Seri Podcast Eksklusif bersama Joy Division

Joy Division adalah band Rock asal Inggris yang terbentuk pada tahun 1976 di Salford, Manchester Raya. Awalnya band ini bernama Warsaw, dan beranggotakan Ian Curtis sebagai Vokalis, Bernard Sumner sebagai Kibordis dan Gitaris, Peter Hook sebagai Bassis, dan Stephen Morris sebagai Drummer. Tak hanya nama, artwork sampul album debut mereka yang bernama “Unknown Pleasure” pun masih menjadi sumber inspirasi dan sering digunakan di berbagai desain, baik itu poster ataupun pakaian. Lalu, apakah kita di sini semua tahu betul bagaimana perjalanan karier mereka?

Kisah Joy Division dan New Order akan dibeberkan secara gamblang dan tak seperti sebelumnya di dalam sebuah seri baru yang bernama Transmissions: The Definitive Story; seri podcast terbaru yang mengabadikan momen-momen terbaik, kronik epik grup-grup ini sejak masa debutnya hingga kini. akan dimulai pada tanggal 29 Oktober 2020 mendatang, delapan episode dari podcast Transmissions tersebut bakal menampilkan wawancara eksklusif dengan para anggota Joy Division/New Order; Bernard Sumner, Stephen Morris, Gillian Gilbert, dan Peter Hook, ditambah kontribusi dari banyak tamu ikonik, serta dinarasikan oleh Maxine Peake.

Seri perdana dari podcat tersebut akan menceritakan berbagai kisah dari jalan panjang yang telah dilalui oleh Joy Division hingga perilisan “Blue Monday” di tahun 1983. Tentu saja banyak yang setuju bila band asal Manchester ini telah menorehkan catatan penting nan monumental dalam sejarah musik, serta menjadi bagian integral dari budaya Inggris selama lebih dari 40 tahun terakhir. Tak hanya itu saja, mereka juga secara nyata menjadi referensi banyak musisi hebat yang masih ada hingga saat sekarang.

new order

Seri podcast ini juga akan menampilkan banyak bintang tamu, yang akan membagikan cerita-cerita personal mereka terhadap Joy Division/New Order, serta bagaimana grup-grup tersebut membentuk mereka. Nama-nama itu antara lain; Anna Calvi, Bobby Gillespie, Bono, Colin Greenwood, Damon Albarn, Hot Chip, Honey Dijon, Johnny Greenwood, Johnny Marr, Karen O, Krystal Klear, Liam Gallagher, Perry Farrell, Pet Shop Boys, Ben Kelly, Hewan Clarke, Lindsay Reade, Peter Saville, Shaun Ryder, Stereolab, Virgil Abloh, Veronica Vasicka, dan Thurston Moore. 

Sekilas mengenai seri Transmissions, Bernard Sumner berujar,“Tidak ada yang bakal menghentikan kami. Ya ‘kan? Kematian Ian [Curtis] tidak menyetop kami, meninggalnya Martin [Hannett, produser Joy Division] tidak menghentikan kami. Segala equipment kami hilang, tidak menghentikan kami. Tidak ada yang namanya ‘kembali’. Tidak ada yang namanya plan B.” 

Peter Hook menambahkan, “Berada di dalam sebuah band dengan identitas yang unik, bagi saya sangat beruntung. Apalagi kalau ada di kedua band yang seperti itu, rasanya seru!”

Transmissions diproduseri oleh Cup & Nuzzle,tim yang membuat podcast Robert Plant, Digging Deep, yang dirilis awal tahun ini. Transmissions: The Definitive Story akan hadir mulai tanggal 29 Oktober di berbagai layanan streaming. Lagu New Order terakhir, “Be a Rebel”, merupakan rilisan pertama dalam 5 tahun ke belakang, dirilis akhir bulan lalu. Mengandung pesan merayakan diri sendiri serta mengapresiasi apa yang kita punya—bahkan di masa sulit, “Be a Rebel” merupakan lagu dengan suasana uplifting dan dreamy, lewat gaya synth-pop khas New Order. Sudah dirilis secara digital. Format 12’’, CD, dan set digital dengan remix terbaru akan dirilis 13 November 2020.

New Order juga baru merilis koleksi terlengkap album 1983 mereka, Power, Corruption & Lies lewat label Warner Music. Box set ini dipaketkan bersama empat (4) buah piringan hitam format 12’’ dari 1983/1984 yang tidak dirilis pada versi original-nya; “Blue Monday”, “Confusion”, “Thieves Like Us”, dan “Murder”.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip Warner Music Indonesia

Bersama Ello dan Virzha, Dewa19 Rilis Ulang Materi Lama "Still I’m Sure We’ll Love Again"

Dewa19 melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka dalam format baru. Kali ini, mereka merilis “Still I’m Sure We’ll Love Again”, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal...

Keep Reading

Langkah Berikutnya dari Bilal Indrajaya

Usai melepas beberapa materi singel dan album mini Purnama (2019) solis dari Jakarta, Bilal Indrajaya, akhirnya melanjutkan perjalanannya dengan meluncurkan karya terbarunya bertajuk “Saujana” lewat label rekaman legendaris yang kini...

Keep Reading

Themilo Rangkum Perjalanannya di Nomor "Flow"

Dua dekade berlalu dan Themilo tetap berjalan dengan syahdu. Pada akhir Juli 2022, unit shoegaze dari Bandung yang berdiri sejak 1996 ini baru saja merilis single terbaru mereka berjudul “Flow”....

Keep Reading

Adaptasi Kehidupan Digital di Koleksi Terbaru Monstore

Jenama pakaian dan gaya hidup Monstore mengumumkan koleksi terbaru mereka dengan nama “New Fictional Temptation”. Koleksi ini diluncurkan sebagai rilisan ‘solo’; non-kolaborasi dari Monstore setelah berbulan-bulan lebih fokus bekerja sama...

Keep Reading