Semenjani dari Semenjana

Semenjana adalah grup folk akustik yang beranggotakan Didit (gitar/ vokal), Abe (gitar/ vokal), Ozie (vokal/ perkusi), dan Aditya (vokal/ bas). Tahun 2017, mereka merilis debut album Kalimatera. Karirnya berlanjut. Kali ini, mereka merilis sebuah mini album berjudul Semenjani tiga lagu yang menjadi representasi sisi manis para personil Semenjana.

Jika album Kalimatera banyak bercerita tentang Indonesia, maka Semenjani lebih bercerita tentang cinta yang tertuju pada sang pencipta, anak dan kekasih. Seperti di lagu Masih di Kelas Dua, misalnya. Tembang tersebut bercerita tentang kekhawatiran Didit, seorang ayah dengan dua anak.

“Gue tuh selalu pingin banget bikin lagu tentang jaman SMA. Lagu Anak Sekolah milik Chrisye adalah salah satu alasan gue ingin menulis lagu ini. Berhubung gue juga udah punya anak. Ya, gue bayangin aja rasa posesif gue sama anak gue. Dan bayangin kira-kira nasihat apa yang akan gue kasih ke dia nanti kalo udah SMA,” ungkap Didit menjelaskan.

Pada lagu Tersenyum mereka menggaet sound engineer Dimas Martokoesoemo selaku vokalis tamu. Ia juga merupakan penulis tembang tersebut sekaligus produser album Semenjani.

“Jadi gini, kami sesama anak studio udah biasalah pamer lagu masing-masing. Tapi nggak tau kenapa pas denger lagu Dimas yang ini, kami berempat suka dan merasa emosinya Semenjana banget. Sampai terpikir ingin melakukan sesuatu dengan lagu ini. Hingga akhirnya mendapat restu untuk merekam lagu ini dan masuk ke EP Semenjani dengan Dimas bernyanyi vokal utama,” kata Ozie.

Sementara itu tembang Semenjani adalah lagu yang pertama kali dirilis pada 22 Februari 2019. Semenjani awalnya adalah ejekan Didit setelah mengamati perubahan mood pada lagunya yang baru lahir. “Wah ini kok beda ya? Nggak kayal biasanya Semenjana. Ini Semenjani nih. Versi manisnya,” canda Abe.

Mini album Semenjani sudah bisa didengarkan secara luas di berbagai platform digital. Selamat mendengarkan. (*)

 

Teks: Rizki Firmansyah
Foto: Arsip Semenjana

The Box Perkenalkan Formasi Baru Lewat Live Session

Pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun ini telah membuat kita semua kembali dari awal. Menyusun ulang rencana dan mulai menata kembali langkah-langkah yang akan diambil. Kini industri sudah mulai...

Keep Reading

Sajian Ska Berbeda dari Slowright

Slowright, unit ska dari kota Malang baru-baru ini telah melepas album mini teranyarnya bertajuk Believe. Dirilis oleh label rekaman yang bermarkas di Yogyakarta, DoggyHouse Records, lewat rilisannya kali ini Slowright...

Keep Reading

Zizi yang Menyapa Kampung Halaman Lewat Hometown Tour

Setelah menyelenggarakan showcase perdananya yang bertajuk Unelevated Intimate showcase di Bandung pada akhir Februari lalu. Kini, Zizi kembali ke rumah tempat ia tumbuh dan menemukan passion terbesar dalam dirinya. Ia...

Keep Reading

Realita Kaum Pekerja di Nomor Kolaborasi Dzulfahmi dan Tuantigabelas

Dzulfahmi, MC dari kolektif Def Bloc dan Dreamfilled yang bermukim di Jakarta baru-baru ini (6/5) telah memperkenalkan karya terbarunya bertajuk “Rotasi”. Lewat rilisannya kali ini Dzulfahmi menggaet salah satu nama...

Keep Reading