberi tajuk Downfall Of...

Keep Reading

KIAMAT Bagi Rekah di Album Perdananya

Sejak kemunculannya di medio 2015 lalu, unit skramz/blackgaze Rekah sudah mencuri perhatian dengan materi-materi musiknya. Tujuh tahun berlalu, bertepatan dengan Hari Buruh Internasional yang jatuh di awal Mei 2022 lalu,...

Keep Reading