Semenjani dari Semenjana

Semenjana adalah grup folk akustik yang beranggotakan Didit (gitar/ vokal), Abe (gitar/ vokal), Ozie (vokal/ perkusi), dan Aditya (vokal/ bas). Tahun 2017, mereka merilis debut album Kalimatera. Karirnya berlanjut. Kali ini, mereka merilis sebuah mini album berjudul Semenjani tiga lagu yang menjadi representasi sisi manis para personil Semenjana.

Jika album Kalimatera banyak bercerita tentang Indonesia, maka Semenjani lebih bercerita tentang cinta yang tertuju pada sang pencipta, anak dan kekasih. Seperti di lagu Masih di Kelas Dua, misalnya. Tembang tersebut bercerita tentang kekhawatiran Didit, seorang ayah dengan dua anak.

“Gue tuh selalu pingin banget bikin lagu tentang jaman SMA. Lagu Anak Sekolah milik Chrisye adalah salah satu alasan gue ingin menulis lagu ini. Berhubung gue juga udah punya anak. Ya, gue bayangin aja rasa posesif gue sama anak gue. Dan bayangin kira-kira nasihat apa yang akan gue kasih ke dia nanti kalo udah SMA,” ungkap Didit menjelaskan.

Pada lagu Tersenyum mereka menggaet sound engineer Dimas Martokoesoemo selaku vokalis tamu. Ia juga merupakan penulis tembang tersebut sekaligus produser album Semenjani.

“Jadi gini, kami sesama anak studio udah biasalah pamer lagu masing-masing. Tapi nggak tau kenapa pas denger lagu Dimas yang ini, kami berempat suka dan merasa emosinya Semenjana banget. Sampai terpikir ingin melakukan sesuatu dengan lagu ini. Hingga akhirnya mendapat restu untuk merekam lagu ini dan masuk ke EP Semenjani dengan Dimas bernyanyi vokal utama,” kata Ozie.

Sementara itu tembang Semenjani adalah lagu yang pertama kali dirilis pada 22 Februari 2019. Semenjani awalnya adalah ejekan Didit setelah mengamati perubahan mood pada lagunya yang baru lahir. “Wah ini kok beda ya? Nggak kayal biasanya Semenjana. Ini Semenjani nih. Versi manisnya,” canda Abe.

Mini album Semenjani sudah bisa didengarkan secara luas di berbagai platform digital. Selamat mendengarkan. (*)

 

Teks: Rizki Firmansyah
Foto: Arsip Semenjana

Kolaborasi Semiotika Dan Iga Masardi

Menggunakan moniker Sagas Midair, Iga Massardi yang merupakan gitaris sekaligus vokalis grup Barasuara merilis single kolaborasi bersama Semiotika, unit Instrumental Rock dari Jambi. Diberi tajuk Iskaashi, rencananya single ini akan...

Keep Reading

Nyala Api Dari Angkatan Baru Hip-Hop Jakarta

Berawal dari hal yang tidak direncanakan, La Munai Records, label rekaman Jakarta, Pesona Experience dan Bureau Mantis kolektif dan manajemen musik dari kota yang sama akhirnya menemui kesepakatan untuk merilis...

Keep Reading

Plvmb Memulai Debut Dengan Blue

Bandung kembali memiliki kuintet indiepop yang terdiri dari Vina Anesti (Vokalis), Azka Aulia Rachman (Bass), Diaz Febryan (Drum), Salman Wahid Putra Kamaludin (Gitar), Irfan Zahid Abdussallam  (Gitar). Mereka tergabung ke...

Keep Reading

Superglad Yang Kembali Melangkah

Superglad adalah band yang namanya tidak perlu lagi dipertanyakan di kancah musik tanah air. Setelah diterpa berbagai permasalahan yang sempat terjadi di dalam tubuh mereka, band yang terbentuk sejak tahun...

Keep Reading