Selingkar Hubungan dan Jerat Motown di Lagu Ketiga Morad

Selepas memperkenalkan diri lewat lagu tunggal “Blink of an Eye” (2019) dan “If Tomorrow I’m Losing You” (2020) -lagu yang juga masuk ke dalam album kompilasi Adiksi Adaptasi. Kini, melalui panji label rekaman Berita Angkasa, penyanyi cum penulis lagu asal Jakarta, Morad, telah merilis karya teranyarnya yang ketiga berjudul “How” pada Jumat (12/2) kemarin. Lewat lagu terbarunya ini, Morad membalut suaranya yang khas dengan musik seminal katalog motown yang sempat berjaya. Seketika “How” pun membius sedari lirik awal dirapalkan.

Melalui rilisan pers yang diterima, Morad menceritakan bahwa “How” berkisah tentang seseorang yang menjalani sebuah hubungan yang tidak sehat dan tidak bisa lepas darinya: “Ia tetap menjalaninya, meskipun sudah tahu dari awal kalau hubungan ini cuma akan menjadi masalah dan merugikan dirinya sendiri,” ungkap Morad. Lebih lanjut, musisi kelahiran 1995 ini membeberkan bahwa hubungan yang dimaksud dalam lagu “How” juga bisa diinterpretasikan lebih luas dari sekadar percintaan: “Tapi bisa juga hubungan kita dengan orang tua, saudara, teman, atau bahkan dengan barang,” lanjutnya.

Di wilayah proses, dalam penggarapan single ketiga miliknya ini, Morad dibantu oleh beberapa musisi dan sosok mumpuni seperti Nabil Favian pada bass, Otta Tarrega pada keyboard, Damez Nababan pada saksofon, Eggy Pratama pada trompet, Felix “Bulix” Tri Kurnia dan Rey Marshall pada gitar, serta Viki Vikranta dari Kelompok Penerbang Roket pada drum sekaligus menjadi produser serta mixing engineer. “How” juga melibatkan dua sosok yang tergabung di grup pop Hondo, Chevrina Anayang pada vokal latar dan Kamga sebagai pengarah vokal. Sedangkan untuk mastering lagu dipercayakan kepada Frank Arkwright di Abbey Road Studios, Inggris. Ia sebelumnya diketahui pernah bekerjasama dengan Oasis, Amy Winehouse, Blur, Arcade Fire, The Smiths, Coldplay, Mogwai, hingga Elton John.

“How” dirilis Morad bersama Berita Angkasa, label rekaman yang juga menaungi Kelompok Penerbang Roket, Jangar, dan Rafi Muhammad. Rencananya pada 2021 ini ia akan meluncurkan album penuh perdana miliknya bersama label rekaman tersebut.

Morad sendiri merupakan musisi yang lahir pada 1995 di Jakarta. Sehari-harinya ia bekerja di label rekaman Berita Angkasa. Ketika mengetahui potensi besar terpendam salah satu keluarganya tersebut, Berita Angkasa sepakat untuk menaungi Morad dan akan merilis album debutnya pada 2021. Morad telah merilis single “Blink of an Eye” (2019) secara mandiri dan “If Tomorrow I’m Losing You” (2020), lagu juga masuk ke dalam album kompilasi Adiksi Adaptasi milik Berita Angkasa. Dalam kompilasi tersebut, Morad mengisinya bersama taRRkam, Arya Novanda feat. Rizkia Larasati, Batavia Collective feat. Kamga, Ether, Sapphira Singgih, serta Rafi Muhammad.

Hal lain yang perlu diantisipasi, ditengah kesibukannya bekerja di Berita Angkasa, dikabarkan pula kini ia sedang berproses untuk menyelesaikan album perdananya yang juga diproduseri oleh penggebuk drum Kelompok Penerbang Roket, Viki Vikranta.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Berita Angkasa

Tentang Syukur dan Hidup yang Tak Tertebak di Lagu Terbaru Alahad

Beranjak menjadi solis, Alahad, moniker dari Billy Saleh yang sebelumnya dikenal sebagai gitaris dari band rock-alternative Polka Wars akhirnya kembali melanjutkan perjalanannya. Kali ini ia melepas sebuah nomor tunggal teranyar...

Keep Reading

Tambah Line Up, Hammersonic Siap Hadirkan 53 Band Metal dan Rock Dunia!

Setelah mengalami beberapa kali penundaan, festival musik metal raksasa Hammersonic akhirnya dipastikan siap digelar pada awal tahun 2023. Sebelumnya salah satu headliner yakni Slipknot telah mengumumkan konfirmasi lewat unggahan twitter...

Keep Reading

Kolaborasi Selanjutnya Antara Yellow Claw dan Weird Genius

Duo Belanda Yellow Claw kembali berkolaborasi dengan Weird Genius mengusung lagu baru bertajuk ‘Lonely’ bersama finalis Indonesian Idol Novia Bachmid. Weird Genius dan Yellow Claw sebelumnya pernah berkolaborasi di lagu...

Keep Reading

Reruntuhan Akhir Dunia di Album Keempat Extreme Decay

Usai melepas beberapa materi pemanasan menuju album barunya, unit Grindcore kota Malang, Extreme Decay, akhirnya secara resmi melepas album keempatnya pada 29 April 2022 lalu yang diberi tajuk Downfall Of...

Keep Reading