Sekelumit Kisah November di EP Debut Fuzzya

Berselang enam bulan pasca perilisan single perdana “Bergumam”, di penghujung tahun ini Fuzzya kembali dengan debut mini album bertajuk November.

Menurut Fuzzya pemilihan nama November sebagai judul album sendiri bisa dikatakan sebagai sebuah kebetulan. Hal tersebut didasarkan pada beberapa faktor seperti dua personil yang (ternyata) lahir di bulan November, lalu terdapat satu lagu berjudul “November Skies” yang tercipta di satu tahun kebelakang proses kreatif, dan terakhir empat materi lagu yang sudah terkumpul di bulan September 2021 sehingga memungkinkan untuk rilis di bulan November. Atas landasan tersebut disepakati judul November sebagai kata yang cocok untuk merepresentasikan album mininya ini.

Setidaknya Fuzzya menawarkan 4 lagu dalam album mini November, diantaranya; “Distance”, “November Skies”, “On The Way”, dan “Bergumam”. Keempat lagu tersebut sedikit banyak bercerita tentang hal-hal yang dekat dengan kehidupan sehari-hari para personil seperti long-distance relationship, keresahan tentang pendewasaan, kekecewaan, acceptance, dan lain sebagainya. Pada EP ini Fuzzya mencoba memasukkan unsur synthesizer yang cukup lekat dengan term power-pop.

“EP ini dimaksudkan sebagai cetak biru karya Fuzzya kedepan, sehingga pemakaian synthesizer dipilih sebagai salah satu opsi untuk memperkuat sisi power-pop pada musik Fuzzya saat ini dan kedepannya” ucap Erwan sang vokalis.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh FUZZYA (@fuzzya_)

Dari sisi produksi, untuk sesi rekaman gitar, bass dan vokal dilakukan di Studio Musik Starlight Jakarta Timur dibantu oleh Pandu Fuzztoni dan Jati Seno. Untuk sesi rekaman drum dikerjakan di Mamokiak Studio Jakarta Selatan. Additional vocal pada lagu “Distance” diisi oleh Megansagita. Terakhir untuk proses mixing-mastering dikerjakan oleh pentolan Morfem, Pandu Fuzztoni, di studionya sendiri Fuzztoni Studio.

Sedangkan untuk pengerjaan desain sampul November merupakan karya fotografi dari Dwi Erwan dan proses editing oleh M. Rizky Fadlly. Pemilihan objek kue ulang tahun merupakan penggambaran sebuah harapan bahwa dari debut EP ini Fuzzya akan semakin menemukan kedewasaan dalam proses kreatifnya. EP “November” sudah resmi dilepas secara digital pada tanggal 26 November 2021 lalu. Selamat mendengarkan.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Fuzzya

Rayakan Dua Rilisan Baru, Extreme Decay Siapkan Pertunjukan Spesial

Sebagai pesta perayaan atas dua rilisan anyar mereka. Sekaligus mengajak Dazzle, TamaT, dan To Die untuk ikut menggerinda di kota Malang. Extreme Decay bersama Gembira Lokaria mempersembahkan konser showcase spesial...

Keep Reading

Disaster Records Rilis Album Debut Perunggu dalam Format CD

Pandemi yang sudah berlangsung selama lebih dari dua tahun ini memang membuat segala recana menjadi sulit terwujud. Namun bukan berarti berbagai kendala yang ada menyurutkan semangat para musisi untuk terus...

Keep Reading

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading