Sekarang Kalian Bisa Galang Dana di Spotify!

Bila pada bulan lalu Spotify merilis sebuah program Spotify COVID-19 Music Relief yang memiliki berbagai macam fitur dan nantinya akan digunakan untuk membantu berbagai komunitas kreatif yang sangat terdampak oleh keadaan sekarang. Kini, mereka baru saja menghadirkan salah satu fitur yang diberi nama Artist Fundraising Pick. Sebuah kemudahan yang memungkinkan para seniman untuk menggalang dana bagi diri mereka sendiri maupun untuk orang dibalik karya yang mereka hadirkan. Saat diluncurkan, Spotify berjalan dengan beberapa mitra penggalangan dana untuk mempermudah proses donasi, termasuk di situ adalah Cash App, GoFundMe, dan PayPal.me.

Di masa ketika para seniman harus terus bergulat dengan situasi akibat industri konser yang benar-benar tidak bisa berjalan di masa sekarang, pendanaan langsung dari penggemar bisa membuat sesuatu perbedaan besar bagi berjalannya kehidupan berkarya mereka. Dengan streaming musik, yang mana ini adalah sesuatu yang sangat penting bagi musisi di masa-masa sekarang, fitur baru yang unik ini dihadirkan sebagai upaya agar para musisi bisa terus melanjutkan kehidupan berkaryanya.

Untuk menggunakan fitur penggalangan dana ini, seniman – atau pengguna admin Spotify untuk Artis – tinggal menuju ke akun Artis mereka, lalu klik pilihan mulai di gambar bagian atas untuk menghadirkan menu pilihan penggalangan dana. Proses ini hampir sama persis saat memilih lagu mana saja yang ingin ditampilkan di profil. Lalu, fitur ini juga digunakan untuk para seniman agar dapat berdonasi di badan amal atau pun untuk para pekerja yang tidak dapat bekerja dikarenakan banyak ditundanya jadwal tur dan konser musik.

Saat diluncurkan, beberapa artis sudah memiliki fitur ini dan langsung bergerak untuk menggalang dana. Mereka antara lain; Tyrese Pope dan Boy Scouts yang sedang menggalang dana melalui Cash App, Marshmello yang menggalang dana untuk MusiCares, dan juga Benjamin Ingrosso yang menggalang dana untuk Musikerförbundet.

Spotify mengatakan pihaknya segera bergerak untuk meluncurkan fitur ini karena mereka percaya bahwa hal ini adalah sesuatu yang sangat bisa dilakukan untuk membantu para seniman mengumpulkan dana dari jaringan penggemar di seluruh dunia. Namun, mereka juga tidak mengelak bila fitur ini masih banyak kekurangannya. Sebab kenapa, ini adalah kali pertama Spotify meluncurkan fitur tersebut. Seiring waktu, fitur ini kemungkinan akan berevolusi dan diperbarui berdasarkan masukan dari para seniman.

“Ini adalah waktu yang sangat sulit bagi banyak pengguna Spotify yang ada di seluruh dunia, dan ada banyak alasan yang layak untuk mendukung mereka saat ini. Dengan fitur ini, kami hanya berharap kepada orang-orang yang memiliki rasa cinta untuk mendukung para artis di saat seperti ini, dan juga hal ini untuk menciptakan peluang lain bagi mitra kami, sehingga mereka bisa terus menemukan dukungan finansial yang mereka butuhkan agar bisa terus bekerja untuk musik dan mengangkat industri ini.” Terang pihak Spotify.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Spotify.com

Betapa Indahnya Bayangan Masa Kecil di Lagu Terbaru re:NAN

Ketika masih kecil, selalu menyenangkan membayangkan kehidupan orang-orang dewasa, di mana menjadi dewasa artinya sudah bebas menentukan pilihan hidup, mendapatkan uang secara mandiri, bebas berkegiatan bersama teman, dan lain sebagainya....

Keep Reading

Unbox Industries Rilis Figur Horor Karya Klasik Junji Ito

Berbicara tentang manga bergenre horor seketika ingatan kita akan dibawa kepada salah satu nama mangaka terkenal asal Jepang, siapa lagi kalau bukan Junji Ito. Lewat karya-karyanya seakan-akan kita dibawa ke...

Keep Reading

Kepedulian Dere Kepada Bumi Lewat Nomor "Rumah"

Cara menunjukkan kepedulian akan bumi sebenarnya dapat kita tunjukkan melalui platform apapun yang ada. Salah satunya adalah melalui musik. Itulah yang sedang berusaha ditunjukkan oleh musisi asal Indonesia, Dere. Lewat...

Keep Reading

Bizarre yang Mengawali Tahun dengan "Promo 2022"

Sebagai permulaan untuk langkah besar, di awal 2022 ini unit hardcore asal kota Malang yang dihuni oleh Jaka Permadi (vokal), Wildan Salis (gitar), Yossy Andreas (bass), dan Galih Arlanosa (drum)...

Keep Reading