Selamat Ulang Tahun Shaggydog!

Shaggydog terbentuk pada 1 Juni 1997 di Sayidan, sebuah kampung yang terletak di pinggir sungai di tengah kota Jogjakarta. Band yang memiliki personel Heru, Richard, Raymond, Bandizt, Lilik dan Yoyo’ ini sepakat untuk menamai musik yang mereka mainkan sebagai “Doggy Stylee”, sebuah perpaduan antara ragam unsur musik seperti ska, reggae, jazz, swing dan rock. Sama seperti band lain, Shaggydog juga banyak dipengaruhi oleh band-band seperti Cherry Poppin Daddies, Hepcat, Bob Marley, dan Song Beach Dub Allstars.

Di tanggal 1 Juni kemarin, mereka tepat berumur 23 tahun. Menginjakkan kaki di umur ini memang selayaknya seorang remaja yang mulai beranjak dewasa. Di usia begini, bayang-bayang kenakalan jelas masih melekat, namun bukan berarti hal itu menjadi tidak baik. Justru hal tersebut bisa menjadi pembelajaran untuk hidup yang lebih baik. Pada umumnya perayaan umur ke 23 pasti identik dengan hingar bingar pesta bersama rekan sejawat, apalagi band ini sangat identik dengan irama yang cocok untuk berdansa bersama, pesta pora pastinya tak bisa terlewatkan begitu saja. Tapi, melihat kondisi yang terjadi sekarang, mau tidak mau harus memutar otak lebih kencang guna menghadirkan perayaan yang sesuai dengan keadaan. Atas dasar hal-hal tersebut, dibuatlah pesta perayaan berkonsep konser live secara online.

Ide dasar pementasan daring yang diberi judul 23LOAD Concert ini berasal dari angka ulang tahun 23 dan tema reload (memuat ulang). Bukan mainnya, konsep ini secara langsung seperti merespon keadaan yang terjadi akibat wabah yang ada dan tak kunjung usai. Akibat yang ada pun tak main-main, banyak energi yang terkuras, banyak lini industri yang harus memulai semua dari nol, dan kini sudah saatnya untuk bangkit serta memuat ulang energi untuk kembali bekerja menyambung hidup, tentunya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang berlaku di era new normal ini.

Bekerjasama dengan perusahaan di bidang Teknologi Informasi, Citraweb dan Citranet, serta didukung oleh iLine dan panggungdigital.id, uni Ska ini akan merealisasikan sebuah pergelaran konser daring secara live. Konser ini berusaha mengemas sebuah pementasan musik intim nan hangat dimana penonton disuguhkan tayangan layaknya berada di dalam satu ruangan bersama player, berdesakan secara virtual dengan gig goers lainnya seperti sebuah gig normal. 

Selain pertunjukan musik, juga turut hadir sebuah ruang interaksi online untuk saling bercengkerama diantara penonton dengan para personil disaat pergantian sesi tontonan. Di babak lain ada talk show bersama beberapa individu yang sempat berkelindan dengan kegiatan Shaggydog selama 23 tahun ke belakang mulai dari mantan manajer sampai ke musisi yang pernah bekerjasama. 

Shaggydog akan membawakan total 12 lagu untuk keseluruhan tayangan berdurasi sekitar dua jam ini. Juga akan ada selingan pemutaran dokumentasi video konser era awal Shaggydog. Sebelumnya Shaggydog sudah memulai program Doggies Memories dimana video acara lawas mereka yang direkam menggunakan kaset Mini DV dan Hi8 dikonversi ke digital kemudian diupload di kanal YouTube TheDoggyTV.

Shaggydog 23LOAD Concert ini ditawarkan dalam beberapa jenis tiket, antara lain:

  • Early Bird: Rp. 23.000 (Silver)
  • Silver: Rp. 40.000 
  • Gold: Rp. 200.000 (tiket + t-shirt 23 tahun Shaggydog + CD Shaggydog)
  • Diamond: Rp. 500.000 (maskot Shaggydog + tiket + t-shirt 23 tahun Shaggydog + CD Shaggydog). Paket Diamond terbatas untuk 10 tiket saja.

Calon penonton bisa membeli tiket sesuai pilihannya melalui www.doggyhouserecords.com mulai 17 Juni 2020 pukul 23.00 WIB (Early Bird) dan normal price mulai 21 Juni 2020. Konser daring ini akan diselenggarakan secara live tanggal 27 Juni 2020 mulai jam 20.00 WIB.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Shaggydog

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading